28 April 2013

Tanpa Iklan


#Semua Umur

Apa yang aku suka dari browser Firefox dan Chromium..? 

Salah satunya karena browser tersebut support add on atau extension berjudul Adblok Plus.

Adblock Plus adalah browser extension bikinan kelompoknya Wladimir Palant yang berfungsi untuk mengusir iklan dari halaman browser. Bisa juga untuk memblok widget flash atau image yang tidak dikehendaki.

Terus terang aku suka empet ketika buka halaman yang penuh tempelan. Mending kalo iklan itu pakai gambar statis.  Banyak yang pergunakan animasi gif bergerak atau tulisan berwarna mencolok berkedip-kedip bikin sakit mata.

Bukan cuma blog pribadi saja, Detikcom pun dulu pernah lupa diri memenuhi halaman beritanya dengan iklan sementara informasi yang disampaikan cuma seupret. Untung sekarang sudah tidak lagi.

Dengan Adblock Plus masalah itu bisa diatasi. Selain browsing lebih nyaman, bandwidth juga lebih hemat khususnya buat yang internetnya pake kuota karena flash player pun bisa diblokir.


Halaman tanpa dan pakai ABP


Cara instalnya mudah. Buka saja websitenya Adblock Plus di alamat adblockplus.org

Klik tombol instal berwarna hijau dan tunggu beberapa saat sampai downloadnya selesai lalu instal. Secara default, Adblock Plus sudah memasang filter subscription secara otomatis. Filter subscription adalah daftar alamat iklan yang diblokir. Secara rutin diperbaharui mengikuti perkembangan. Extension terinstal akan secara berkala mengunduh data terbaru dari subscription list langganan.




Untuk menambah subscription list, tinggal klik tombol add. Untuk mengurangi klik tanda silang merah. Tak perlu berlangganan terlalu banyak karena akan memberatkan browser. Aku sendiri selalu pakai EasyList+ABPIndo dimana iklan-iklan dari website berbahasa Indonesia sudah dicover.

Tidak semua iklan masuk list tersebut. Namun Adblock Plus kasih alternatif untuk memasukan secara manual. Kalo di Firefox, waktu kita buka flashplayer misalnya di sudut widgetnya akan muncul tulisan Block transparan. Klik saja itu maka playernya akan hilang dan datanya tersimpan di browser. Sehingga tidak akan muncul lagi saat kita buka halaman yang sama di lain waktu.




Untuk Chrome, logo ABP muncul di address bar sebelah kanan. Klik saja logo tersebut dan akan muncul Easy Create Filter. Setelah itu geser kursor ke arah obyek yang akan diblokir dan ditandai dengan kotak berwarna kuning transparan. Klik saja obyek yang dikehendaki. Akan muncul kotak dialog widget yang akan diblok. Kalo yakin klik OK.

Obyek yang sudah diblok bisa dibuka lagi dengan menghapusnya dari daftar blacklist. Adblock Plus juga bisa didisable kapan saja bila diperlukan.

Masalah tetap ada walau tidak banyak. Salah satunya di blognya Elsa Yellow Life. Musik yang dipasang sebenarnya asik, tapi seringkali tak sesuai mood. Mungkin beliau memasang music player langsung dalam template - bukan di widget - sehingga kalo di blok, halaman jurnalnya ikut lenyap dari pandangan. Jadinya sebelum buka blog tantenya Dija, aku sudah siap-siap pencet tombol mute daripada terjadi tawuran di speaker.

Masalah lain aku temukan di blog Info Saja nya pak Abed Saragih. Kayaknya beliau memasang iklan di footer. Iklan itu memang tak tampak, tapi sepertinya frame nya tidak hilang dan menghalangi tombol publish. Semula aku pikir browserku error. Sudah ngetik panjang lebar komentarnya tidak bisa di poskan. Beberapa kali halaman direfresh lalu ketik ulang masih sama saja sampai misuh-misuh tanpa sadar.




Sudah mau mutung nutup halaman beliau, baru ketauan ada tombol close kecil di ujung frame transparan tersebut. Klik itu, bisa deh komentarnya dipublish. Atau halaman discroll ke atas sampai tombol publish nya berada di atas frame transparan juga bisa.

Kira-kira begitu ceritanya...
Semoga bermanfaat


Intinya
Adblock Plus memang bikin nyaman dan bebas mata sepet, tapi bakal dimusuhin pengiklan. Aku minta maaf buat teman yang blognya penuh iklan trus di situ aku komentar ga suka iklan. Habis di browserku kan ga keliatan...


41 comments:

  1. Huahaha tak kira aku aja yg pake AdBlock Plus ternyata sampean juga... jujur biarpun blog penuh iklan cuma utk browsinh aku yo ra nyaman hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah elah...
      ini dia sebuah pengakuan jujur dari blogger yang pengen menang sendiri. hahaha mantap coy. like this lah...

      Hapus
    2. tapi kasihan mas kalo di block, kan sama aja sedekah dikit buat empunya web hahaaha

      Hapus
    3. pantesan recehan ppcku nggak nambah2.. wkwkwk
      njur enake alih profesi opo kang?

      Hapus
    4. tuh kan beneran
      musuh bertambah, hahaha...

      Hapus
    5. kalo aku iklan biar sidebar ga keliatan kosong :D
      soalnya bingung mau ngasih widget apa

      Hapus
    6. ngiklan juga ga masalah, om...
      asalkan jangan menuh menuhin halaman sampe nutup artikel. masa mau baca saja harus klik ini itu dulu biar ga ketutup. hehe repot...

      Hapus
  2. Wah..kalah ama om ferdinand..:(

    Ah, mamas kalo mo posting ngomong kek..
    Payah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. perasaan tadi udah ngomong mau posting
      dodol ah...

      Hapus
  3. Males banget nih sekarang banyak iklan2 yang muncul tiba2. Buka laman aja kadang muncul iklan dulu, baru beberapa detik kemudian muncul laman yang kita inginkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...
      cari duit di blog ga masalah, tapi kalo keterlaluan kesannya ga sopan banget. kita berkunjung kan diundang juga walau tidak secara resmi minta kunjungan balik. makanya aku pake abp biar bisa berkunjung tanpa ngomel...

      Hapus
  4. Marekna crash nek akeh iklan flashe pancen....

    BalasHapus
    Balasan
    1. websiteku full flash, kepriben jal..?

      Hapus
    2. tumben ngomong mandan dawa kae wong kroya

      Hapus
    3. biasa abis makan pisang jadinya mau ngoceh...

      Hapus
  5. kadang jg sempat jengkel klw banyak sponsor, apa lg spt mas rawin bilang nulis banyak2 ehhh publishnya ketutup sponsor. cape dehhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kirain aku doang yang empet dengan blog pasar senggol...

      Hapus
  6. hohohoho saya nggak ngarti sama Adblock Plus heheh...tapi intinya mas rawins nggak suka ma blog yang banyak iklannya..insyaAllah blogku nggak banyak iklan mas..paling banyak baner tentang lomba hehehehe...*malah narsis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau dibikin apa sebenarnya bebas aja sih. itu hak masing-masing. tapi mbok ya pake perasaan dikit lah. aku juga punya website yang full flash dan berat, tapi tak pernah aku pake buat id kalo blogwalking. biar orang ga perlu misuh-misuh merasa diundang trus disuguhin sampah...

      Hapus
    2. intinya sih misahin antara warung tempat jualan dengan ruang tamu tempat kita terima kunjungan...

      Hapus
  7. yup, addblockplus tu dah jadi add-on wajib :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terasa manfaatnya kalo koneksi lagi lemot
      lumayan ngurangin beban benwit

      Hapus
  8. Kalo blog saya gimana mas hehe...
    Berarti kaya buka pake hapelah intinya, soalnya pake hape iklan juga ga keliatan, padahal rame banget blognya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan udah dibilang aku ga pernah liat iklan
      tar kalo mampir tak coba matiin dulu deh abp nya
      kali aja bisa bikin misuh misuh heheh

      Hapus
  9. aku juga sudah lama pake AdBlock Mas. ini extension yang powerful buat iklan-iklan nyebelin. Apalagi iklan-iklan pembesar itu.. beh. Itu paling nyebelin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kirain suka sama iklan obat kuat..?

      Hapus
  10. memang seharusnya iklan sewajarnya saja, biar tidak bikin lemot. bloggku juga ada iklan, tapi mencoba untuk membatasi dan secukupnya saja. Karena dengan iklan, saya dapat pemasukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalkan proporsional sebenarnya kita bisa memaklumi kok. bagaimanapun juga blog itu punya peluang untuk menambah penghasilan. sewajarnya saja pasang di sidebar dan jangan nutupin artikel.

      kesannya maksa banget kalo ada yang mengharuskan kita klik close untuk baca artikelnya. tamu datang tidak diterima dengan pintu terbuka, tapi disuruh buka pintu sendiri. udah gitu kudu ngasih pemasukan ke pemilik rumah. haha kacaw...

      Hapus
  11. Wah, termasuk blog saya ya mas Rawins?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho banyak iklannya kah..?
      ya maaf soalnya aku ga liat, bu...

      Hapus
  12. blogku ada iklannya mas (sadar) tapi aku pasang di widget semoga gak ganggu dan bikin mata sepet. cuma iklan baju yang nuju ke blog yg atunya kok mas, hehhehe

    btw,aku juga sering misuh kalo ada iklan yg ngikut sama postingan apalagi kalo bukanya dari hape. hadehhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan pake gambar berkedip-kedip ga mengganggu sih. kalo memang stok iklannya banyak. ya jangan dipaksain masuk ke satu halaman. digilir kan malah asik ga bikin bosen walaupun nambahin kerjaan.

      tapi terserah hati nurani yang punya blog deh
      kita kan cuma bisa komentar dan tidak berhak ngatur orang lain

      Hapus
  13. Kang, nek mbahas iklan mandan mendhing maring pos kota bae nganah lah. nek nang blog, enyong dadi malah ora mudhenk tur nambaih pikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. gausah dipikirin, lik
      pacul emang orangnya gitu kok...

      Hapus
  14. Entah kenapa aku jarang klik iklan sesama teman blogger :D

    Iklan di situs besar aja aku jarang klik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau klik gimana kalo isinya iklan pembesaran penis..?
      kalo ada iklan pengecilan sih kayaknya aku rada mau, om...

      Hapus
  15. Ngaturke matursembahnuwun Kang Mas. Langsung mau dicoba. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo, om...
      semoga ga repot lagi tampilan browsernya...

      Hapus
  16. hahaha.. blognya sapa ya .. *ehh... ,
    entar aku pake ini dah .. bookmark dulu :D
    kalo yang pake banner juga ilang gak??.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baner pun kalo belum terdaftar di filter subscription ga bakalan ilang. jadinya harus dimasukan ke list secara manual..

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena