28 Juni 2013

Fotografer ABG Labil

#Bimbingan Orang Tua

Gara-gara di jurnal Kamera Semi Pro Murah kemarin aku nulis selalu pake mode auto, ada temen yang komen melalui japri, "kaya ababil lu..."

Aku tanya maksudnya, temen nerangin kalo anak-anak abg sering nenteng kamera DSLR kemana-mana tapi motretnya kaya aku pake auto mulu. Intinya punya kamera keren hanya untuk gaya-gayaan doang. Duit masih minta ortu sudah maksa beli kamera mahal.

Ga pake lama aku bego-begoin tuh temen...
Sudah dibilang Fuji Finepix S2980 itu bukan DSLR tapi jenis Prosumer alias hasil kawin campur antara DSLR dengan kamera saku. Dan itu pun tipe termurah. Kalo yang lain harganya sampai 4 jutaan, yang ini 1,5 juta kurang dikit. Plus aku ga beli alias inventaris kantor. Ga percaya ini murah, silakan cek melalui link di atas.

Soal abg labil apa peduliku..?
Toh duit-duit mereka. Kalo pun masih minta, pastilah ortunya termasuk golongan juragan menengah ke atas. Golongan penerima bantuan langsung tunai, masa sih anaknya tega minta..?

Masih lebih bagus mereka minta kamera yang sedikit banyak bisa dipakai latihan fotografi. Daripada minta play station yang cuma bisa dipake mainan doang. Atau blekberi biar status dan komennya di pesbuk muncul logo yang katanya keren.




Mempermasalahkan motret pake mode auto, itu perlu dipertanyakan integritas penanyanya. Emangnya pabrik kasih fasilitas auto itu untuk pajangan doang..? 
Pastinya buat dipake dong..? 

Namanya juga pemula...
Dimana penguasaan segitiga fotografi belum dikuasai, pake auto adalah modus paling aman. Apalagi untuk mencuri momen yang kesempatannya teramat singkat. Nunggu nyeting shutter speed, aperture dan ISO yang tepat cuma bikin kita kehilangan momen keren.




Kemana-mana nenteng kamera
Si Ncit ngeberantakin kancut saja difoto
Emang masalah..? 

Orang niatnya juga untuk ilustrasi jurnal di blog yang isinya memang cerita keseharian. Banyak ide menarik yang muncul spontan saat aku lihat-lihat foto itu. Ini bagus buat temen-temen yang merasa sering kehabisan ide buat nulis. Lagian ilustrasi pake foto sendiri itu lebih afdol daripada nyomotin di google
Original, coy...




Pamer..?
Itu sih sudah sifat manusia yang tak mungkin bisa hilang. Namun pamer foto sepertinya lebih bermanfaat ketimbang pamer kendaraan mahal misalnya. Apalagi kalo pamernya dengan cara kebut-kebutan. Eh, tapi error juga ding kalo pamer foto bidadari boker di kali...

Kira-kira begitu pembelaanku kemarin
Pokoknya egepe dah...


Intinya
Terserah orang mau bilang apa. Yang jelas aku tidak merasa risih pegang-pegang kamera di banyak kesempatan. Daripada pegang-pegang istri orang..? 
Kalo cuma disambit panci sih masih untung, lu...






64 comments:

  1. Rugi gak pakai mode auto. Nanti proceesor sedikit bersantai ria. hehe

    Tapi yang penting adalah isi yang ingin disampaikan melalui foto tadi. Itu yang paling puncak dalam fotograpi. Masalah teknik bukanlah soal.

    Kalo saya ada blog, males pakai foto original mas rawin. Males edit lagi sih. Jadi pakai ilustrasi gambar yg comot sekarepmu dewe di mbah google. Kalau punya waktu seharian baru saya pakai foto original. Tapi blogku terbengkalai malah. Sibuk. Tapi sempat kok ke wc. xixi

    cepat capekan. jarang gerak ma olah raga kali'. hayah jadi curhat. btw saya sangat menikmati foto2 mas rawin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buataku sih kira-kira begitu
      teknik itu kan cuma cara mencapai tujuan. asalkan nyampe dengan selamat, apapun tekniknya sepertinya halalan toyibah. apalagi di jaman kamera digital seperti sekarang. jeprat jepret ngasal ga jadi masalah. kalo jaman kamera seluloid mungkin kudu mikir panjang kalo ga belajar teknik fotografi yang baik dan benar..
      *ngeles.com

      Hapus
    2. kok kayak tau komplek perumahane ya...

      Hapus
    3. perumahan yang mana, om..?

      Hapus
  2. di android aku motret pae auto gambar suka blur kalau object gerak

    BalasHapus
    Balasan
    1. membandingkan beberapa hape yang pernah aku pake motret, yang kameranya paling asik tuh soner k750...

      Hapus
    2. jadi cerita ini cerita soal smaput dibilang ababil ya......dibilang gitu doang...keselnya panjang...hehehehe

      #saya cs temennya

      Hapus
    3. berarti yang kudu digetok itu mang lembu ya..?

      Hapus
  3. aku juga klo motret pke auto terus, brarti aku ababil juga donk om. hiks

    BalasHapus
  4. nenteng rantang aja buat bekal...hehee
    yg penting narsis...

    BalasHapus
  5. He em..untuk moment yg harus segera diabadikan, auto adalah pilihannya. Semacam candid gitu kan masa harus diulang, emang harus nyemplung dua kali sambil nunggu kamera diseting..?

    Egepelah aku juga, foto buat dinikmati sendiri, kecuali kalo mo ikutan lomba ya silahkan kalo mo ribet dikit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini aku asik asik aja pake auto. salah satu kelemahan kamera otomatis tuh fasilitas autofokus. suka repot kalo niatnya ambil detil bekgron malah fokus di forgron atau sebaliknya...

      Hapus
  6. halah ngono kok yo diladeni pak pak..

    BalasHapus
  7. halah ... gak tau kamera aku .. orang ndesa sih aku ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending cuma orang desa
      timbang aku orang hutan...

      Hapus
    2. masih mending mas orang hutan
      dari pada orang -orangan (sawah)..hehe

      Hapus
  8. aku juga seringnya pake auto, karena emang ngga bisa ngatur setingan yg lain, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pas motret obyek diamdan waktunya senggang, kadang iseng nyobain seting manual. dan hasilnya bubar pasar hahaha..

      Hapus
  9. duh...saya yang paling gaptek...punya kamera tinggal pakai doang, nggak ngerti settingan dan memang nggak pernah ngotak atik, pokoke tinggal jepret wae...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebiasaan main jepret pake karet mesti..?
      haha

      Hapus
  10. wkwkwk eike suka gaya Loh..
    mendingan pegang2 kamera di tempat umum dari pada pegang2 bini orang lain :p
    Dan lebih suka Pamer Poto ..:D
    #Ku tunggu pamer2 potonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh tapi mendingan pegang istri orang dripada suami orang :D

      Hapus
  11. keren mas...kemana2 bawa kamera, sapa tau ada moment penting dan bisa dialbumkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam situasi tertentu lah tidak setiap waktu
      tar ke wc bawa kamera bisa gawat dong...

      Hapus
  12. setuju pak.. peduli apa mereka ?? itukan kita yang punya,, kita juga yang menggunakan,, kalo itu kameranya dia sii jadi masalah juga bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapalah...
      budaya jadi komentator kan masih melekat erat dengan sebagian teman kita...

      Hapus
  13. Sekarang hampir dimana-mana orang pergi bawa kamera. Minimal di HP nya sudah ada kamera. Makanya kalau mau makan biasanya orang phot dulu sambil narsis baru bac doa. Mungkin sebagian lupa dengan doa ucap syukurnya sebelum makan, karena sudah keasyikan dengan kameranya.

    Ngomong-ngomong photo bidadarinya mana Kang ? Ups.... !

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah jamannya kok, pak
      kalo ga ikutan tar malah dianggap aneh...

      beneran pengen foto bidadari lagi ngebom..?

      Hapus
  14. Saya rasa hasil jepretannya sudah luar biasa Mas terang dan nyata :)

    BalasHapus
  15. egepe lah ya mas ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emberr,om...
      sengaja ditulis buat rame rame saja...

      Hapus
  16. eheh ga ngerti ah sama yang begituan, auto, n istilah2 yg lain...n untung jg kamera ku kamera hp jadul, jadi g usah pusing...yang penting kalo buat ilustrasi di blog tu hasil jepretan sendiri, seperti kata mas rawins di atas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga mantap, mang
      gaenak rasanya kalo pake poto orang lain
      apalagi trus dikasih label pake watermark kaya punya sendiri
      hehe

      Hapus
  17. Hahaha
    Jangan sampe pegang istri orang mas..
    foto yang menarik buat saya foto yang terakhir.
    mengingatkan saya pada bapak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooo bapaknya mirip sama mbahnya si ncip tho..?

      Hapus
  18. wah aku ndak ngerti soal otak atik kamera, masih awamm

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ga ngerti makane modal auto mulu...

      Hapus
  19. gak papalah yang penting keren, saya juga pengen nenteng kamera :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal lebih asik nenteng dompet penuh duit...

      Hapus
  20. naah.. untung ada link nya.. bisa ingak inguk cari yg lumayan murah buat ganti yg lagi sakit kemarin.. hehe.. trims ya..

    BalasHapus
  21. Pake Samsung Galaxy Series cukup bagus kok hasilnya, aku pernah pake Galaxy Mini Tab lokasi Bawah Jembatan Ampera, Waktu Magrib (nggak ada blitznya) kalo pake Ace II cukup bagus untuk gambar bergerak bisa mas buka di FB saya klik ae

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayang galaxy harganya lumayan
      soalnya masih pake prinsip kalo bisa gratis untuk apa bayar
      hehe

      Hapus
  22. pegang-pegang kamera sendiri gak dilarang kok mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamera tetangga juga boleh kok
      asal jangan dibawa pulang :D

      Hapus
  23. Fotografel ababil jadi populer karena kritiknya di forum kaskus, dimana kaskuser ada yang bikin komik tentang fotografer ababil he he.
    Btw masalah sekarang bukan auto dan manual kalau menurut saya, tapi moment itu yang paling penting :)
    Trims mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting intipannya ya om...?

      *jadi minder kalo ketemu potograper beneran...

      Hapus
  24. Saiki sing penting hasil-e jepretane gak kalah karo DSLR. Sip lanjutkan aku akan menikmati karya senimu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan menikmati air seni ya..?
      haha

      Hapus
  25. Anjing menggonggong kafilah berlalu ya Mas bro!!!maju terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. engga ah
      didepan ada selokan
      mau mundur dulu dikit

      Hapus
  26. mo ngomong ape terserah loe,ibarat kate loe jual gua beli kagak nawar dech!!! judul kerenya EGP

    BalasHapus
  27. kayaknya pamer kalo kamera DeSelernya baru gitu yak kira-kira....
    heheeee....
    :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. pamer itu kan sudah jadi sfat manusia yang ga bisa dihilangkan, om...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena