22 Mei 2009

Mempercepat Download Torrent

Menjawab pertanyaan Kang Pacul dan beberapa teman tentang kebiasaanku download film atau game yang ukurannya bergiga giga, aku lebih suka menggunakan bittorrent. Menurutku ini lebih praktis daripada download dari file hosting semacam rapidshare yang memecah mecah file menjadi beberapa bagian, karena memang dibatasi besar file yang diupload maksimal 200MB. Sebagai penggemar gratisan yang dibatasi paralel downloadnya ini jelas sangat menyebalkan. Kecuali mau bayar account premium bersusah payah mencari colongan account sih ga masalah.

Karena torrent adalah peer to peer file sharing, file akan dipecah-pecah menjadi bagian kecil-kecil tapi kita hanya perlu sekali download saja sampai tamat. Dimana pecahan-pecahan itu disimpan, ada tracker yang akan melacaknya.

Yang perlu diingat, dengan torrent client, disini tidak ada server khusus yang menyediakan file tersebut. Yang ada hanya kita berbagi file dengan client yang lain. Jadi selain kita download dari teman, ada teman lain yang mendownload juga dari bagian file yang sudah kita miliki.

Untuk itu sebelum kita memutuskan untuk mendownload melalui torrent ini, perlu kita lihat jumlah seeder dan leechernya. Seeder adalah client yang sudah memiliki 100% file tersebut. Yang belum komplit atau yang tidak mau berbagi dinamakan leecher. Jadi kita bisa mengasumsikan semakin banyak seeder, kecepatan download akan semakin tinggi. Sebaliknya semakin banyak leecher, kecepatannya akan menurun.

Saya biasa mencari file di thepiratebay.org. Disitu akan tampil nama file, tanggal upload, komentar, besar file, jumlah seeder (SE) dan jumlah leecher (LE). Ada baiknya sebelum kita download, baca-baca dulu komentar yang sudah ada. Karena yang namanya gratisan, kemungkinan file bervirus selalu ada. Biasanya muncul pemberitahuan di kolom komentar.

Agar kecepatan download lebih optimal, silakan setting dulu bittorrentnya kira-kira seperti ini.

Pada setting bandwith, lihat pengaturan upload yang paling atas. Secara default, settingnya otomatis menyesuaikan kapasitas upload koneksi kita. Tapi perlu diingat, semakin besar nilai yang diberikan. kecepatan download akan semakin lambat. Untuk browsing pun bisa jadi lelet banget. Kecuali kita tidak nyambi browsing, bolehlah di set otomatis. Misalnya pada waktu PC mau kita tinggal tidur. Karena bagaimanapun kita tak boleh curang pengen download banyak tapi tidak mau upload.

Pada setting bittorent, protokol enkripsi kita pilih forced. Ini agar data terenkripsi dan tidak diganggu atau dibatasi oleh firewall atau antivirus yang bisa membuat download jadi lambat.

Pada bagian quequeing, batasi nilai torrent aktifnya menjadi 2 dan jalur untuk downloadnya 1 saja. Boleh saja kita beri nilai 1 dan 1, tapi kesannya kok curang banget tidak memberi kesempatan temen mengambil file milik kita. Mau diisi banyak juga boleh, biar sekali download bisa beberapa file sekaligus. Tapi kecepatannya jadi menurun, karena bandwith akan terbagi.

Yang perlu diperhatikan adalah pembatasan jalur koneksi oleh windows yang sejak Service Pack 2 muncul, dibatasi pada nilai 10. Maksudnya untuk mencegah penyebaran worm ke PC. Tapi akibatnya torrent client pun jadi ikut terganggu. Setting saja di tcpip.sys atau kalo pengen ga ribet, pakai patch yang ini. Ganti pengaturannya dari 10 ke 100 misalnya. Makin besar makin bagus, tapi terlalu besar juga ada efek sampingnya. Penyakit mudah masuk ke PC kita.

Kayaknya cuma itu saja deh yang aku lakukan untuk memaksimalkan torrent client. Praktis dan ga ribet. Apalagi yang punya hobi internetan nebeng di kantor. Pas mau pulang, aktifkan saja bittorrentnya trus PC ga usah dimatikan. Kalo cuma film ukuran 1 CD ga sampai semalam udah kelar. pagi-pagi tinggal pakai saja.

Yang penting berdoa agar dapat seeder yang banyak dan komputernya ga dimatiin temen atau PLN pas kita tinggal. Atau diset saja begitu windowsnya aktif, bittorent nya langsung jalan. Buat ngatasi mati lampu, settng juga di BIOS agar begitu listrik menyala PC juga langsung menyala.

Kalo ga mau nyala, cari aja bensin dan korek.
Hehehe....

Selamat berburu file gede yah...
Kalo kurang jelas klik aja gambarnya.

46 comments:

  1. Pencerahan yang bagus sekali kang...
    Thks berats..!!!!

    BalasHapus
  2. oh gitu..
    jadi pake bittorrent.

    BalasHapus
  3. informasinya asiik bozz...

    BalasHapus
  4. Pokoknya enak donlot file yg bergiga2 pake torrent,sekalian hasil donlotnya bisa dijual...,he..he...

    BalasHapus
  5. howalah... bisnis bagus tho..?

    BalasHapus
  6. terima kasiihhhh...
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. tanya ..gan...pernah nyoba pake speedy...max speed nya sampai berapa klo bnyk seedernya...punyaku cuma 35kb/s ..seeder sekitar 5-7 ...jawab yah...thanks gan

    BalasHapus
  8. pake speedy, kalo emang seeder lagi bagus bisa sampe 100kbps gan..

    BalasHapus
  9. mantapp gan __ini snagat membantu. dan 100% work

    TERIMA KASIH ILMUnya

    BalasHapus
  10. wah resepnya dahsyat bro
    thks banget yah

    BalasHapus
  11. infonya dahsyat neh bro. thks brat yah..

    BalasHapus
  12. bagaimana yang mengganti pengaturan patch
    pencet apa

    BalasHapus
  13. punya saya kok tetap berhenti

    BalasHapus
  14. dibanding dengan internet download manager gimana ?

    BalasHapus
  15. >diko...
    coba cek seeder dan lechernya deh. jangan lupa cek firewall, kali aja diblok disitu...

    BalasHapus
  16. >yudi...
    tentu tidak bisa dibandingkan begitu saja karena platformnya juga beda. idm atau dap kan untuk mengelola direct download dimana ana server hosting dan client.
    sedangkan torrent kan peer to peer. dalam file sharing ini semuanya menjadi client sekaligus server. makanya kecepatan download dipengaruhi jumlah seeder dan lechernya

    BalasHapus
  17. kalo pakai opera untuk menatur bandwithnya lewat mana om? thks

    BalasHapus
  18. bingung nech....
    sami mawon pc ga bleh wat download, meski k warnet mulu....

    BalasHapus
  19. Thanks banget ya bro.... rada lumayan rate yg gw dapet....
    ^_^

    BalasHapus
  20. aku download pake torrent kok gagal terus ya?

    BalasHapus
  21. membantu banget..yang penting sih seedersnya ^^

    BalasHapus
  22. ada bedanya nggak.. bittorent ama utorrent??

    BalasHapus
  23. hampir sama. bittorent dan utorent bagai pinang dibelah dua. kalo client yang lain emang beda-beda tampilannya

    BalasHapus
  24. thks om. patcchnya dahhsyaat. jadi biisa llari keenccengg torrenttnyya

    BalasHapus
  25. apakah patchnya bisa dipergunakan di win7?

    BalasHapus
  26. wah resepnya dahsyat gan. langsung ngebut donlotan ane. tapi setelah kuota bandwith internet abis kok balik lemot lagi ya?

    BalasHapus
  27. Mantap banget nih infonya gan, langsung di praktek-kan. kunjungan pertama. salam prsahabatan

    BalasHapus
  28. nais impo gan...
    barusan ane coba resepnya, ternyata maknyusss...

    BalasHapus
  29. nice info, thankz al lot..... :)

    BalasHapus
  30. walah bos.. aku dah settingko lah jadi lambat ya...

    BalasHapus
  31. wah ...ini sangat membantu bos ...
    terima kasih

    BalasHapus
  32. mantab bos, jadi ngebut donlotnya.
    eh bisa gak ngakalin biar tetep ngebut setelah quota dari isp habis..?

    BalasHapus
  33. klo internet 1 mega kok msh 30 an gan... cranny gmn ?

    BalasHapus
  34. jumlah seeder dan leechernya berapa..? kalo banyakan leecher ya pastilah. untuk tes kecepatan, coba cari yang banyak seedernya dan leechernya sedikit. jangan lupa firewall diperiksa biar torrent client dilolosin. trus diliat juga, jaringannya pakai router ga. jangan-jangan dicekek di router seperti kebanyakan di kantor kantor..

    BalasHapus
  35. om,,,,,

    bisa di donlot nya cuman pke moden,,,,

    BalasHapus
  36. bodo leecher itu orang yang sudah memiliki semua file lengkap tetapi tidak ingin mengupload, yang km jelasin di atas itu peer..

    BalasHapus
  37. susah ya ternyata pake torrent, lebih gampangan yg pake IDM ngga ribet setting`nya...,;D

    BalasHapus
  38. aku juga make torrent looo mas. penyuka gratisan :p

    BalasHapus
  39. Gan, saya mau nanya. Setelah DL file yang besarnya 9GB, ada bacaan "seeding". seeding itu mengupload file yang telah kita download atau bagaimana ? Masa iya saya sudah mendownload 9GB dan harus menguploadnya kembali sebesar ukuran file itu juga ? Terimaskasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang inti dari torrent, dimana banyak orang saling berbagi file. Sebenarnya kita bebas bebas saja mau seeding apa engga. Namun secara etika kita mesti mau bantu orang lain yang lagi donlot juga. Minimal kita seeding sama dengan yang kita download dan disarankan malah dua kali lipatnya agar torrent tersebut tidak hilang karena tidak ada seeder lagi...

      Hapus
  40. mas tanya nih, kokaku pas download lewat utorrrent kok berenti di connecting to peers ya? mohon pencerahannya ( ^ 3^)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena