14 Mei 2008

Tutorial MS DOS


"Hari gene masih pake DOS...?"

Begitu teman saya memuji, atau mengumpat sebenarnya. Tapi itulah kenyataan. Sekarang orang tahu komputer sudah langsung pegang Windows. Bahkan tak pernah mempelajari Windows, tapi langsung MS Office.

Dan ketika system komputer itu bermasalah, orang akan begitu pasrah dan ambil jalan pintas instal ulang. Maraknya virus menyerang dokumen MS Word yang sebenarnya tidak merusak file dan hanya menyembunyikannya saja, orang akan membiarkan saja file tersebut dalam posisi hidden. Paling satu dua orang mencoba mengaktifkannya lagi dari properties file. Namun sayang kebanyakan gagal, karena kotak check hidden file tidak bisa muncul.

Yang ambil cara gampang akan membiarkan Windows Explorer dengan posisi show all file. Padahal Windows menciptakan hidden file tentu ada maksudnya. Dengan posisi terbuka seperti itu, kemungkinan file penting yang seharusnya dilindungi bisa terhapus akan lebih besar.

Sebenarnya tidak begitu sulit bila kita menguasai sedikit trik-trik jadul, yaitu dengan DOS itu. Gunakan saja perintah attrib, beres. Manfaat lainnya banyak sekali terutama menyangkut perbaikan bila system kacau. Virus-virus DOS yang dulu merajalela sepertinya sudah punah. Jadi akan aman kita mengutak-utik sistem yang bervirus.

Microsoft saja pernah begitu angkuh mengatakan akan membuang DOS dari sistemnya. Dan itu sudah diterapkan pada Windows Millenium. Tapi yang ada hanyalah kegagalan produk. Dan akhirnya DOS dipakai lagi ketika generasi XP hadir di komputer kita.

Cuman, jaman sekarang cari orang yang mengerti DOS kok susah banget. Malah banyakan yang belajar PHP, ASP dll dll... Tapi untuk yang berminat, ada tutorial yang bisa didonlot disini.

Ga ada salahnya kita belajar sistem jadul itu. Siapa tahu suatu saat nanti kita harus menemukan masa lalu bekerja dengan WS dan Lotus lagi.

Hihihi...

3 comments:

  1. maaf nih, tutorial dos nya manaya, tak cari kok nggak ketemu, mohon lebih jelas alamat dan tempatnya ya, thanks.

    BalasHapus
  2. Sori bosss...
    Ada perubahan link berkaitan dengan ganti domain.
    Klik aja disini deh...
    http://download.rawins.com/2008/05/computer-tutorial.html

    BalasHapus
  3. Sytax Tersembunyi MS-DOS untuk hack..

    Net user baru_nih /add : Membuat Net user baru
    Net user %date% /add : Membuat Net user selama 7 hari berturut-turut. Nama user
    diset otomatis sesuai nama hari.
    tskill *nama_aplikasi* : Mematikan Proses Aplikasi
    Shutdown -s : Mematikan komputer

    Semoga bermanfaat.

    Salam dari kami :
    KOMUNITAS PELAJAR ILMU KOMPUTER INDONESIA

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena