14 Januari 2014

Asal Jepret

#Semua Umur

Berawal dari keinginan agar teman-teman di kantor punya kegiatan pelepas penat, aku ajak mereka menyalurkan hobi narsisnya ke arah yang lebih bermanfaat.

Gayung bersambut...
Satu persatu teman mulai keranjingan kamera. Yang semula merasa cukup pake hape, mereka beli kamera saku bahkan semi pro. Dalam waktu relatif singkat, sudah ada satu kamera DSLR APS-C dan 4 buah kamera prosumer.

Sudah jadi provokator, aku harus mikirin tindak lanjutnya biar dana yang mereka keluarkan untuk beli kamera tidak mubazir. Soal ini pernah aku ceritakan di jurnal Belajar Motret, Belajar Photoshop dan Dibawa Pulang.

Mereka sudah bikin galeri foto di blog pake domain berbayar pula. Namun kayaknya kurang efektif untuk saling hujat hasil karya masing-masing. Entah karena platformnya atau mereka memang belum familiar dengan blog.

Aku pun kepikiran memanfaatkan pesbuk
Makanya tadi pagi aku bikin grup disana dengan tajuk Asal Jepret. Kuharap dengan itu mereka jadi aktif saling memberi masukan agar jepretan teman bisa makin bagus di kemudian hari.

Tidak ada guru ataupun murid
Semua dalam satu level, sama-sama belajar motret asal-asalan...

Eh...
Siapa sangka malah teman-teman blogger yang pada nyamber duluan. Sampai jurnal ini ditulis membernya sudah sekitar 50 orang. Satu dua orang sudah mulai aplut foto dan saling memberikan pendapat pribadi atas foto terpasang.

Ya sudahlah...
Untuk sesuatu yang baik kenapa tidak. Makin rame kayaknya makin bagus. Semakin banyak yang kasih masukan, kuharap bisa mempercepat proses belajar teman teman.

Tapi karena grup Asal Jepret ini untuk level newbie, pembelajarannya aku arahkan ke sisi cari momen, sudut dan komposisi dengan prioritas gambar bisa bercerita. Pembahasan tentang aperture, ISO dan sejenisnya aku minimalkan mengingat banyak yang masih pake kamera saku dan kamera hape.

Kalo ada yang berkenan belajar bareng, silakan gabung aja di Asal Jepret

Namun perlu diingat
Grup itu dibuat untuk belajar bersama, bukan sekedar cari member sebanyak-banyaknya. Jadi yang merasa tak minat belajar atau hanya pengen ngejunk, sebaiknya jangan ke sana deh....

Semoga bermanfaat...



115 comments:

  1. semoga dari asal jepret bisa jadi jepret beneran dan bisa menjadi lahan untuk nambah uang saku :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet amat mas hari.. :)

      Hapus
    2. alhamdulillah..kebetulan saja bu Ay :-)

      Hapus
    3. Wah telat lagi PERTAMAX
      Oh waaaaaaaaaa tumben Mas Rawins nda pasang Gambar CEWEK cantik, seksi , bohay hari ini. Sudah Insap taa. Ah jangan gitu ah. Mengecewakan fans donk AYoo Lanjutkan

      Hapus
    4. pak asep tumben jadi pahlawan kesiangan, heheh...

      Hapus
    5. Kang Asep telat bangun, komen nya jam 08.39 tuuuuhhh hehehehe....

      Hapus
    6. Iya noh eh nih TELAT. Wah kalau pertamax di sini ntar saya mau makan makan ah

      Hapus
    7. eh iya.. kok tumben fotonya cowok, siluet lagi.......

      Hapus
    8. Iya biasanya kan edisi Jumat khusus edisi Cewek Cantik, Bohay dan Seksi di blognya mas Rawins. Hmmmmmmm Sudah bosan sama cewek kayaknya mas Rawins hihihi

      Hapus
    9. edisi bohay nya ditutup sementara
      *repot belum bisa cuti nih :D

      Hapus
  2. Bukan jenis kameranya ya Kang, tapi asal jepretannya ya ? Daftar......

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak. kalo mentingin kamera, udah banyak grup kaya gitu...

      Hapus
    2. aku ya melu. njepret pakai karet kolor boleh to?

      Hapus
    3. jebul gak olih pake kolor, ya? ya wis lah, tetep melu.

      Hapus
    4. takut kolornya pedot tar berabe, pak dhe...

      Hapus
  3. ngga ikut kesituh....ngga koplak...bakal gampang didatengin penyakit...
    ikut kesituh gimana giituuh...ikut azh ah...sbrodo ah...penting mah tambah ngetop lah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo si mamang ga ikut, tar kita laporin pak asep saja biar dipelorotin kolornya...

      Hapus
    2. di pelotorin kolor'nya terus dimasukin ubi cilembu ke dalam kolor trus di jepret..

      Hapus
    3. tar jadi ubi ngepet dong...?
      si mamang mutung ya disemprot si bebek, heheh

      Hapus
  4. sip Om, saya sudah bergabung di beberapa group dan forum tentang foto grafi, karena pingin belajar cara motret yang bagus. foto yang bagus bukan dari kamera yang mahal, tapi dari hasil jepretan. *kata orang sebelah..hehehe

    pasukan panci punya tempat untuk belaja motret, keren....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Rawins spesialisasi Motret apa ya
      Anak Magang? Espegeh? atau Pramugari?

      Hapus
    2. om ks spesial pantai, pak asep spesial komsumsi, aku motret abegeh sajah...

      Hapus
    3. yang cantik2 mah kasi deh ke Bang Rawins, di jual deh tuh heheheh :p

      Hapus
  5. Mantap virusnya ampuh ... Saya ijin gabung di sono ya Mas.
    Makasih banyak :)

    BalasHapus
  6. Awalnya group tersebut buat temen doank ya mas, tapi akhirnya yang pada nyambar temen-temen Blogger.. hahahahahaha
    Salam sukses selalu mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah yang sering terjadi
      kenyataan tak sesuai harapan heheh...

      Hapus
  7. Jadi penasaran nih, sayang belum punya kamera huuuuuuu

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Pesbuk saya rusak. Mau dibetulin di bengkel

      Hapus
    2. Ukurannya nda da yg pas...! Kekecilan semuah!

      Jgn d betulin ke bengkel atuh pa asep... ke ****** ajah...

      Hapus
    3. apa tuh ******** jangan jangan itu

      Hapus
    4. gampang cukup ganti oli rutin ajah...

      Hapus
    5. jadi penasaran ama yg ******** itu...

      Hapus
    6. Wkwkwk... yg pas dong jumlah ****** nya.....

      Itu tuh....

      Hapus
  9. Balasan
    1. Saya mau NgeJunk nanti. Nda boleh kah?
      ah masa sih

      Hapus
    2. adminnya cewek lemah lembut tapi sadis
      rhehehe...

      Hapus
    3. aku mau ikutan daftar, tapi di fb aku tidak pakai nama wisata murah ndak di tolak kan,,hehe soale namaku beda je nak neng fb,, pokoke aku iki wong paling kondang kaloka (ra gembiro loka lho) neng kaloka, hahahaha

      Hapus
    4. lha njih asmanipun pak wi niku sinten, hehehe
      adminnya cakep abis, galak suka jitak

      Hapus
    5. namanya pak wimu om...
      *wisata murah.. :D

      Hapus
  10. nunggu waktu aja, siapa tahu hari esok jepretannya bisa lebih bagus heheh

    BalasHapus
  11. nanti deh kita buka fesbuk, lama gak buka fesbuk soalnya...debunya dah sekilo kali tuuh...
    betewe, cewek boleh gabung gak sih?
    kali aja nih grup anti cewek :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah BLOG ini FANS berat gambar Cewek Canti, Seksi dan Bohay
      Boleh konfirmasi ke mas Rawins Mumet ini. Benar tidak
      Tinggal nunggu klarifikasi mas Rawins
      JUJUR KACANG IJO atau tidak

      Hapus
    2. jangan dengerin pak asep, mbak..
      itu hoax berjamaah :D

      Hapus
  12. ide sangat menarik mas. karena komunitas online itu ternyata hasil outputnya melebihi dari yang kuliah berbayar. cuma bedanya tanpa sertifikat wae..

    sebenarnya menurut aku lebih baik di blog mas, karena domuntasinya gampang di akses,dan infone penuh.. nak di fb kuwi aku dewe kadang mumet golek arsip, tur britane ndak bisa full

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak di blog wae pak, fb di kantor diblokir pak
      hahahaa ora modal..

      Hapus
    2. maunya sih gitu kalo menimbang sisi kualitas
      sayangnya kurang efektif mengingat kondisi teman teman saat ini. aku bikin forum aja sepinya minta ampun. kelebihan pesbuk itu lebih interaktif. makanya bikin di pesbuk dulu aja lah. tar kalo udah pada fanatik gampang diboyong.

      Hapus
  13. sipp deh nanti aku mampir ke groupnya

    BalasHapus
  14. Waaaah.. pengen ikutan tapi gak bisa buka fesbuk di kantor. Coba dari hape dulu Kang.. Keren ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh ya dari rumah, om.. :D

      Hapus
    2. dari rumah ga sempet Kang. Ngurusin anak. hehehe

      Hapus
    3. podo
      aku kalo cuti juga jarang sempat onlen
      anak anak anteng, ibue recok...

      Hapus
  15. Kang, nanti saya mau gabung. Krn punya blog hsus foto2. Saya masih pke kamera sakuuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai aja. yang pake hape juga banyak disana
      orang ini dibuat untuk jepreter nubi kok

      Hapus
  16. ya ampyun kalo aku aplot poto makanan bisa2 disambit pasukan dkk ga yah, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa
      biar ada pembeda dengan jepretan yang lain

      Hapus
    2. oo gt? hihi sy mah sok teu pedean tapi mas...

      Hapus
  17. saya mau nitip dagangan deh pak disana

    hahahaa..

    BalasHapus
  18. halah oom, aku kesasar njepret orang lain. kasih linknya dong. aku kesasar terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah ketemu. gara-2koneksinya sentlap sentlup, nyasar terus.

      Hapus
    2. lha itu di bawah emang bukan link..?
      hehehe

      Hapus
  19. aku mau join yah mas.. soalnya aku suka belajar nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan kalo si om ikut
      biar bisa jadi sesepuh disana...

      Hapus
  20. Aku juga mau join ah, boleh tak ???? pingin banget bisa belajar moto biar jepretan ku ngak asal2an lagi :-)

    BalasHapus
  21. cantik2 mah kasi deh ke Bang Rawins, di jual deh tuh heheheh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu komengnya ...

      Perasaan uda prnah baca... kok ada lg komeng ginian...

      De javu....

      Hapus
    2. hahaha gausah dipikirin, bu

      Hapus
  22. lebih banyak menjepret cewek ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali. Spesialisasi Mas Rawins JEpret Espegeh, dan Pramugari

      Hapus
    2. mau jepret pak asep
      tapi pake ketapel ya..?

      Hapus
  23. ikut belajar juga,,,,
    saat ni masih blm bisa optimasi onlen

    BalasHapus
  24. saya termasuk yang kesamber duluan mas, dan asik lho gabung disana, adminnya perhatian banget, segala foto yang diupload di komentari habis (positif lho ya) di betulkan di kasih saran. jadi yang pengen belajar seperti saya, bisa tau kekurangannya apa dan punya gambaran untuk hunting foto berikutnya.
    untuk sesepuh juga oke banget bagi ilmunya.
    pokoke tidak rugilah.

    BalasHapus
  25. Tenang... aku gak berani ikut gabung kok... karena emang belum hobi jeprat jepret hehehe

    BalasHapus
  26. saya mau jepret apa ya binggung, nanti kalau udah ada jepretan tak upload juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting bukan jepretannya, om
      tapi berbaginya

      Hapus
  27. Udah gabung, di masukin Pak Ies :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya sudah liat liat gallery foto nya di FB
      Bagus bagus fotonya e

      Hapus
    2. jepreter garut emang keren. ga kalah sama jepreter ponti...

      Hapus
    3. Parongpong Mas, jauh ke Garut .. hehehe

      Foto2 saya juga asal jepret kok, ilmunya cuma pakai perasaan aja :D

      Hapus
    4. nah kan justru perasaan itu yang penting
      teknis sih nomer sekian

      Hapus
  28. Asal jepret.. dari namanya kelihatannya aku cocok banget gabung nih.. pasalnya cuma bisa njepret pake tombol Auto saja he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kan keren udah pake kamera besar. teman teman masih pake hape, bu...

      Hapus
  29. asik banget ya mas asal jepret sana sini trus di edit dengan photoshop,, hehhee..kalau jepret orang lagi mandi boleh gak ya.. xixixix.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sampe ke editing, om
      masih tahap belajar jepretnya dulu

      Hapus
  30. belajar terus pasti hasilnya akan maksimal

    BalasHapus
  31. wah asal jepret aja hasil nya bagus, apalagi kalau jepret nya bener-bener fokus hmmm :)
    luar biasa mas :)

    BalasHapus
  32. cocok neh buat pamerin asal jepretku, :) #sambil belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan pamer foto sebenarnya, om
      tapi berbagi pengalaman moto

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena