18 Juni 2013

Pasang Foto Profil di Android

#Semua Umur

Masih tentang si Defy...

Tutorial tentang android di internet begitu banyak. Belajar instal aplikasi sampai belajar ngurut pun berjalan lancar. Pokoknya pede abis deh ga bakalan dikomplen anak-anak lagi saat pulang nanti.

Biar begitu, sempat diplonco semalam suntuk sama si Defy. Setelah mencoba masukin foto profil kontak, waktu smsan foto orang lain muncul tapi foto sendiri tidak. Sepele tapi bikin penasaran.

Ngubek-ubek internet nemu kenyataan bahwa beda merk beda pula cara masangnya. Repotnya sudah coba bermacam kata kunci tidak juga nemu tutorialnya. Setelah mencoba keyword bahasa Inggris, ketahuan deh kalo orang lain juga banyak yang mendapatkan masalah serupa.

Beragam cara dicoba tetap gagal terbentur masalah perbedaan tipe perangkat. Sampai akhirnya nemu artikel bahwa foto profil sendiri itu berkaitan dengan penomoran kartu SIM yang semestinya terbaca oleh perangkat secara otomatis.

Buruan cek melalui Setting -> About Phone -> Status dan menemukan kenyataan bahwa nomor telepon tidak dikenali oleh perangkat. My Phone Number tertulis Unknown.



Cari-cari artikel lagi tentang cara mengubah atau memasukan nomor tidak ada hasil. Ada yang kasih tahu pakai aplikasi My Phone Number. Mencoba instal dari Play Store ternyata error. Pengembangnya sendiri menyatakan bahwa dia sudah angkat tangan untuk mengatasi bug yang ada.



Inget jaman ga enak waktu masih pake Siemens M35, my own number bisa diseting dari kontak. Aku cari-cari fasilitas itu di Defy tidak juga ditemukan. Habis itu gerilya dari satu teman ke teman yang lain cari hape yang bisa seting nomor pribadi. 

Ketemu deh di iPhone. Aku masukan kartu SIM-ku kesana, masuk ke Setting -> Phone. Setelah itu, kartu SIM aku balikin ke Defy dan cek status lagi. Kali ini nomorku tidak Unknown lagi.



Cek ke perpesanan. Kalo sebelumnya pesanku yang dikasih nama Me dilogoin kotak abu-abu yang ga bisa di apa-apain, sekarang jadi ada logo android.



Aku klik logo di sebelah tulisan Me, masuk deh ke Contact. Masukin nomorku ke Contact lalu kasih foto. Buka percakapan sms lagi dan akhirnya hadir juga fotoku disana




Ada pengalaman lain..?



Intinya
Sesuatu yang sepele pun seringkali jadi teka-teki mengasyikan untuk dipecahkan. Padahal apalah artinya foto sendiri di hape sendiri yang akan kita lihat sendiri pula...



61 comments:

  1. info bagus nih bro buat yang punya android,,sayangnya android saya kurang lengkap ,maklum yang murah meriah hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semula aku malah ga kepikiran pake hape canggih
      gara gara anak-anak saja jadi maksa beli buat belajar :D

      Hapus
  2. Saya malah baru tau kalo di iPhone bisa setting nomor kartu kita, hahaa...
    Tapi sayang, belum punya android mas.
    Belum tertarik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ga ngerti kenapa hape sekarang jarang punya fasilitas itu. padahal di hape hape jadul ada, om...

      Hapus
    2. fasilitas tempat duduk juga ada katanya ya

      Hapus
  3. Ceritane mirip pengalamanku Mas...

    BalasHapus
  4. foto-nya apik dan menawan..ahhhaayyyyy :-)

    BalasHapus
  5. wih saya malah baru tau nih sob... hehehe maklum (rong patek paham karo jeroan android) hehehe.

    makasih mas rawin.. ntra tak cariin dech tempatnya dan tak praktekin tipsnya di atas... matorsuwon....

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi aku, om...
      ini lagi maksa belajar cepet. pegang android baru berapa hari...

      Hapus
  6. Untuk sementara aku simpen dulu, sampai punya android, baru nanti aku praktekkan.

    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nulis ini aja takut lupa, pak..
      kayaknya ga bakalan lama bakal diwarisin ni hape
      repot ngetiknya..

      Hapus
  7. selamat malam Sob,,,waah saya sama sekali belum pernah menggunakan Android Sob, HP saya masih HP butut yang sudah sangat Tua...hmm kasian yaa saya...

    BalasHapus
  8. Terima kasih lho Mas Rawins, dikasih tahu caranya, Androidku cuman untuk sms, telpon, ma main game crazy bird kang, liyane asli gawan pabrik,..

    BalasHapus
  9. wah bagus nih, ane baru tahu kalo fotonya bisa diubah-ubah sesuai selera kita.

    BalasHapus
  10. gak ada pengalaman lain. emang gitu caranya. kalo sy nampilin photo hy untuk nomor2 keluarga. biar tambah deket rasanya kalo ditelpon/sms

    BalasHapus
  11. jadi pengen hape android nih. iri sekali, hapeku masih simbyan

    BalasHapus
  12. hehee...pakai android sukanya salah2x terus.
    mending hp biasa...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga sudah biasa pastilah lancar...

      Hapus
  13. android saya dari beli belum ada fotonya hehehe males padahal punya suami ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dikasih lah buat orang orang terdekat...

      Hapus
  14. ketinggal jaman diriku nih, nyimak dulu nih... belum punya android nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wong udah pake ipun untuk apa andruit..?

      Hapus
  15. heisss, hapenya si deffy toh?
    gak sekalian yang AGM bang?
    kontraktor beneran tuh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tar pesen agm malah dikasih misile gimana..?

      Hapus
  16. ikut nyimak ah ...

    BalasHapus
  17. saya pake hape onta buluk jadi gak paham om hohoho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting tidak nelpon pake bluluk...

      Hapus
  18. Padahal apalah artinya foto sendiri di hape sendiri yang akan kita lihat sendiri pula...

    >> huehehe tp klo penasaran, bakal susah tidur kan? (iya gak sih?? :)) ) btw oot ye: itu nama temennya DOGLAS apa DOUGLAS ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya jugalagi belajar bu...
      haha nama panggilannya dog makanya jadi doglas biar ga terlalu vulgar

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena