27 Agustus 2012

Capcay


#Semua Umur

CAPTCHA alias Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart sebenarnya sesuatu yang mulia asalkan kita melakukannya dengan benar. Sayangnya buat kebanyakan orang termasuk aku, capcay ini justru jadi momok yang menyebalkan.



Saat menemukan blogger yang ga mau buang verifikasi kata, aku sering ngakalin hanya memasukan kata kontrol saja. Kata dummy ga dimasukin atau diketik asal. Memang cepet walau sebenarnya mengacaukan tujuan baik proyek re-captcha milik google ini.

Terlepas dari baik atau tidaknya proyek tersebut, buatku lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya. Capcay blogger sekarang makin ribet. Mau komen pendek saja bisa sampai beberapa kali mencoba. Paling sedih kalo internet lagi lemot atau buka dari hape. Terasa bener penganiayaan teman ke orang yang mau bersilaturahmi. Efek buruk paling terasa adalah, aku jadi suka misuh-misuh sendiri ketika harus mencoba berulang kali.

Kalo alasannya mencegah spam, kayaknya tak sulit kita lakukan dari dashboard. Aku lebih menghargai yang memoderasi komen daripada yang pasang capcay. Orang mau berteman saja kok dibikin ribet. Fakta mengatakan, selama 6 tahun blog ini berdiri, tak banyak spam robot yang masuk. Kalopun ada adalah spammer manual yang dilakukan oleh manusia pencari backlink.

Masalah lain yang paling sering membuat aku gagal melewati capcay adalah kebiasaan ngasih 3 titik di akhir ketikan. Soalnya itu refleks dan dilakukan tanpa disadari. Atau semacam sidik jari bawaan orok yang terjadi di alam bawah sadar. Orang Jawa mungkin mengatakannya sebagai sawan. Tapi bukan sawan celeng loh... 

Suka capcay apa enggak terserah masing-masing deh. Cuman sudah mulai kepikiran untuk mengeluarkan capcayer dari reading list. Terlalu kejam gak sih..?

Penjelasan teknis mengenai proyek capcay dan cara mengakalinya pernah aku tulis di jurnal Recaptcha...

52 comments:

  1. Saya termasuk yg sebel juga sama capcay ini. Bikin mata micing2 menebak bentuk abstrak dari huruf dan angka. Eh,ngomong2 kalo komen di blog saya capcaynya off, kan? jangan-jangan.... :D

    BalasHapus
  2. haha..ternyata bukan cuma saya yg misuh2! Semalam saya komen di teman2 yg ada Capcay-nya. Seperti biasa..saya ga bisa nebak apa huruf yg muncul! Walhasil..selalu Gagal!

    BalasHapus
  3. saya lebih suka berteman dengan teman yang itunya terbuka..... tanpa capta...

    BalasHapus
  4. waktu dulu aku mulai pasang verifikasi itu sih blom susah2 amat, kyknya skrg jd makin sulit yah? itu aja udah ada 2 org yg protes sama verifikasi aku, baru aja tuh di hilangin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maap kalo gue komplen mulu
      abisnya blog ente menarik tapi komengnya susah, hehe

      Hapus
  5. Belakangan captcha di blogger susah @.@
    Aku sering ampe tiga kali gagal terus... berasa buta huruf T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku rekor di tempate mila
      masa sampe 12 kali
      hehe pekok...

      Hapus
  6. Iya juga sih, saya juga suka ribet kalo nemuin kolom komentar dengan bonus dikasih capcay, saya pernah gak jadi komen karena setelah beberapa kali dicoba, ehh bungkus capcay nya masih gak kebuka juga. -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga jadi komen doang sih gapapa
      kadang suka uring uringan tanpa sadar, hehe

      Hapus
    2. Dan keluar deh tuh kata-kata mutiaranya haha...

      Hapus
    3. hahaha bener juga ya
      kata mutiara kayaknya lebih tepat

      Hapus
    4. Dan maaf ya kalo sekarang komentar di blog saya gak bakal dikasih capcay lagi hihihi...

      Hapus
    5. gapapa asal dikasih minum dan kue saat bertandang, hehe

      Hapus
  7. iya sekarang captchanya google susah.. karena sebenarnya ini adalah program google untuk bisnis mencari kata kata jelek hasil scanning.. dan kita para blogger untuk menverifikasi kata kata hasil scan itu. jadi verikator adalah kita para blogger hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal bisa pake yang simpel kaya di wordpress ya
      cuma klik sekali doang

      Hapus
  8. Blog detik capcaynya yang paling parah. Dan heran teman-teman yg ngeblog disana gak merasa kasihan kepada kita ya..Pengen silaturahim mesti berdarah-darah dulu hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul banget
      aku aja dah merelakan teman teman di blogdetik ga pernah nyamperin

      Hapus
  9. aku kurang suka capcay aku suka nya cakangkung!! eh tp pernah loh pas wktu mau komen sebuah blog msti sampe 7 kali ngetik captcha rasanya keritiing jari

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ca kangkung bikin keriting mata tuh
      bawaannya ngantuk mulu...

      Hapus
    2. tapi enaak bro!!! apalgi makan sama cumi goreng dan ikan goreng toppp!!!! tahu tempe!!

      Hapus
    3. udah udah udaah...
      jangan terlalu banyak ceritain makanan enak disini
      jadi sedih. hiks...

      Hapus
    4. hahahhaa kasian..kasian...kasian...aku bru dpt gudeg loh mas!!!! itu tuh enk bngt apalagi smbal krecek nya (*lanjut mode on hhee)
      btw ak mau nanya mas...cara ngatur blog supaya posting tulisan kita tuh ada baca selanjutnya tuh gmn sih? kyk gini nih http://pesekmaniacs.blogspot.com/

      Hapus
    5. oooh bikin readmore...
      ada tiga macam cara.

      pertama cari templet yang memang dah dibikin pake read more. jadinya praktis, ga ribet, tinggal pake. masalahnya cuma templetnya cocok ga dengan selera

      kedua dibikin waktu posting. di editor cari tombol insert jump break. posisinya dibawah tab edit html diantara icon insert video dan alignment (perataan). caranya kalo sudah selesai ngetik, letakan cursor di bagian yang akan dipotong, lalu klik tombol insert jump break tadi. yang akan muncul di homepage adalah tulisan yang diatas jump break, yang dibawahnya diumpetin.

      ketiga agak rumit karena harus edit html template. cari aja scriptnya di google pake keyword pasang read more di blogger. soalnya kalo ditulis disini tar kepanjangan. hehe...

      semoga sukses non...

      Hapus
    6. hehehehe udh bisa mas!!!! ak pake cara ke 2 mas!!!!sukses banget beneran!!!!

      Hapus
    7. seep seep...
      berteman yang yang cerdas memang menyenangkan...

      Hapus
  10. kalau aku sukanya capcay mas hehehe lagi lapar nih. blogku gak ada capcaynya loh cuma dimoderasi aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog yang pasang foto capcay juga nyebelin
      bikin ngiler, bu...

      Hapus
  11. idem, aku juga ngga suka kalo ada captcha gitu..,, kaya yang punya itu blog`nya rame banget sampe ada spam sgala macem...,;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasang capcay emang blognya suka rame
      rame kebanyakan widget sampe lemot ngebukanya...

      Hapus
  12. aq mpe berkali kali pernah.
    akhirnya nggak jadi koment.
    males :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. rada susah kalo nemunya di blog yang menarik dan pengen nanya nanya
      akhirnya jadi pembaca sunyi...

      Hapus
  13. Aaaaaa perasaanku samak!
    Captca itu bikin ribet banget :( apalagi kalau lagi baca dari ponsel touch screen. Doh, ngerepotin banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sebel suka banting hape gak..?
      kalo suka tar aku nungguin di deketnya deh
      hehe

      Hapus
  14. capcay blogger sekarang musti ikut ditulis juga angkanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah
      pantesan aku ketik kata kontrolnya doang selalu gagal
      memang bisa diakali kita ketik asal, tapi tetep mending ga pake

      Hapus
  15. ndak perlu segitunya sih ngeluarin dari reading list... :D

    tapi capcay mmg menjengkelkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ribet bro
      abisnya aku lebih banyak berkunjung melalui reading list a

      Hapus
  16. ane udah ninggalin capcay sobat

    BalasHapus
  17. msti pusing klo lht capcay, mata berkunang2 n skit kpla.. untng g pingsan.. :D *alay

    BalasHapus
  18. maap om ane gak bermaksud memutuskan tali silaturahmi ama om, tapi di blog ane emang banyak banget komentar spam, soalnya itu blog bakal cari sampingan online xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau aman, harusnya dipisahin dong antara toko dan ruang tamu...
      hehe

      Hapus
  19. Toko dan ruang tamu? Mantep bahasane mas, hhihi, sudah berusaha belajar untuk itu, tapi dari dulu toko juga ngga ada jual capcay, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. toko dan ruang tamu..?
      wah jadi dapat ide bikin jurnal neh
      makasih om..

      Hapus
  20. . . waduch,, ada capcay nich. kayaknya enak juga tuch. he..86x. upzZz,, itu kok ada bahasa arab nya?!? emmmmmmmmmm,, . .

    BalasHapus
  21. etdah itu captchanya pake bahasa arab? :O wkwkwk gaul hehe.. rada sebel juga sih sama captcha apalagi kalo nulisnya salam mulu gitu -...-

    BalasHapus
  22. ane sepakat sob....kenalan aja dibikin ribet....apalagi tahun 2015 ini makin ribet aja cari backlink....hehehehe......mantab sob blognya udah PR 2 n salam kenal.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena