22 Mei 2018

Wisata ke Negeri di Awan - Bukit Panguk

Bukit Panguk Kediwung yang masih satu kawasan dengan Kebun Buah Mangunan menyuguhkan pemandangan alam khas Dlingo yang hijau dengan udara segar pegunungan. Wisata alam perbukitan yang dikelola masyarakat setempat ini masih sangat fresh from oven karena baru dibuka sekitar pertengahan tahun 2016.

credit : nyomot di google

Ke bukit Panguk sebaiknya pagi hari karena siang sedikit kabut di lembah akan menghilang. Bagusnya berangkat dari Yogya sebelum subuh sehingga saat matahari terbit anda sudah siap mengabadikan negeri di awan dengan kamera kesayangan.

Tarif masuk ke tempat ini masih sukarela. Untuk parkir kendaraan roda dua pengelola menetapkan tarif sebesar Rp 2.000 dan untuk roda empat sebesar Rp 5.000. Tersedia spot-spot foto yang instagramable banget berupa anjungan yang menjorok ke arah tebing baik yang gratis maupun yang musti bayar Rp 3.000,-. Selain itu bukit Panguk juga tersedia beberapa warung makanan/minuman ringan dan beberapa bangku maupun gazebo untuk sekedar melepas lelah.

Secara administratif bukit Panguk berada di Dusung Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Wisata alam bukit Panguk persis berada di puncak bukit Batu Lawang yang berjarak sekitar 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan.

credit : property pribadi

Untuk menuju ke bukit Panguk, dari pusat kota Yogya ambil arah ringroad selatan menuju traffic light terminal Giwangan, kemudian lurus ke selatan hingga pasar Imogiri. Setelah pasar ambil jalan ke kiri menuju komplek Makam Raja. Pada pertigaan terakhir sebelum sampai ke Makam Raja, ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Bukit Panguk Kediwung letaknya kurang lebih 2 kilometer dari Kebun Buah Mangunan.

Salam Adventure

Tulisan ini dimuat di Blog.AdventureYogya.Com

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena