19 Desember 2009

Saku Kanan dan Kiri

Aku pikir tak akan ada yang menaruh perhatian akan kebiasaanku menyimpan uang. Ternyata stafku ada juga yang akhirnya bertanya.

"Kenapa kalo nyuruh beli makan, ngambil uangnya selalu dari saku. Tapi kalo belanja kantor ngambilnya dari dompet..?"

Hihihi...
Akhirnya harus bocor juga kalo duit ratusan ribu yang di dompet itu uang kantor buat cadangan operasional di lapangan yang suka ada kebutuhan mendadak. Dan yang milik pribadi hanyalah ribuan lecek yang aku simpan di saku.

Dijelasin tentang pemisahan uang pribadi dan kantor, masih diuber juga. "Uang kantor yang di brankas, kenapa dipisahin dalam dua kotak. Dan lebih sering ngambil kotak yang satu daripada satunya.."

Mau tahu aja neh...

Aku memang suka memisah-misahkan uang yang aku pegang dengan maksud agar tidak salah ambil. Uang yang di laci sebelah kanan itu benar-benar dana murni punya perusahaan. Pemakaiannya selalu tercatat di buku.

Dan yang laci kiri aku gunakan untuk menyimpan dana yang kurang jelas urusannya. Bagaimanapun uang remang-remang selalu ada. Misalnya ada seniman yang ngasih komisi karena lukisannya terjual. Atau kadang sogokan dengan judul ucapan terima kasih, dsb... Dana ini tidak ada di catatan perusahaan dan aku gunakan kalo misalnya ada yang minta sumbangan atau harus menjamu tamu. Kadang aku gunakan untuk nambahin insentif karyawan juga. Cuma seringnya curang. Karyawan tak kasih seratusan, aku sendiri ngambil 200. Asiiik...

Uang di saku juga aku pisahin. Saku kanan untuk yang bersih, jadi aman dikasihin istri kalo pas minta tambahan belanja. Yang saku kiri ga berani aku kasihin. Itu khusus buat senang-senang sendiri aja.

Ga boleh kebalik neh. Bukan masalah halal atau haramnya, tapi karena jumlahnya suka lebih banyak yang kiri. Hehehe...

Ilustrasi Mao Tze Tung
Karya Budi ubruk
Tujuh Bintang Art Space

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena