31 Agustus 2012

Kerja di Pedalaman

#17++

Ketemu teman lama di pesbuk yang nanya-nanya kerjaan katanya lagi nganggur. Nanyanya semangat banget tapi begitu aku bilang kerja di Kalimantan, dia malah mundur teratur bilang ogah.

Pemikiran semacam ini begitu sering aku temukan dari teman-teman di Jawa. Sudah mengakui kalo di Jawa susah buka usaha atau cari kerjaan dengan penghasilan memadai, tapi untuk mengadu nasib ke luar Jawa yang notabene luas peluang katanya enggan. Lebih susahnya lagi, mereka banyak yang pilih-pilih kerjaan sampai aku balik nanya, "niatnya cari kerja apa cari nafkah buat keluarga..?"

Apalagi setelah tahu lokasi kerjaku di pedalaman yang terisolir dari peradaban. Bukan cuma enggan yang muncul tapi juga rasa ketakutan. Bisa jadi informasi yang mereka terima cuma sepotong-sepotong dan lebih banyak berbau mitos. Makanya yang terkesan tentang Kalimantan adalah dunia biadab yang menakutkan. Tentang hal ini pernah aku tulis di jurnal Mitos Gadis Dayak.

Temanku juga bertanya, apa ga bete hidup jarang hiburan. Kalo yang dimaksud hiburan adalah dugem atau makan enak, ya jangan masuk hutan dong. Kota-kota disini kondisinya ga beda jauh dengan di Jawa. Cuma memang rada beda di tingkat keramaiannya saja. Ibukota kabupaten di pedalaman mungkin kalah rame dibanding kota kecamatan di Jawa. Tapi buatku pribadi sih ga masalah, karena buatku hiburan adalah soal suasana hati, bukan tentang keramaian.

Ada banyak nilai tambah yang aku dapatkan saat bekerja di pedalaman dibanding kerja di kota. Kebutuhan sehari-hari terutama makanan disini harganya lumayan tinggi. Biasa makan nasi kucing di Jogja 2000 perak kenyang, disini mie instan disiram air panas tanpa telur bisa 10 ribu. Makanya aku malas jajan atau makan di luar, toh kebutuhan makan sudah disediakan di mess karyawan.

Karena jarang turun ke kota, tiap bulan aku cuma dijatah 500 ribu oleh ibue Citra dan itu cukup orang paling beli sabun doang. Gaji dari kantor Jakarta langsung masuk ke rekening ibue lalu ibue transfer uang jajan itu ke rekeningku. Kalo posisinya dibalik, gaji masuk ke aku dulu bakalan ribet waktu kirim ke rumah, kecuali punya internet atau sms banking. ATM cuma ada satu dua itupun jauh di kota kabupaten. Sedihnya ATM sering error karena listrik mati atau internet putus atau uangnya kosong.

Selain makan, urusan cuci setrika pakaian juga sudah ada yang nangani. Saat pulang cuti pun tiket dan akomodasi pp ditanggung kantor. Ga perlu ribet lagi atau bingung dengan harga tiket yang melambung tinggi di saat-saat tertentu seperti lebaran misalnya. Jatah cuti ini bervariasi tergantung negosiasi saat tanda tangan perjanjian kerja. Ada yang dapat tiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan setahun pun ada. Aku sendiri dapat rooster 10 : 2 yang artinya tiap 10 minggu kerja aku dapat cuti 2 minggu. Soal nego ini pernah aku tulis di jurnal Negosiasi Kerja di Pertambangan.

Cuti semacam ini menguntungkan buat yang gemar traveling. Karena ga ngikutin pola liburan umum, aku bisa damai jalan-jalan bareng keluarga di luar musim liburan. Ini lumayan menekan biaya karena jalanan tidak macet, tarif hotel dan harga makanan juga dalam posisi low cost. Perlu diingat, pekerja semacam aku setiap cuti selalu mengidap sindrom pulang kampung. Maunya jalan-jalan melulu. Lihat makanan apa rasanya enak. Jadi boros kalo keluyuran saat peak season.

Dikelilingi hutan

Fasilitas hiburan di site memang terbatas. Tapi bukan berarti harus bete. Sarana olah raga biasanya jadi standar di mess karyawan walau sekedar meja pingpong atau lapangan badminton. Sinyal hape yang timbul tenggelam bisa disubsidi silang dengan internet yang lumayan ngebut. Sinyal wifi bertebaran sampai ke mess.

Pokoknya tanpa harus keluar site, hiburan sebenarnya cukup. Kecuali memang hobi dugem itu sih beda lagi. Warung-warung jablay selalu ada di sekitar site tambang dengan kualitas ala kadarnya. Kalo pengen yang keren, mau ga mau harus turun ke kota besar. Tapi buatku sama juga bohong. Sudah biayanya mahal, perjalanan ke Banjarmasin makan waktu 6 jam dari sini. Niat buang sebel, hasilnya ga sebanding dengan pegelnya. Mendingan ngeblog yang halalan toyibah deh.

Rasa ga enak paling kerasa adalah jauh dari keluarga. Ketemu anak istri 3 bulan sekali. Namun buatku masih lebih bagus ketimbang kerja di luar negeri yang baru bisa pulang paling cepet 2 tahun sekali. Sudah ngempetnya lama, pulang ngongkos sendiri. Lebih ga enak lagi begitu sampai rumah malah dipanggil "om" oleh anaknya. 
Hiks...

Teman seperjuangan

Bawa keluarga pun ga masalah. Namun keluarga ga boleh dibawa ke mess, jadinya harus ngontrak rumah bayar sendiri. Kecuali yang punya jabatan tertentu memang ada tunjangan untuk itu. Ngontrak di kota bayarnya mahal. Ngontrak deket site nyamuknya minta ampun dan harus bisa menyiapkan istri agar mau tinggal di tepi hutan. Apalagi kalo istri sudah begitu akut ketergantungannya kepada listrik. Paling tidak harus nyiapin genset karena disini listrik sering banget padam. Padahal BBM disini susah didapat dan harganya bisa sampai 10 ribu per liter.

Tingginya biaya hidup dan minimnya prasarana membuat wacana bawa keluarga aku coret dari catatan. Itung-itungannya jadi sama saja dengan aku tinggal dan kerja di Jawa dengan gaji 2 juta. Posisi sekarang kayaknya paling tepat karena niatnya kumpul-kumpul dana untuk masa depan anak-anak. Kerja di Kalimantan yang standar penghasilannya lumayan dan keluarga hidup di Jogja yang biaya hidupnya murah meriah.

Sudah aku timbang-timbang enak dan enggaknya. Sampai saat ini masih lebih banyak manfaat ketimbang mudharatnya. Soal harus ngempet kebutuhan biologis itu sih sudah resiko yang sebanding dengan hasil yang didapat. Toh soal itu sudah ada jalan keluarnya dari petuah super Mario Mumet. Di rumah, istri adalah tangan kanan suami. Saat di hutan, tangan kanan adalah istri bagi suami. 
Sesat...

No komen

Tak perlu bersedih. Toh aku tidak sendiri. Banyak teman-teman senasib seperjuangan yang selalu mendendangkan balada sabuners. Sampai-sampai doa mau mandi juga termodifikasi dengan sendirinya. Lindungilah kami dari godaan setan yang berbusa...

Halah...
Dah ah, mulai ngelantur gak jelas
Maap, sindrom pengen cuti mulai menginfeksi

50 comments:

  1. hahaha ... masih aja neh maen busa ... ane mau ikutan nyuci juga ah sob:D

    mundur teratur, padahal baru denger segitu doang ya, hihihihy, udah ketauan tuh sob, punya mental berapa banyak dia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan ngebayangin tanpa mau nyoba dulu
      rasa was was saat mau masuk lingkungan baru semua orang juga punya
      tapi bayangan kan suka jauh dari kenyataan...

      Hapus
  2. ha ha ... di alinea teakhir ngakak saya =))
    Tapi asyik juga jauh dari keluarga .. giliran pulang kita sibuk ngatur waktu dan ngatur perasaan .. antara ngumpul dengan keluarga dan ngumpul dengan tempat nongkrong he he ...
    Trims.
    Salam kenal sob :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sih. tapi 2 minggu tuh terasa banget pendeknya
      relatifitas waktu kali ya..?

      Hapus
  3. hihihi iya tuh banyak kejadian anak sendiri menyebut bapaknya dengan sebutan om

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang begitu bu. temen-temen yang jadi tki tuh kebanyakan
      waktu berangkat anak masih bayi, begitu pulang 2 taun berikutnya
      anak gak kenal bapaknya.
      adalagi yang suka video chat
      kalo ditanya bapaknya mana, si anak nunjuk ke komputer

      Hapus
  4. asik yaa... kocak... suka dukanya dapet.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana-mana kan selalu begitu
      ada suka ada duka, ada manis ada paitnya

      Hapus
  5. ternyata ada yang lebih nelangsa dari pada diriku... sing kuat massss (ngocoke?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasyaaaaah....
      yang penting ga sampe bikin blognya soewoeng, bro...

      Hapus
  6. Belum pernah ke kalimantan, tapi kayaknya gak jauh2 dengan sumatra ya sob. Kalau sumatra sih sering saya, sama suka mati listrik juga hehhee...

    Tulisan kecil digambar bikin ketawa aja kang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal posisinya di luar jawa, kayaknya masalahnya sama deh
      salah siapa..?

      Hapus
    2. masih mending kamu Win di tambang,aku di Sesayap sinyal hp senin kemis,internetnya mabok.jalannya mau ke kabupaten lumpur.setahun ga bisa pulang pas lebaran cuma mi rebus akhirnya jatuh sakit.Tapi aku kangen juga pengen kembali ke Kaltara.kalo ada job ajak2 Win

      Hapus
    3. wah tukeran aja kalo begitu. aku lagi pengen ke timur atau utara nih. mulai bosen di tengah :D

      Hapus
  7. hahaha...tangan kanan dan setan berbusa....sangat sangat sangat geli aku bacanya mas...hahahah
    but keep spirit mas, suka duka bekerja, tentunya dimana saja ada, baik itu di pedalaman maupun ditengah kota sekalipun, jadi semua itu tergantung cara kita menikmatinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaya pramuka dong, disini senang disana senang...
      karena hiburan itu kan soal hati kan..?

      Hapus
  8. ujung-ujungnya gitu juga... ngempet.... hehehe.... asal jangan dijepitin pintu kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga seneng ujungnya, disunatin aja om...
      asal jangan pake pintu ya...

      Hapus
  9. . . waduch,, tanpa listrik n banyak nyamuk. kayaknya aq juga gak bakalan betah dech. apalagi sang admin kan punya anak kecil,, haduch,, kayaknya jangan dech. kasihan kalo tinggal di situ. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . oia aq mau tanya donk mienn,, aq mau balas follback. tapi kolom follownya mana nya mien?!? . .

      Hapus
    2. yang paling penting sih bukan soal nyamuk, tapi di biaya hidup yang tinggi. cari duit memang enak disini, tapi untuk tinggal jogja lebih nyaman

      Hapus
    3. hehe maap, abisnya widget follower bikin lelet loading kebanyakan error di validasi w3c. dari dashboard kan bisa, sis
      deket reading list ada tombol add. masukin saja urlnya. sori kalo bikin susah.
      maap juga, kayaknya lebih enak dipanggil win deh dari pada min. soalnya aku gasuka jadi orang minus. sukanya plus plus... :))

      Hapus
    4. . . bingunk kawan. tolong di bikin postingan donk. jadi ntar ada langkah^nya gitu. he..86x. maav ya?!? . .

      Hapus
    5. coba dulu lah..
      kalo tetep ga bisa tar aku bikinin jurnalnya deh..

      Hapus
  10. Jadi orang hutan nih ceritanya???
    Ga apa deh tinggal di hutan, yg penting rejeki 'Kota' kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rejeki kota tuh maksutnya yang cepet abis gitu ya..?
      hehe

      Hapus
  11. ha.ha.ha. baru tahu aku mas kalau ada petuah si Mario Mumet ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ketinggalan jaman dong..?
      padahal sering aku masukin jurnal loh..

      Hapus
  12. endinge kue loh sing gawe mesem2....

    BalasHapus
  13. hahahahah, jadi ingat dulu kerja di freeport papua.. rasanya sama seperti di penjara kayak cerita digul di novel paramudya ananta toel..

    nikmati saja ya khan... sabun... no.... jangan sampai ketipu tangan terus mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketipu sih engga
      tapi lagi menipu diri, heheh

      Hapus
  14. Sudah 2 thn saya meninggalkan borneo sob terkadang timbul rasa kangen juga neh,,,,,

    BalasHapus
  15. jangan jangan sudah kena pelet dayak tuh, sob..?
    sempat minum air sini sih, hehe...

    BalasHapus
  16. Bang..saya mau nanya..kira2 rekening bank yang cocok didaerah pedalaman apa bang?..trus ATM apa aja yg ada disana?..terima kasih ya sebelumnya heehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bri saja
      sampai pedalaman ada bank dan atmnya. kalo cuma butuh buat ambil, atm aja aja bisa kok di bri. soalnya bri ikutan di atm bersama maupun prima

      Hapus
  17. Wah lama juga kerjanya, saya yg di pedalaman sumatera msh mending dg 12 hari kerja dan 9 hari libur.....heheheee... (iwan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 hari kerja 9 hari libur..?
      mau dong... :D

      Hapus
  18. suamiku juga kerja ditambang tapi alhamdulillah walau dia dipelosok dan aku dikota tp qt ttp bisa telpnana tiap haru. hehehehehehe, lbh baik kerja ditambang drpd cm jd pengangguran. la orang makan y makan makanan bukan makan cinta, mana kenyang makan cinta,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah komentar ibu ibu banget. enak di lu ga enak di gua, hahah...

      Hapus
  19. kerja di pelosok gpp drpd kerja dikota tapi g kelihatan hasilnya. yg penting disyukurin aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu disukurin kok biar susah juga
      *sukurin susah :D

      Hapus
  20. Tahun 2008 saya jg pernah kerja di Pedalam Kabupaten Sarmi (krg lebih 10 jam perjalanan darat dari Jayapura). walaupun cuma 6 bulan :-D

    Insya Alloh tahun ini, bulan Mei mau berangkat lagi ke Merauke..

    Kerja luar jawa itu mengasyikkan,, yang tidak asyik saat rasa rindu/ kangen sudah menjalar ke urat nadi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah poin itu yang paling penting, om...
      *buat ngibur diri :D

      Hapus
  21. Mas di site mana?? Saya di sebuku mas.. Tempat esek2 yang terdekat di pulau sebuku mana ya mas??? Hahahaha

    BalasHapus
  22. masi ada lowongan krj ga mas disana??

    BalasHapus
  23. qw ingin kerja di kalimantan, pekerjaan apa yang ada ya? tlong kasih tau sy klo ada loker disana bagi teman2. thz
    085641937437

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena