21 September 2008

Terindeks Google Dalam 3 Menit

Menjawab pertanyaan temen yang kedua.

Teman yang di Y!A mengirimkan capture hasil dia googling tentang blog Pendidikan Seks melalui YM. Dia menanyakan tentang bagaimana sebuah artikel bisa keindeks di google dalam waktu 3 menit. Dan dia menanyakan trik yang digunakan untuk SEO (Search Engine Optimization)


Langsung aja deh saya jawab, kalo saya tidak bisa SEO dan tidak pernah mau tahu tentang SEO. Terlalu rumit buat otak saya yang kecil ini. Lagipula menurut saya, asalkan traffic tinggi, googlebot pasti akan senang menyambangi blog kita. Karena rame jadi dianggap ada pembagian sembako kali yak... Clamit mode on tuh om gogbot.


Nah, trus buat ngedatengin pengunjung bagaimana?
Banyak cara. Tapi saya lebih suka iseng di forum daripada tuker-tukeran link atau badge yang menurut saya ga efektif trus cenderung menyulitkan navigasi. Pernah saya coba membuat dua blog dengan content sama persis, yang satu saya publikasi via forum yang satu via blogwalking dan tukeran link.

Hasilnya dalam waktu sebulan, pengunjung perhari dah bisa mencapai angka diatas 100an di kedua blog tersebut. Tapi begitu saya berhenti blogwalking dengan link tetap terpasang, angka kunjungan anjlok drastis. Sedangkan yang di forum masih naik turun di kisaran angka yang sama, kendati saya dah berhenti promo di forum itu.

Kesimpulan pribadi saya, blog pertama pengunjung datang cuma sekedar membalas kunjungan saja tanpa perlu dia tertarik atau tidak ke content blog. Link yang terpasang di blog temen nyatanya kurang bisa menarik perhatian juga. Beda dengan yang di forum. Mungkin karena mereka datang ke blog dengan membawa sebuah ketertarikan ke content jadinya mereka akan terus datang untuk melihat update blognya.

Ohya.. kembali ke soal capture hasil googling itu.
Bisa tampilnya di halaman pertama google menurut saya bukan semata-mata karena keberhasilan SEO. Tapi harus dilihat juga keyword yang mereka gunakan untuk googling dan jumlah website yang mengandung keyword itu. Seperti yang saya tandai dengan garis merah.

Pertama di bagian urutan 1 - 10 dari sekitar 1.960.000. Ini menunjukkan jumlah website mengandung kata kunci kamasutra china berada di bawah 2 jutaan. Jadi masuknya keyword itu ke halaman pertama ga terlalu istimewa. Kecuali kalo angkanya sudah puluhan juta, baru bisa dibilang TOP BGT.

Trus, penggunaan keyword kamasutra china untuk googling itu merupakan sebuah kebetulan karena sama dengan judul artikel yang digunakan. Jadi itupun bukan sesuatu yang istimewa. Coba kalo artikel kamasutra china nomor satu untuk keyword kamasutra aja atau china aja atau malah yang ga nyambung babar blas dengan kedua kata itu, baru saya akan angkat empat jempol deh.

Trus soal 3 menit kok udah keindeks, tar aja deh di posting selanjutnya. Dah kepanjangan nih. Lagian aku pikir kok iseng banget sih, sempat-sempatnya memperhatikan orang lain ngeblog. Jangan-jangan wartawan infotainet dia...


17 comments:

  1. Wah... terlalu merendah dikau bos...

    BalasHapus
  2. Eh bagi triknya dong mas...

    BalasHapus
  3. Hmmm... bagus juga tipsnya
    Thks

    BalasHapus
  4. Mas...PR mypagerank.net dan PR di tempat laen apa bisa beda2 ya mas??? Mohon infonya. O ya, forum yang mas maksud tuh forum apaan???
    Mohon infonya juga mas.
    http://guawijaya.wordpress.com
    http://xangle.co.cc
    Direview dong
    Thanks ya

    BalasHapus
  5. Banyak sih penyedia page rank dengan bermacam-macam spesifikasi penilaian yang berbeda-beda. Tapi yang paling bagus kalo memang mau ngejar indeks google ya PRnya google aja.
    Instal aja google toolbar untuk browser yang sesuai. Tar kan ada tuh pagerank di toolbar yang akan mengikuti PR halaman yang dibuka. Skala yang dipakai google 1 - 10. Masuk aja ke toolbar.google.com
    Forum ya apa aja deh. Usahakan yang sesuai dengan content blognya. Misalnya blog tentang HP, ya masuk ke GSMforum misalnya. Atau yang topiknya banyak tuh di id.answers.yahoo.com
    Pilih tema yang sesuai deh.
    Semoga membantu

    BalasHapus
  6. Gitu ya mas biar tenar di google. Ga susah ternyata. Cobain dulu deh
    Thks

    BalasHapus
  7. Makasih keGILAannya. :)
    Kalau menurut saya berapapun jumlahnya pasti bikin menarik. Asal bisa di Top position. kalau kamasutra bilang women eh, Blog on Top. :D

    BalasHapus
  8. saya nyasar di sini bos.. hohoho.. kiwodnya jitu juga.. hahahaha...

    BalasHapus
  9. Hahahaha....
    Terserah deh. Tapi yang jelas saya paling males dengan yang namanya seo atau kiwod dsb dsb
    Pokoke ngeblog ngeblog dan ngeblog
    Mau tenar apa engga urusan google.
    Hehehehe....

    BalasHapus
  10. buat kawan2 yang mau bisnis jual distro atau di pakai sendiri buat gayamukami www.distrojakarta.co.ccbelanja online hemat dan murahdengan merek terkenal mutu berkualitassyukk kunjungiii distro online grosir www.distrojakarta.co.cc

    BalasHapus
  11. buat kawan2 yang mau bisnis jual distro atau di pakai sendiri buat gayamukami www.distrojakarta.co.ccbelanja online hemat dan murahdengan merek terkenal mutu berkualitassyukk kunjungiii distro online grosir http://www.distrojakarta.co.cc

    BalasHapus
  12. Bisa bantu nga google ku nga bisa terindex di google. padahalal dah masuk google addurl dan webmastertools tapi pada saat cari di google dengan memasukan http://dbssmartchoice.blogspot.com/ tetap tidak menemukan hasil. sebelumnya terima kasih

    BalasHapus
  13. lumayan nih buat referensi..

    BalasHapus
  14. Si Om dodol dimana mana ngaku ga ngerti SEO
    Kenyataannya di postingan lama banyak artikel tentang SEO
    YM yang dulu masih aktif tidak, om
    Saya mau belajar

    BalasHapus
  15. ajarin saya tentang seo juga suhu ..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena