24 April 2012

Anak Sekarang

#Semua Umur

Jaman telah berubah. Kemajuan teknologi bukan lagi milik orang dewasa saja. Anak-anak kita sejak usia teramat dini pun sudah mulai akrab dengan perangkat modern. Aku sudah mulai merasakan sejak masa balitanya si Adi. Mungkin melihat bapaknya tiap hari ngoprek PC, sejak mulai bisa jalan dia lebih suka mainan pake alat kerja bapaknya.

Apalagi setelah umur 2 tahun dia mulai menyukai game. Seiring bertambahnya usia, jenis game yang dia sukai semakin meningkat termasuk kebutuhan spesifikasi perangkatnya. Melihat Adi makin tak bisa dipisahkan dengan komputer, aku serahkan saja Pentium III 733 yang biasa aku pakai. Kebetulan waktu itu order kerjaan menggambar makin banyak makanya aku putuskan untuk merakit PC baru untuk aku kerja. Eh dasar anak sekarang, ketahuan juga kalo pake yang speknya lebih tinggi itu enak, Pentium 4 ku disita dengan semena-mena. Jadilah aku kembali ke PC jadulku.

Aku yang tak ingin Citra seperti kakaknya, sengaja menghindari main game didepan dia. Dasar sudah dari sononya harus begitu, tetap saja kunfayakun. Citra keranjingan iklan di tipi. Sepanjang hari maunya iklan yang dia suka doang. Seharusnya aku bersyukur punya istri pinter yang sigap mencari solusi. Masalah Citra diatasi dengan mencarikan iklan di yutub yang bisa diputer bolak-balik. Tapi justru itu awal mulanya Citra jadi tak bisa lepas dari komputer dan internet.

Citra pun sepertinya sudah bisa membedakan perbedaan spek perangkat. Awalnya sih dia cukup anteng pakai PC. Tapi lihat ibunya kayaknya nyaman banget online sambil boboan, laptop ibunya pun disita. Dibujuk rayu tidak bakalan mempan dan seringnya laptop terus diduduki. Seolah-olah demo sambil ngancam, "laptopnya kasihin apa aku pipisin..?"

Aku sih cuma nyengir doang dengan penyitaan itu. Kalo ibue manyun, paling-paling kasih komentar pendek untuk mengalah ke anak. Cuman seiring bertambahnya umur, Citra pun kayaknya mulai merasakan adanya perbedaan antara laptopnya dan laptopku yang speknya jauh lebih tinggi. Gantian alat kerja bapaknya yang dia sita. Kalo diminta tukeran agar dia kembali pakai laptop ibue, protesnya lebih keren. Berkecak pinggang sambil berdiri diatas laptop. Pernah aku minta tolong ibue untuk ngebujuk dia. Eh, gantian ibue yang nyengir sambil bilang, "ngalah sama anak apa salahnya..."

Mungkin bener kata Gibran...
Dunia tak boleh berjalan mundur. Anak-anak adalah masa depan yang tak boleh berada di belakang orang tua sebagai masa lalu. Sampai-sampai untuk urusan bermain pun, komputer anak lebih canggih daripada yang dipake kerja bapaknya.

Benarkah begitu..?

12 comments:

  1. wakakaka, hihi... citra kecil nangkring diatas leptop nyaman bgt yak Om
    gpp deh bapak ngalah buat anaknya,
    ikhlas aja :p

    BalasHapus
  2. yang terakhir itu memang bener haha

    BalasHapus
  3. hihihi lucu citra berdiri diatas laptop. aku punya masing-masing satu sama suami tapi kalau weekend aku ga kebagian laptop, pascal suka pingin pakai juga

    BalasHapus
  4. Heh...laptopnya di injak Citra. Apa gak rusak tuh. Waduh...anak sekarang rek...lebih pinter.

    BalasHapus
  5. Ponakan saya juga sering nyita laptop saya. Dan yang lebih nyebelin dia hobinya mencet tombol power, seneng liat laptop mati idup mati idup.

    BalasHapus
  6. hemm pakai nongkrong segala. itu tuh kaki satunya di naikin di atas paha hehe pasti niru tingkah bapaknya :D

    BalasHapus
  7. hahaha, wah asik tuh nangkring di atas laptop, sepertinya buah tidak jatuh jauh dari pohonnya sob, wew , hihihihi :D

    BalasHapus
  8. wkkwwkwkwk mangkanya zaman sekarang itu dah pada makin pinter semua, saking pinternya laptop saja sampe di dudukin wkwkw

    BalasHapus
  9. wah emang pak anak jaman sekarang, bagus juga sih pak pengenalan alat-alat seperti itu, tapi hati-hati juga dengan dampak negatif yang dapat di timbulkannya pak :)

    BalasHapus
  10. aku dulu SMA baru pinter komputer mas haha

    BalasHapus
  11. gileee...diancam mau dipipisin tuh laptopnya :D

    BalasHapus
  12. bapak e koyo opo biyen mbelinge.... #dipertanyakan#..???

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena