28 Februari 2020

Apakah Tuhan Ciptaan Manusia

Pertanyaan : Jika segala sesuatu ada pencipta nya, lalu siapa yang menciptakan Tuhan, apakah Tuhan merupakan ciptaan pemikiran manusia?

Jawaban :

Sebagai mahluk sosial, manusia butuh pemersatu.

Satu keluarga manusia purba pemersatunya adalah manusia pejantan yang jadi tulang punggung kehidupan mereka, mampu berburu untuk memberi makan dan melindungi mereka dari serangan binatang buas.

Ketika kawanan itu membesar terdiri dari beberapa keluarga, dibutuhkan seorang kepala suku untuk menyatukan mereka. Siapa paling kuat secara fisik dan jago bertarung, dialah yang akan memimpin.

Setelah jumlah suku makin banyak, manusia memimpikan persatuan yang lebih besar. Kali ini kekuatan fisik saja tak lagi memadai untuk mengamankan kelompok dari perselisihan internal maupun serangan kelompok lain. Kekuatan harta kekayaan mulai berperan karena mereka perlu tentara yang harus dibayar. Sarana prasarana pemukiman harus dibangun untuk mendapatkan dukungan politik dari warganya. Jadilah manusia menciptakan sistem tuan tanah, kerajaan ataupun negara.

Persatuan sudah sedemikian besar, manusia belum puas juga. Mereka ciptakan yang lebih kuat dari yang sudah ada agar bisa mempersatukan semua orang di segala penjuru dunia. Bentuknya bermacam-macam, bisa arwah leluhur, batu besar, gunung, matahari, dewa ataupun sesuatu tak berwujud yang disebut dengan nama Tuhan.

Manusia, sebagai mahluk yang cenderung tak jujur, figur Tuhan dibuat serba maha agar lebih menguntungkan. Manusia sangat suka memaksakan kehendak. Ketika alasan pribadi pemimpin atau kemaslahatan umat tak lagi mampu untuk memaksa orang lain, akan dikatakan, "ini perintah Tuhan, air hujan itu harus dimasukan ke tanah bukan dialirkan ke laut. Kalo kamu ga nurut tar kena adzab loh…"
#Bahlulminanas…


Saya sendiri tak peduli itu ciptaan siapa. Karena tujuannya baik, saya ikhlas mengikuti sistem itu. Saya nurut ke bapak saya, ikutin aturan negara dan saya percaya adanya Tuhan walau kadang tidak enak menjalaninya.

Eh, ada satu lagi sistem persatuan yang ga enak banget. Saat banyak kaum lelaki ikhlas bersatu dalam patah hati gara-gara mahluk ciptaan Tuhan yang ini…



Wallahu a'lam bishawab
Terima kasih
Salam Rwn

Repost dari Quora

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena