14 Maret 2014

Penerimaan Karyawan

#Semua Umur

Tiap kali permintaan staf tambahan disetujui sebenarnya aku seneng. Tapi proses penerimaannya itu yang bikin bete.

Ketika panggilan tes ke pelamar dikirim oleh HRD, hapeku makin sering bunyi oleh mereka yang sanak saudaranya ikutan melamar.

Males repot, aku selalu jawab, "tugasku cuma ngetes doang. Diterima atau tidak itu urusan HRD..."

Ternyata jawabannya seragam. "Saya tanya HRD, katanya gimana bapak sebagai usernya..."
#Semprul...

Sekarang kondisinya memang lebih beradab tak serem seperti beberapa tahun lalu. Dalam map lamaran paling banter terlampir memo bupati, kepala desa, tokoh masyarakat dan sejenisnya. Kalo dulu lampirannya golok...

Biar begitu tetap saja  menyebalkan. Tak cuma satu dua orang temen seperusahaan yang dulunya akrab jadi tak mau kenal lagi gara-gara adik atau keponakannya tidak aku loloskan.

Tapi bodo amat
Aku tak mau timku nantinya berjalan pincang gara-gara orang titipan. Tanpa mikirin itu pun aku sudah repot nyeleksinya terutama di tes akhir. Persaingan nilai antar kandidat demikian ketat sampe susah milihnya.

Kalo sudah gitu biasanya aku minta stafku yang nantinya akan jadi atasannya langsung untuk memilih. 

Tapi dasar anak muda
Sampe mumet aku sampaikan detil pertimbangan dan penilaian agar dia tak salah comot. Ternyata penyelesaiannya begitu mudah dan sederhana, "pilih yang paling cakep aja, pak..."
#Cerdas...



22 comments:

  1. Untuk surat lamarn saya tidak terlihat di dalam kamera ya. karena posisinya tawaran enak banget tuh ya Kang. Sambil jualan panci di sana. :D

    Salam

    BalasHapus
  2. wah, berarti sekarang di Jakarta dong Pak...lagi ketemu calon anak buah to?

    kalau lampirannya golok, apa ya nggak horor tuh?

    paling enak kalau nyari lewat ECC atau Jobstreet kan Pak? nggak perlu repot, udah ada konsultannya, jadi terima jadi aja, sudah pasti qualified dan pas

    BalasHapus
  3. Mesti jadi super sibuk tapi enak juga bisa menyeleksi calon staf baru ya mas

    BalasHapus
  4. Nah nah penerimaan karyawan ini. Saran dengan kepentingan. Hiehiehiee. Ini tergantung POLICY dan Kebijaksanaan yang diterapkan sama perusahaan mas Eko nan gantenge mirip Juru Bicara KPK Mas Johan Budi ini. Kriterianya harus pas ya mas, Ahayyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy. Kalau nda Pas ya di pas pas kan aja. Apalagi kalau pelamar wanitanya parasnya Cakep , Ayu, mirip Pramugari yang jadi kesukaannya mas Eko.

    BalasHapus
  5. loh aku sepakat iku om,, pilih yang cakep hahahaha...
    lumayan toh gawe pemandangan ketika lagi stres akibat pekerjaan

    BalasHapus
  6. masih ada lowong gk? saya mau ikut :D

    BalasHapus
  7. Whahahaha pol-polan.e ya pilih sing cakep aja pak :D.

    BalasHapus
  8. Hehehee… yang cakep laris manis ya ?!

    BalasHapus
  9. untung dipilih yang paling cakep bukan di undi :)

    BalasHapus
  10. Butuhnya staf cewek ya, Kang?
    Tek ndaftar yeee. . . :P

    BalasHapus
  11. betul itu pak, dulu waktu jaman awal awal reformasi diselipinnya memo dari ketua partai yg berkuasa sambil yg ditunjukin pestol juga malah..
    pestol beneran pak, bukan pestol yg ituu..

    BalasHapus
  12. pilih siang pahin.. pahin lek..

    BalasHapus
  13. Kalo cowok .. juga bgitu ya mas? Pilih yang paling cakep? :D

    BalasHapus
  14. Awas ditangkap kpk...kolusi apa nepotisme yak namanya?

    BalasHapus
  15. lek aku sing apply gak bakal keterima kayake Kang ya. sing lanangan pasti ra diterimo to? :P

    BalasHapus
  16. Andaikan di tempat kerja ku nyeleksinya bgini, pasti ga akan ada anggota tim yg kerjanya cuma melongo. Nah ini kaga, ga bisa apa" malah di terima. *titipan* :(

    BalasHapus
  17. jiahhh... ujung ujung milih yang tercakep hohoho

    BalasHapus
  18. saya gak suka jadi karyawan mas lebih suka mandiri salam kenal

    BalasHapus
  19. wah harus selalu bersikap objektif yah. :)
    sukses deh untuk tim kerja yang nanti terbentuk.

    BalasHapus
  20. bocahmu pinter tuh, kalau sudah seleksi akhir, ngapain pakai repot?

    BalasHapus
  21. hahaha....
    tampang memang punya nilai Plus ya :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena