27 November 2016

Buku dan Koran

#Semua Umur

"Jaman online masih saja beli buku..."

Itu celetukan lazim yang aku terima dari teman tiap kali lihat aku borong buku. Tak cuma itu. Saat baca buku di kereta atau bandara pun kadang ada yang komen, "kenapa ga beli tablet saja kan praktis, mas..."

Paling banter cuma nyengir sambil jawab, "ga suka tablet, lebih enak yang sirup..."

Jaman memang sudah berubah termasuk dalam hal informasi. Dulu sering kita bingung mencari info. Biar ga gaptek, mau ga mau harus baca buku. 

Sekarang info bejibun mudah didapat ternyata tak bikin hidup jadi mudah. Blog dan medsos gratisan membuat orang leluasa mengeluarkan pendapat tanpa harus mikir biaya. Informasi masuk terlalu banyak bikin bingung mana fakta mana yang hoax.

Menyikapi hal itu, aku kembali lari ke buku... 

Walaupun hoax juga bisa disampaikan lewat media cetak, namun aku yakin tak akan terlalu banyak karena bikin buku butuh biaya. Paling tidak pembuat hoax kacangan relatif jarang yang pake media buku buat ngoceh ga jelas ala pesbuk.


Selain buku, aku juga langganan koran...
Tetap ada yang komen buang buang duit mengingat web berita sekarang sangat mudah diakses.



Alasanku tak jauh dari soal buku... 
Media yang satu grup, misalnya Kompas, pun sering beda akurasi antara media cetak dan online-nya. Ini bisa dimengerti karena media online seringkali pengen dibilang paling up date sehingga lebih mementingkan kecepatan ketimbang keakuratan fakta. Paling-paling dalihnya, "kalo ada perkembangan baru gampang dikoreksi..."

Ga salah pendapat itu...
Tapi bikin masalah mengingat banyak teman kita yang kagetan dan gumunan. Baca satu berita yang dia pikir heboh langsung sar ser sar ser tanpa cross check. Rasanya menahan diri memastikan beritanya benar apa engga jarang ada dalam kamus kita. Alasannya apa lagi kalo bukan pengen dianggap paling update...

Kayaknya sih begitu...

3 comments:

  1. saya juga masih suka banget baca buku cetak Om. Cuman yang ebook juga gak ketinggalan. Hehehehe.

    BalasHapus
  2. baca Koran Cetak Bisa naikkan Prestige om

    BalasHapus
  3. membaca itu menyenangkan sekali apalgi kalau lagi nyantai enaknya baca buku atau koran

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena