27 Agustus 2012

Pesbuk Dibajak


#Bimbingan Orang Tua

Barusan lihat status temen yang manusiawi banget, pesbuk gue dibajak...

Di dunia nyata saja bajak membajak, colong menyolong, tipu menipu dan kawan-kawannya begitu sering terjadi. Apalagi di internet khususnya Indonesia Raya yang bisa dibilang sebagian besar usernya gaptek. Aku berani bilang gaptek, karena melihat kenyataan bahwa persiapan mereka sebelum menggunakan internet sangat minim.

Punya letop plus modem atau malah hape doang sering dianggap sudah cukup. Padahal yang lebih penting dipersiapkan adalah logika dalam otak dan norma di hati. Tak perlu sampai belajar IT, asal punya dua dasar itu insya allah bisa nyaman hidup di dunia bebas itu. 

Keamanan data ga perlu terlalu dipikirkan. Karena menyimpan atau mengirim sesuatu di internet sama saja kita sudah menyerahkan kepada orang lain. Saat menggunakan jaringan dedicated atau co location server canggih sekalipun, tetap saja kita nebeng di tempat orang.

Ketika kita hapus foto di pesbuk misalnya, siapa yang jamin foto itu beneran terhapus dari server. Bisa saja hanya menghilang dari akun kita tapi fotonya sendiri masih tersimpan di hosting. Aku rasa semua itu juga berlaku untuk email, blog atau file hosting lainnya. Jangan tanya apa gunanya file atau email kita buat mereka. Kita tak pernah tahu business plan provider. Namun melihat perkembangan jaman saat ini, prospek bisnis terbesar adalah data. 

Contoh paling gampang saat aku mau donlot bokep yang mengisyaratkan login menggunakan alamat email. Tak perlu menunggu lama, email yang didaftarkan tersebut langsung kebanjiran spam iklan. Berani aku simpulkan website saru itu cuma alat untuk mengumpulkan alamat email sebanyak mungkin untuk kemudian dijual kepada pengiklan.

Tentang pembajakan email lebih lengkap pernah aku tulis di jurnal Email Dibajak...

Kalo pesbuk, ngapain dibajak segala..?
Jangan dianggap pembajakan pesbuk cuma dilakukan oleh abg iseng. Para pengeruk duit haram dunia maya mulai mengincar akun orang yang dianggap berpengaruh di kalangan teman-temannya. Modus yang paling sering dilakukan setelah nyolong akun adalah membuat status habis membeli barang atau ikutan apa dan memuji-mujinya. Dari sekian banyak teman, pasti ada yang tertarik. Mereka akan digiring untuk menghubungi siapa plus embel-embel dikatakan saudara atau teman dekat. Mereka bakal percaya banget karena yang ngomong kan temen baik yang ga punya reputasi jelek. Main transfer saja tanpa konfirmasi darat atau minimal per telepon ke pemilik akun sebenarnya.

Mencuri akun tuh ga perlu sampe kaya hacker di film yang nyusup ke servernya pesbuk. Bikin saja aplikasi sederhana untuk chat misalnya. Waktu mau make, orang pasti masukin username dan password kan..? Apakah user sadar kalo username dan passwordnya bisa dikirim secara otomatis ke server pembuatnya dijadiin koleksi. Jadi hati-hatilah saat memilih aplikasi semacam itu. Minimal melihat reputasi developernya.

Modus lain adalah dengan cara memanfaatkan kekatrokan user alay. Kayaknya sering banget aku nemu orang lagi nyari-nyari cara ngehack pesbuk. Nurut aja waktu dia digiring ke website phising yang katanya bisa dipake ngebajak. Syaratnya sama, harus masukin username dan password. Alhasil bukan dia yang ngebajak orang, malah akunnya sendiri yang dibobol maling.

Masih banyak sih cara lainnya. Cuma dah mulai pegel ngetiknya. Sama pegelnya dengan membaca status teman yang aku maksud diawal cerita. Gimana ga pegel bacanya, kalo sebulan sekali dia pasti nulis status yang sama. 

Jadi temenku itu sebenarnya cowok. Tapi pasang foto kartun cewek dan nama yang meragukan namun orang cenderung menganggapnya cewek. Dengan kelamin gadungan itu dia gampang cari temen cewek yang cakep-cakep walau cakepnya juga mungkin gadungan juga. Kalo sudah menemukan target yang sekiranya cocok untuk mengakhiri kejombloannya, dia akan kirim inbox bilang dia cowok plus nunjukin poto aslinya sekalian bilang ailapyu.

Setelah itu dia ga bakalan bikin status atau komen sana sini. Onlen cuma ngecek inbox doang, kali aja ada jawaban. Kalo diterima, dia bakal kembali ke wujud aslinya. Nah kalo ternyata ditolak, pasti akan muncul status pembelaan diri kayak gitu itu. 

Dan sekian lama waktu berjalan, dia belum juga kembali ke asalnya. 
Payah...

Sengaja aku buka akal bulus itu biar temen blogger waspada
Aku yakin temenku itu gak bakalan berani komplen
Orang dia ikut-ikutan aku kok...




79 comments:

  1. setahu aku sekarang foto FB benar2 bisa dihapus kok, ga disimpan di server lagi

    soal bajak fb, banyak temanku yg fb-nya dibajak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada yang menjamin data data tersimpan disana terhapus total.
      seperti di server email perusahaan yang aku kelola. boleh saja user menghapus email di outlook dan webmail. tapi tetap saja di server itu tidak dihapus. siapa tau suatu saat data tersebut ada gunanya buat perusahaan

      Hapus
  2. ternyata dirimu yang ngajarin ya... hehehehehe saya suka dengan tulisan ini nih.... pesbuk yang terkenal memang sering di bajak... memang semua data online tidak benar benar dihapus.. hanya di hide saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuh...
      kenapa aku keceplosan buka kartu ya..?

      Hapus
    2. ajarin donk om cara ngebajak yg gak mendapatkan dosa wkwkwk

      Hapus
    3. ngebajak sawah aja, om
      asal jangan sawah tentangga, kecuali gratis,,,

      Hapus
    4. Biar gratis kalo yang dibajak sawah yang sudah ditanami padi juga bakal dimarahi si empunya, Mas. hehehe...

      Intinya, pikirkan berkali-kali sebelum menginput sesuatu di dunia maya ya, Mas?

      Hapus
    5. hahaha ngebajak sawah dah ditanami sih kdrt namanya
      kekerasan dalam rumah tanaman...

      Hapus
    6. kayanya manyak mastah2 pembajak sawah disini. klo saya biasa ngebajak tetangga sebelah om. gmna tuh? xiixi

      Hapus
    7. mungkin saja. kan ngebajak sawah yang lebih hijau kayaknya asik juga...

      Hapus
  3. beda lik jamane dewek abegeh genthawilan nang karetan sik genthawilan nang warnetan, genah sing penting pasang status alay, angger mbukak chat isine mung njaluk tulung statuse di like seakeh2e kamprettttttttttttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerita sedih koh di like..?
      hehehe ajaib...

      Hapus
  4. setelah di bajak, biasanya orang yang tak bertanggung jawab melakukan penipuan dengan jual barang-barang tertentu.. pernah ada facebook teman yang kayak gitu yang nawarin barang ke saya via FB yg telah mereka bajak.. :

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kira kira begitu
      jadi bisa belajar dari pengalamanan kan..?

      Hapus
  5. saya follow nih, berharap followback nya..

    BalasHapus
  6. pernah ada yang mau bajak fb ku juga ada notifikasi keemail seseorang mencoba mengganti passwordnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ibue pascal termasuk golongan orang orang tenar dong...

      Hapus
  7. Oleh karena itu saya tidak pake lagi twitter n fb...

    sdh cukup emailku aja yg dibajak... :D

    BalasHapus
  8. hahaha... kata2 yang terakhir lucu mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halah...
      itu mah keceplosan. jangan dianggap ya, hehe

      Hapus
  9. tidak pernah memiliki pengalaman akun FB dibajak, semua akun FB ku sudah kujadikan halaman fanpage semua ...

    BalasHapus
  10. Dooh... serem banget nih pesbuk dibajak. Kehilangan duit masih lebih enteng, dibandingkan kehilangan nama baik akibat akun kita dikerjain hacker :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu diralat, bro...
      bukan hacker yang mau berbuat begitu. itu mah lamer iseng kurang kerjaan

      Hapus
  11. Kalau gue akun twitter yg di bajak orang gan.....

    BalasHapus
  12. nggak nyangka ya serem juga uraianmu di atas

    BalasHapus
  13. wah ane malah jarang buka pesbuk sobat hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah...
      berarti menjauhi perilaku alay, hehe

      Hapus
  14. aku pernah fb aku dibajak 2x jdi skg fbku yang ke 3 mudah2an ngk dibajak lg. amin

    BalasHapus
  15. hobi kq bajak.. --" g guna bgt mlah ngerugiin..

    BalasHapus
  16. hahah.. q pernah bajak c.. tp cuma nyoba ngehack aj, abz g2 gue blikin k pmilikx.. :P

    BalasHapus
  17. Qiqiqi ... mas Rawins suhunya toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, udah ngaku pernah nyari film bokep, apa gak dikomplen Ibue, mas?

      Hapus
    2. itu mah sudah umum di dunia laki laki, bu...
      bedanya mau jujur mengakui apa enggak, itu aja kok
      lagian aku dah terbiasa ngomong apa adanya, kalo ditutupin malah kesannya ngeganjel di hati.
      payah ya..

      Hapus
    3. Saya pernh tanya ttg hal video saru, katanya mmg sdh hal biasa di dunia cwok. Tinggal orangnya ngaku atau sok cool..

      Hapus
    4. malah aneh kalo ada yang ngaku ga pernah nyentuh. malah jadi tanda tanya, dia beneran alim atau gak jujur atau malah gak normal. hehe..
      orang sudah umum, gak ngaku juga gak bakalan percaya. malah jadi dosa kebanyakan boong
      bukan cowok doang kok. cewek juga banyak yang penasaran. cuma lebih tertutup aja. aku bisa bilang gini soalnya suka ngecek log server si user buka apa aja di leptopnya

      Hapus
  18. Waktu ada file yg hilang/kehapus terus ada yg ngasih tahu jika ada ada aplikasi yg bisa 'recall' tuh file..aku jadi mikir juga bisa jadi file-file yg kita hapus itu mmg tdk benar2 hilang. Apalagi yg nyangkut di server sekelas socmed FB cs...pengelolany kan canggih IT semua.

    Mbajak FB kan mudah banget, gak prlu pakai aplikasi macem-macem...login beberapa kali slah pswrd..udah ddeh kita akan dikasih altrnatif utk ganti pswrd atau emailnya kan? Kata temanku sih getu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya kita suka ngasih pasword yang sama untuk bermacam akun. akun email dan pesbuk paswodnya sama. padahal login pesbuk usernamenya pake email. jadi cukup tau salah satunya, kebuka deh semuanya..

      Hapus
  19. iya bener tuh FB bisa dibajak! Rekan kerja saya FB-nya jadi berisi iklan. Tadinya kami pikir, oh...dia lg mo mulai bisnis. Eh dia misuh2 .."enak aja!" katanya. "Emang dari gaji kantor ga cukup apa?" **sombong**

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sekarang banyak akun yang mengintegrasikan security sistemnya ke hape, biar bisa diverifikasi andaikata dibajak melalui email...

      Hapus
  20. Kalo FB ku dibajak mah gak pusing saya sob. Soalnya gak penting bagi saya. Kalo blogger yang dibajak wah2,, klenger saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bro...
      aku juga ngarepin kalo ada yang iseng, isengin aja pesbuk yang ga penting banget, eh pesbuknya aman malah blog yang dihajar, siyal..

      Hapus
  21. Yang namanya dibajak pasti gak enak. entah itu FB, twitter atau blog. Bisa rugi materiil dan moril. Bayangkan kalo dipake nipu, dll. Makanya para pembajak, bertaubatlah.

    BalasHapus
  22. sampai sekarang sih belum. ga pernah pakai aplikasi aneh-aneh soalnya. jangan sampai deh. kalau sering ganti password bisa mengurangis resiko dibajak tak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rutin ganti password juga lumayan ampuh buat pencegahan. membeda bedakan pasword untuk masing masing akun juga bagus. tapi tetap saja perlu menjaga perilaku berinternet biar tetep safety dan secure

      Hapus
  23. postingan yang penuh dengan unsur sara brow... wkwkwkwk
    ngomong2 itu emang orang alay kali mangkanya akunnya di bajak.
    ane suka dengan postingan2 nt yang yang penuh dengan canda tawa wkwkwkw....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali kali sara boleh kan
      masa saru mulu...

      Hapus
  24. fb paslu sampean apa kang bro.. ntar tak kasih tau akun fb ku yang palsu juga.. hahaha...
    enakan bajak sawah sambil cuci mata nonton yang bugi-bugil belepotan....
    hehehe.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak pemalsuan dan banyak penebeng popularitas. tau tuh nama rawin jadi banyak yang pake. perasaan dah nyari yang terjelek

      Hapus
  25. walau nama besar&amaan, tapi tetep saja masih ada celah untuk menyelubung kedalamnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada sob
      namanya juga manusia ga pernah mau berhenti berusaha
      termasuk berusaha iseng

      Hapus
  26. FB-ku asli cewek loh mas! *eh
    Alhamdulillah, belum pernah dibajak...selalu hati2 klo tiba2 aplikasi muncul yang minta username dan password. Satu lagi, passwordnya selalu beda-beda, jadi tenang deh...
    Yang perlu diperhatikan juga dlm dunia internet itu, kata-kata yang di-publish. Sering kadang berupa makian ato malah pertengkaran suami istri. Think before send itu perlu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku isinya pisuhan melulu. karena internet memang sarana asik buat misuh misuh biar kepala adem saat kembali ke dunia nyata

      Hapus
  27. Pesbuk kurang menjadi fokus saya, ada sih akun tetapi itu saya non aktifkan.

    BalasHapus
  28. ha??? apa maksudnya ikut2kan anda???jng2 dasar2 gokil banget mas yg satu ini..istigfar mas!!nyebut2 -____-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa lalu
      ya namanya juga anak muda
      emang udah dari sononya kurang sehat :lol...

      Hapus
  29. pesbuk saya mah ga ada harta karunnya, cuma ada atu poto profil. nuhun udah diingetin supaya ga sembarang ngasih email.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumuhun kang
      sami-sami mugi mugi salamet dunia akherat & alam maya...

      Hapus
  30. "pesbuk gue dibajak..." = "hey pergatiin gue dong, gue mau populer nih..." haha...

    Cuma bisa manggut-manggut baca artikel ini, soalnya saya gak punya akun pesbuk...*kasihan ya saya* :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa ga penting kok
      aku aja kalo ga dipaksa dibikinin mungkin ga punya

      Hapus
  31. Saya juga udah pernah ngalamin mas, akun FB dibajak gara-gara dikirain main poker kali sama yg bajak. Nggak taunya saya maen ke warnetnya cuma buat nanem sayuran (--")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah
      banyak juga kasus temen kecuria akun gara gara suka main poker

      Hapus
  32. Ternyata yang mbocorin akal bulus masternya ha.ha.ha.
    aku paling males kalau ada aplikasi game yg minta masukin ID & pwd, rasanya seperti kita nyerahin data diri ke mereka aja. mending ga usah kulanjutkan saja aplikasinya ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal kita yakin developernya bonafid sih gapapa
      walau itu gak menjamin data kita mereka koleksi apa enggak
      tapi minimal tidak bikin kebanjiran spam di email

      Hapus
  33. Pesbukku juga pernah dibajak -_-
    Ditulisi status minta-minta pulsa. Aaaaaa

    Btw aku udah mulai membatasi posting foto-foto pribadi di pesbuk atau twitter sih. Ngeri!

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dunia memang ga ada tempat aman dalam arti kata yang sesungguhnya
      ditaro di hardisk yang pc nya ga nyambung internet
      eh hardisknya diembat pemulung, heheh

      Hapus
  34. . . alhamdulillah,, aq gak pernah di gitukan. aman 86 boz. he..86x . .

    BalasHapus
  35. MPku dibajak ngademin hahahha

    Ajegile, sekarang keluyurannya ke mana2 eui di BS hahaha
    Ngelihat siapa aja yang singgah ke lapaknya Kang Rawins :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembali ke selera asal, naz...
      mesake blogger telantar sekian lama gara gara komeng mp lebih asik buat nyampah...

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena