06 April 2012

Kabur Maning

#Semua Umur

Awalnya aku masih bisa menerima penundaan cuti dengan alasan proyek cctv di site harus kelar dulu. Beres pasang kamera, server dan seting untuk remote aku datangi HRD minta tiket pulang. Bukan akomodasi yang aku dapatkan, melainkan penundaan cuti lagi dengan dalih big bos dari Jakarta mau datang ke site.

Begitu bos datang, aku laporkan semua pekerjaan termasuk satu kekurangannya. Ada satu kamera di pelabuhan yang kurang efektif karena sedikit tertutup pucuk pohon. Sebelumnya aku pernah minta tukang setempat untuk memangkas ranting-rantingnya. Namun tidak ada yang mau mengerjakan, katanya pohon tersebut ada hantunya. Maksudku laporan ke bos tuh biar beliau yang perintah langsung ke tukang. Eh, jebul kisahnya malah jadi gini, "kalo ga ada yang berani, ya kamu potong sendiri dong..."
Akhirnya IT yang multi profesi ketambahan tugas, jadi tukang tebang pohon...

Beres itu aku pertanyakan lagi soal cuti ke HRD. Kali ini dapat jawaban, Jakarta melarang staf IT meninggalkan site bareng-bareng. Aku tidak boleh pulang, karena saat ini ada 2 staf IT yang pergi ke Jakarta. Pokoknya harus gantian agar di site tidak ada kekosongan petugas.

Mendengar itu, langsung sakit kepalaku. Gimana aku bisa gantian, orang 2 temenku itu bukan lagi pulang sementara melainkan memang ditarik ke kantor Jakarta. Aku jawab gitu, si bos kecil malah ngomel katanya ga tau urusan itu. Aku bilang yang comot mereka dari site tuh bos kecil lainnya, eh dia ga mau tau.

Begini neh ribetnya kalo kerja di perusahaan keluarga yang setiap kakak, adik, keponakan dan kroni merasa punya kuasa tanpa mau tau tercantum di struktur apa engga.

Perlu waktu agak lama sampe dicomotnya 2 stafku itu bisa rada diterima. Aku pikir sudah beres masalah dan aku bisa dapat tiket. Eh, dari HRD kasih tau lagi kalo dari Jakarta keluar instruksi baru. Aku boleh pulang asal satu orang karyawan bagian hauling sudah dipindahkan dari workshop ke pelabuhan.

Tambah mumet kepalaku dengan pernyataan-pernyataan yang makin tak masuk akal. Apa urusannya cuti staf IT dan mutasi karyawan hauling. Yang mau pulang bagian ngurusin internet, yang mau dipindahin bagian ngurus truk angkutan batu bara.

Kalo sudah gini aku dah males banget buat basa basi. Langsung sajaaku ke kota beli tiket pesawat buat besok paginya. Dari situ aku langsung nemuin HRD dan sodorkan kuitansi pembelian tiket Banjarmasin - Jogja sambil ngomong, "pokoknya besok pagi aku pulang kampung. Soal duit tiket, mau diganti syukur, engga juga gapapa. Tapi kalo ga diganti, jangan harap aku balik lagi kemari..."

Serah terima kerjaan dengan stafku yang tersisa, balik ke mess beres-beres pakaian, trus cabut dah ke Banjarmasin pakai travel.

Baru saja menikmati damainya kampung halaman, juragan HRD nelpon kasih tahu kalo dana tiket kemarin sudah cair dan aku harus balik ke site setelah cuti selesai. Disambung curhat begini, "Istriku mau operasi angkat kandungan, tapi aku tidak dapat ijin cuti. Gimana ya, kang..?"

Ga bisa jawab dah...
Mau bilang kabur kok kayaknya ga tega...




14 comments:

  1. istrinya mau operasi mas? kenapa?
    kadang kantor mang gitu suka susah ngasih cuti

    BalasHapus
  2. pindah kerja ke jakarta saja kang :D

    BalasHapus
  3. Asik, kalau memang niatnya sudah pulang ya harus berani kabur, tak mungkin perusahaan mengeluarkan, karena sulit cari pegawai seperti sampeyan hehe

    BalasHapus
  4. semoga operasinya isterinya diberi kemudahan ya mas, amin.

    BalasHapus
  5. Wah...mas...susah juga ya kerja kalau big boz nya punya banyak kaki tangan. Semoga istrinya baik-baik saja ya.

    BalasHapus
  6. Hahaha..lagi2 kerjaannya bermasalah :D
    Hmmm...udah mas, resign aja, wkwkwkkw... :))
    Oh..ya, kalo ada unsur KKN gitu ya emang bakalan ribet :D

    BalasHapus
  7. Huah kok hampir sama yah dengan kantor lamaku. Tapi sepertinya mas beban nya lebih besar. Bisnis keluarga memang gitu, ada semacam peraturan tak tertulis yang baru ketahuan saat kita langgar.

    Kadang kita perlu ngancem juga biar bisa dapat ijin cuti. Mereka yang di pusat sih enak, ga ngerasain menderitanya hidup di site.

    BalasHapus
  8. alaaamaak serba serbi dunia kerja.. sebenernya sama kondisinya, tapi kalo aku sih ngabuur aja. peduli amiiit

    BalasHapus
  9. digertak ya mas, bisa jadi kunci kalau mau pulang dong hehehe

    BalasHapus
  10. untunglah bos ku tak seperti itu :)
    bener-bener perlu perjuangan ya mau pulang kampung aja.

    BalasHapus
  11. makanya pakai nama tu mbok jangan 'Rawins Mumet' lha mumet tenan tho, piye jal? gek ndang ganti nama kono...

    BalasHapus
  12. kabooooor........
    tindakan seperti itu memang diperlukan pada saat2 tepat.
    jadi kapan mau kabur lagi?

    BalasHapus
  13. wewww mau operasi neh istrinya. semoga lancar2 saja ya browww
    perusahaan emang kadang2 susah kasih karyawannya kasih cuti

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena