09 Juni 2015

Bukan SEOrang Kapiten

#Semua Umur

Dalam jurnal sebelumnya soal SEO, aku dah ngaku dengan jujur kalo aku ga ngerti yang begituan. Namun tetap saja ada yang ngeyel lewat japri minta dihajarin...

Tujuanku ngeblog cuma buat buang unek-unek doang. Ga ada tulisan bermutu yang pantas dibanggakan makanya aku ga pernah peduli ada pengunjung apa engga.

Lagian dalam opiniku SEO itu membingungkan...

Bung SEO Adam pernah kasih bocoran dua hal, yaitu : Pertama, agar banyak pengunjung blog harus masuk ke indeks pencarian google. Kedua, agar terindeks oleh google blog harus banyak pengunjung. 
Ini kan mbulet kaya pertanyaan duluan mana telur sama ayam...

Walau bukan untuk SEO
Aku ada satu pengalaman yang mungkin berguna untuk teman-teman penggila SEO. 

Aku punya dua blog...
Pertama blog ga jelas ini yang pengunjungnya datang dari blogwalking alias kunjungan balasan. Kedua, blog tentang tutorial komputer yang tak pernah aku gunakan sebagai alamat saat blogwalking. Namun saat aku keluyuran di yahoo answers atau menjawab pertanyaan di forum-forum komputer, blog kedua selalu aku jadikan link sumber.

Ketika aku rajin blogwalking dan masuk forum, pengunjung keduanya bisa dibilang seimbang. Namun ketika aku berhenti jalan-jalan, blog ini pengunjungnya turun drastis sementara blog satunya yang promo di forum justru bertambah.

Dari sini bisa aku simpulkan, bahwa pengunjung yang datang dari blogwalking cenderung bersifat basa basi. Dengan kata lain, kunjungan dilakukan sekedar balas budi dan tidak ada ketertarikan dengan konten blog. Kita ga berkunjung ya jangan harap ada kunjungan balik.

Sedangkan pengunjung yang datang dari forum, mereka datang karena benar-benar tertarik dengan konten blog. Apalagi ketika segala pertanyaannya dilayani dengan baik. Saat mencari-cari sesuatu mereka akan datang dan datang lagi. Pengunjung tipe ini bisa diandalkan untuk mendongkrak ketenaran blog karena bersifat unik, memiliki minat terhadap konten dan tingkat bouncing-nya rendah.

Jadi tinggal dilihat kebutuhannya. Kalo gila komen, carilah pengunjung tipe pertama. Kalo butuh impression tinggi, carilah pengunjung jenis kedua yang lebih suka jadi silent reader tapi sekali nanya bakalan detil dan kadang merepotkan menjawabnya kalo kita tak benar-benar siap dengan materinya.

Gitu ajalah pengalamanku...
Jangan nanya-nanya SEO lagi lewat japri ya...
Aku bukan SEOrang Kapiten...


41 comments:

  1. Hahahaha. Kang, aku mampir nggen e sampean iki karena seneng. Dudu basa basi. Wkwkwkwk. *langaung ngerasa ditunjuk.

    Maturnuwun tips e Kang. :P
    *bukanbasabasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aahh..om Dani..
      Mo pertamax malah dapet keduax..
      Gagal maning..

      Hapus
    2. Waduh engga nunjuk om dani kok
      Nunjuk si bebek.. :D

      Hapus
  2. Eniwei, maap aku agak kapok main ke blog yang iklannya lebih banyak daripada isi artikelnya.. Jadi ilpil dan males balik..
    Aku nongkrong di blog yg bersih aja kayak ini lah.. *sambil ngopi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih aja kopi-nya doang, orang gulanya habis gimana coba ?

      Hapus
    2. Kalo gulanya abis, ngopinya sambil liat poto si bebek tar juga manis
      *kalo ga malah muntah :D

      Hapus
  3. Eh aku langganan blog mu lho lewat Feedly. Jd aku slalu baca postinganmu bkn krn kunjungan balasan, hehehe. Meski ga selalu komen sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi maaf kalo aku juga semaunya sendiri soal berkunjung
      Ga bisa empat kali empat harus dibalas...

      Hapus
  4. Memang kalau komen selalu di balas Kang ? aku rasa sih tidak juga. Itu tinggal gimana kita membangun komunikasi yang baik.dengan silaturahmi yang tulus aja. Mau di balas syukur tidak ya udah. Kalau masalah SEO itu sih tinggal tergantung pilihan dan kebutuhan aja. Kalau kita ke sini cuman butuh kopi aja sama ngebanyol. wkwkwwkwkwkwkwkwk....... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk yang di lapak sebelah menurutku harus, pak
      Karena komen yang masuk rata-rata ngajak diskusi tentang masalah yang dia alami dan sesuai dengan artikelnya. Fungsi edukasi termasuk mengedukasi diri sendiri lebih dominan ga kaya di blog narjis ini, hehe

      Hapus
  5. Kalo saya ya Lik ya, sering mampir ke sini bukan karena pengen dikunjungi balik, tapi karena tulusan panjenengan yang ngangeni dan unik.

    E la dalah, sejak kapan saya manggil Pak Raw dg Lik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadeuh...
      Tulisan unik..? Anak babi dong, hahah

      Hapus
    2. waduh ... gak sedang ngidam khan mbak KK ... :)

      Hapus
    3. Ojo ngomongin ngidam..ntar ada yang sensi..

      Hapus
  6. Yayayaya gaya bahasa yang lugas ciri khas Om Rawins ni ....
    SEO mah udah ga maen bang ya. Kita mah cari kegiatan aja diblog curat coret gajelas juga. yang penting bsa bersilaturahmi sesama blogger ... :)

    baru blogwalking setlah sekian tahun ga ngeblog bang ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hei, om...
      Kemana aja lama nian menghilang dari dunia persilatan..?

      Hapus
  7. aku ngeneh arep ngajak meng hongkong lik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan, lik
      Lagi pengin ketemu jekicen

      Hapus
  8. Biar SEO di share ke G+ sebanyak 250 kali mas ... hahaha... mumet - mumet dah temennya xixix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia yang suka posting borongan
      Mana nih tersangka satunya lagi, haha

      Hapus
  9. saya berkunjung sekdar silaturahmi hehehe. Gak ngerti SEO juga, yang penting ngeblog, bw ikhlas udah gitu aja , gak dibalaspun tak apa :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semestinya semua blogger kaya bue Pascal, bakal damai dunia...

      Hapus
  10. mas ajarin aku SEO dong.. *nodong di komen* . Kalo aku sih yah datang ke blogmu yang ini sih seperti sudah kewajiban tiap aku pengen blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku lebih blogwalking lebih banyak ikutin yang nongol di dashboard
      Itu pun kalo sempat, hehe

      Hapus
    2. dasbod mobil it 69 ya lik?

      Hapus
  11. Ajarin SEO kaaaaaang! *ngajakribut*

    Pengunjung yang pas bewe sering komen "ditunggu kunjungan baliknya" malah bikin males liat blognya :D

    Alamat blog yang kedua apa kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog kedua..?
      Itu dulu, yu...
      Sekarang selingkuhannya sama blog narsis, hehe

      Hapus
  12. Mampir ke sini itu Om tombo mumet. Artine, lek pas mumet mood jelek banget trs tiba di sini jdny balik seger lg. Dr baca yg awalny serius tau2 cekikikan mesem2 mandengi layar hp.


    Lagian klo byk pengunjung tp komene g nyambung sakitnya tuh dijidat Om #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooh berarti kesini kalo lagi betmut doang kah..?
      Hihih

      Hapus
  13. ahahahaha...
    beginian seo ya.... :3

    saya baru tahu -_-

    BalasHapus
  14. Aduh ... panas wetengku .... ngekek ah ... :D

    BalasHapus
  15. Gausah komentar ah,ndak dikira basa basi. Cuma seneng baca tulisane mas yg jujur n lucu,hehehe.

    BalasHapus
  16. Kita ga berkunjung ya jangan harap ada kunjungan balik.

    Setuju KAng..

    BalasHapus
  17. keren artikelnya kak,mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran untuk menaikan traffic jualan saya www.vnfclothing.com

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena