28 April 2012

Firasat

Aku memang suka rada kaget kalo ibue laporan si Ncip kurang sehat. Bukan aku pilih kasih ke anak-anak. Tapi kenyataannya memang begitu. Kalo si Ncit yang ga enak badan, aku suka ikut sakit juga. Kalo Ncip apa ibue, jarang banget aku berfirasat atau nyambung rasa.

Seperti saat mau cuti kemarin. Aku sempat kepikiran cuti kali ini akan banyak di rumah saat badanku terasa gregas-greges. Nelpon ibue, beneran si Citra idungnya meler terus. Menjelang pulang badanku sudah enakan makanya aku bisa menyimpulkan Citra sudah sehat juga.
Begitu nyampe kampung, beneran Citra sudah lari-lari di halaman rumah mbahnya. Eh, Cipta yang mewek terus badannya anget. Aku sempat bilang ke ibue, cuti kali ini aku bisa beneran cuti dan ga harus jadi sopir pribadi. Tapi dasar ibue ga betah di kampung, dia ngotot minta pulang ke Jogja dan istirahatnya di rumah sendiri saja.

Rada ragu juga melakukan perjalanan jauh sementara anak lanang kurang sehat. Sedikit maksain aku angkut mereka dari kampung. Baru ketauan kalo hobi keluyuran ibue nurun ke anak-anak. Begitu masuk mobil, semuanya cengengesan ga sakit lagi. Jadilah perjalanan Cilacap Jogja yang seharusnya ditempuh dalam waktu 4 jam molor sampai 3 hari. Melintasi rute panjang lewat Purwokerto - Purbalingga - Pemalang - Pekalongan - Kendal lalu menuju Jogja lewat Magelang sambil tak lupa mampir di setiap obyek wisata.

Di Jogja pun tak bertahan lama karena besoknya meluncur lagi ke arah Wonosari - Wonogiri - Ponorogo sampai Trenggalek. Rencananya mau ke Malang terus ke Bromo. Tapi seperti biasa alurnya selalu ga jelas. Malah belok ke arah Kediri - Pare dan finish di Batu. Bosen di Batu maunya ke Bromo lewat Pasuruan biar bisa nongkrong dulu di gunung Penanjakan. Lagi-lagi Bromo tinggal rencana karena kebanyakan muter-muter di Malang dan nyamperin semua tempat wisata ke arah Surabaya.

Dari Taman Safari Prigen sudah janjian dengan Miaw mau ketemu di Sidoarjo. Entah gimana ceritanya dari Gempol bisa nyasar ke Trawas dan etape hari itu berakhir di Jombang. Udah nyampe Jombang, kayaknya males banget balik ke Bromo. Jadilah special stagenya bergeser ke barat hanya karena pengen sarapan pecel di Madiun. Dari situ naik ke Sarangan lewat Magetan lalu turun ke Tawangmangu dan nyasar lagi ke Astana Giri Bangun sowan mbah Harto.

Dari Karanganyar maunya ke Ambarawa karena ibue pengen naik sepur kluthuk di Bedono. Sayang dari kantor sudah nelpon-nelpon terus banyak masalah di site. Jadinya dari Solo langsung belok kiri dan pulang ke Jogja.

Begitulah traveling ga jelas edisi cuti kali ini yang ternyata bisa bikin anak-anak sehat dan ibue murah senyum. Walau mungkin tagihan CC bulan depan kayaknya mentok limit.

Sik sik sik, pak Manteb...
Cerita anak sakit bisa sampai ke acara jalan-jalan ki piye urusane..?

Pokoknya begitu deh kalo kembali ke letop. Terserah aku dibilang pilih kasih ke anak-anak soal ikatan batin itu. Namun yang jelas, jawaban dari semua itu baru aku ketahui kemarin.

Ada mitos di kalangan orang Jawa. Dimana bila anak rewel saat bapaknya jauh, anak akan tenang bila diselimuti dengan pakaian dalam bapaknya. Dan jebulnya tanpa perlu merasa sakit, setiap kali Citra ngacak-acak lemari baju yang dia mainin tuh kancut bapaknya. Kalo ga ketauan ibue suka dipake jadi kerudung dan lari-lari di halaman. Pantesan...

Jangan lagi-lagi yo, nduk...


9 comments:

  1. wakakak masa kancut ko buat mainan, ya mungkin turunan dari bapaknya kali kan kelakuan anak tdk jauh2 dari kebiasaan org tuanya :D

    BalasHapus
  2. biasanya kita bisa merasakan sesuatu yang akan terjadi atau sedang terjadi, entah pada anak, istri, orang tua atau saudara dan biasanya kita menyebutnya firasat. dan beruntunglah orang yang bisa membaca "sinyal-sinyal"

    BalasHapus
  3. firasat itu memang ada
    tapi kita memang ga merasa
    dan setelah terjadi baru bilang O iya....

    BalasHapus
  4. katanya juga kalau anak perempuan memang dekat sama bapaknya...kalau anak cowok lebih dekat sama ibuke. Anomalinya ada di keluarga saya, semua anak (cowok/cewek0 dekatnya sama Simbok.

    Btw, mitos di desa saya biar dekat sama bapaknya di kemuli sarung.

    BalasHapus
  5. wah baca ada tulisan wonogiri jadi inget kampung ibu sob :))
    tapi unik tuh mitosnya pas banget, tapi kok masa kancut dimaenin buat di kepala :D untung bukan yg kotor ya..hehe

    BalasHapus
  6. sing jelas...karena bapake..arep pulang..lan kudu jalan-jalan alias travelling... unjuk rasane..pake anget..anget..he.he.he..

    hadew.. malah nggo kudung...ketombene..meruyak dunk.. he.he.e..

    BalasHapus
  7. Wkwkwkwk...
    Nggilani...
    Si cip wis gede yo

    BalasHapus
  8. yg dipegang citra apaan tuh? kok di blur :D

    BalasHapus
  9. Wah namanya juga orang tua bang pasti begitu :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena