#Semua Umur
Jurnal yang bahas tabrakan anak menteri pekok kemaren dikomentarin ibue Ncip, "jadi pengen ganti bmw..."
Komentar spontan senada juga terlontar ketika dengar kasus Xenia vs Juke. Dan kayaknya sudah menjadi asumsi umum karena teman-teman juga banyak yang berkomentar miring tentang produk Daihatsu tanpa mau mencari data secara teknis. Sampai ada yang mendadak jadi pengamat otomotif pake ceramah panjang lebar, "Daihatsu payah bikin mobil pake kaleng kerupuk bla bla..."
Baru diam setelah aku nyeletuk, "ga usah bilang mobil kaleng segala, elu ngredit motor aja nunggak mulu..."
Apa sih yang bisa diharapkan dari mobil seharga 100 jutaan..?
Bagaimanapun juga dalam urusan keselamatan di jalan raya, kualitas kendaraan cuma nomor sekian dan yang paling dominan adalah faktor perilaku. Buat yang ngeyel tentang ini, aku coba kasih gambaran sebagai berikut.
Sebelum kendaraan diproduksi masal, pabrik selalu mengadakan bermacam tes termasuk uji tabrakan. Bagaimana prosesnya silakan cari di yutub pake kata kunci crash test.
Sudah jadi rahasia umum bila kendaraan yang dipasarkan di Indonesia kualitasnya jauh dibawah kendaraan untuk pasar Eropa walaupun bertipe sama. Disini aku ambil contoh uji tabrakan dari Euro NCAP yang pastinya menguji mobil kualitas Eropa.
Pengujian frontal impact atau tabrakan depan Euro NCAP dilakukan pada kecepatan 40 mph. Aku kasih contoh Ford Ranger yang mendapat 5 bintang dalam total rating keselamatan. Ketika ditubrukan ke tembok padat dengan kecepatan sekitar 64 km/jam hasilnya seperti pada gambar dibawah.
Rating 5 Ford Ranger |
Euro NCAP Ford Ranger 40 mph |
Sayang aku belum menemukan data uji Ford Ranger pada kecepatan lebih tinggi. Sebagai pembanding aku pakai saja Ford Focus yang juga dapat bintang 5 dari Euro NCAP. Ditabrakan ke tembok pada kecepatan 120 mph atau sekitar 192 km/jam hasilnya seperti gambar di bawah.
Rating 5 Ford Focus |
Crash Test Ford Focus 120 mph |
Dari situ kita bisa lihat bila mobil Eropa nabrak pada kecepatan 100 km/jam, kerusakannya berada di posisi antara ilustrasi pertama dan kedua. Sekali lagi itu mobil Eropa. Untuk mobil Jepang pasar Indonesia, silakan diperkirakan sendiri.
Kembali ke kasus Juke nubruk Xenia, aku dapat gambaran dari saksi mata yang diunggah di kaskus.
Bila benar apa kata saksi mata bahwa Juke itu terbang menyambar Xenia dengan kecepatan 120 km/jam, kita bisa membayangkan sebesar apa energi kinetik tubrukan tersebut. Apabila Xenia melaju dengan kecepatan 100 km/jam, berarti kecepatan tubrukan itu sekitar 200 km/jam. Itu belum memperhitungan berat kendaraan, energi potensial dan tarikan gravitasi atas Juke terbang.
Banyak komentar teman hanya bermodal perbandingan gambar di atas. Xenia berantakan dan Juke tidak parah banget. Detil kerusakan dan kronologi kayaknya jarang yang mau menelusuri.
Informasi saksi mata yang mengatakan si Juke terbang menyambar Xenia bisa jadi benar. Perhatikan kerusakan keduanya. Atap Xenia hancur sedangkan Juke rusak bagian bawah. Kaki-kaki kendaraan adalah bagian terkuat karena disitu ada chasis, sementara kabin merupakan bagian paling lemah karena banyak kaca.
Berandai-andai kejadiannya dibalik, Xenia yang terbang menyambar Juke. Aku yakin hasil akhirnya Juke kelihatan hancur dan Xenia cenderung utuh. Pandangan kaleng kerupuk lawan martil itu semestinya dilihat sebagai atap lawan chasis. Bukan Xenia vs Juke walau secara umum kualitas Xenia memang dibawah Juke.
Kalo mau nyoba tabrakan jangan lawan Juke.
Mendingan sama Jupe.
Bempernyah...
Whaah...
Intinya
Tak perlu menghakimi kalo kita tak suka baca data. Poin terpentingnya adalah perilaku saat di jalan raya. Kita waspada, orang lain meleng juga celaka. Apalagi kalo kita ikutan sembrono..
Buat ibue Ncip juga ga perlu mikir macem-macem. Kan dulu milih sendiri pengen mobil murah plus irit bensin ga kaya si nopah. Lagian apapun mobilnya, yang diangkut itu-itu juga.
Sayang duitnya kalo beli BMW cuma buat bawa pete, jengkol...
si nopah buat ngangkut pete kesukaan bapaknya ya hehehe
BalasHapushaha itu foto dari jurnal 4 taun lalu kok bu...
HapusBiarpun datang terlambat .komeng nya enak diatas.maaf tempat duduk sudah ter isi
Hapuskaya cewe aja bilang enakan di atas.. :D
Hapusjangan diatas terus panas
Hapusbawa kulkas, om...
Hapuswkwkkw..ane mau donk di tabrak Jupe..
BalasHapuswoow senenge..
tapi ditabraknya pake juke, mau..?
HapusHadeuh, itu tempe mendoan bercampur sama cawet kotor kang Rawin....
BalasHapusidiih si eteh malah bahas kancut...
HapusTempe mendoan, Akaaaaaang....
Hapusooo kirain mendoan berkancut..
Hapusya maap atuh, teh
gitu aja ngambek
kancut itu apa om?saya nggak tau euy
Hapuscawet, om...
HapusKlo cawet apaan juga sih, Om? saya nggak ngerti *abg labil* :P
Hapusah elah malah jadi bahas pedalaman...
Hapusintinya jangan langsung menghakimi sebelum mebaca data, hemm inspiratif sekali, karena memang hal itu yang palng sring di lakukan sekarang, memvcons terlebih dahulu sebelum semuanya benar-benar terbukti :)
BalasHapusmakanya males nonton tipi, om
Hapussemua orang kayaknya berubah jadi pengamat ahli
mendingan baca sana sini trus bikin kesimpulan sendiri
dari artikel diatas sedikit yang bisa saya ambil om tapi bermanfaat "jangan pernah menghakimi sebelum ada bukti".
BalasHapussetuju saya, jangan berasumsi kalo gak tau kejadian sebenarnya
Hapuskalo ikutan tepuk tangan, bolehkah..?
Hapuslha kok isinya full pete mas ?
BalasHapusya maklum orang kampung, om...
Hapusoalah...baru kelihatan.tadi g lihat photo nya.mau di bawa ke pasar caringin ya
Hapusmau diekspor ke kalimantan. ikut..?
Hapushehehe. kalau menurt saya sih, nggak begitu ada hubungannya kecelakaan sama produk mobil. hahahaha.
BalasHapusbener kata mas rawins, semua produk mobil, telah lulus tes sebelum di edarkan.
jadi kecelakaan itu terjadi karna ulah si pengemudi sendiri. dan nasib apes tentunya.
kalau mau mobil yang nggak mempan di tabrak, ya beli aja tankbaja. di tembak juga nggak mempan tuch.. hehehehehe
lagian mobil kan dibikin buat untuk ditabrakin, om...
Hapusmakanya ga pernah berani ngebut apalagi kalo bareng anak-anak
disini ada buldoser yang tahan tabrak, ga bisa ngebut
hehehe
saya comot gambar manusia mahluk tercerdas nya ya pak..
BalasHapusmonggo...
Hapusmasih bingung ane kang knpa bisa pindah jalur , ngantuk kali itu orang yah :( jdi sediihh .
BalasHapusmungkin bisa disimak capture pengakuan saksi mata yang dari kaskus
Hapusdisitu katanya pecah ban...
combrang?
BalasHapusinget pecel lagi...
saya dua hari lalu pergi keluar, rencana beli kado untuk aqiqah bayi teman...pulangnya, kaki saya "kecipratan" kerikil dari truk...di sini truknya truk logging...walaupun cuma kerikil, tapi ya lumayan banget...
rasanya kami sudah tertib berlalu lintas, tapi kadang fasilitas jalan juga ngaruh...
itu yang aku bilang sudah waspada juga masih bisa celaka
Hapusnamanya bareng orang banyak bu
apalagi dump truck disini kadang muatannya melebihi bak biar dapat tonase banyak. efeknya pecahan batunya suka berjatuhan makaknya ga berani mepet mepet kendaraan hauling
woooo...lebih ngeri tu Pak Raw
Hapussaya kalo ada truk lewat, mending minggir banget wae lah... (wingi ya wis minggir)...
ngeri...
takut ketumpahan kayu...
ya minggir lah...
Hapusnek iso...
dalane we remuk, ihihi
kita sudah hati-hati, tapi orang lain ceroboh, kita juga bisa kena
BalasHapus#pengalaman pribadi
waduh duh tapi tidak parah kan, bu..?
HapusWeleh... sisi berbeda yang ditampilkan mas Rawins membuat pandangan sedikit berbeda tentang asumsi kebanyakan akibat kecelakaan maut itu... tapi apapun itu kita semua harus sadar bahwa kecelakaan di jalan raya makin hari makin mengenaskan.... ni salah siapa ?... bapak gue... emak gue... ato gue... hihihihi..
BalasHapussebenarnya tidak ada pandangan berbeda orang jelas banget setiap kecelakaan itu penyebabnya tetap human error. kesalahan alat persentasenya kecil saja kayaknya.
Hapusmasalahnya orang kada ga mau disalahkan. jadinya cari kambing hitam. misalnya bilang lihat hantu apa pengkolannya angker dll dll
Diberita yang saya lihat hampir tiap harinya pengemudi mobil banyak yang kecelakaan dan tewas,ada beberapa faktor sehingga hal ini terjadi yakni salah satunya human error,terkadan supir yang lelah terlalu memaksa untuk menyetir mobil kemudian terkadang di depan ada palang untuk menuruni batas kecepatan juga tidak diperhatikan,batas 20km/jam alhasil kecepatan melebihi kecepata diatas,inilah kita kurang mentaati peraturan yang jadinya kecelakaan makin hari makin menjadi saja.
BalasHapusperlu dipasang speed camera kayaknya ya Pak
Hapustetap kembali ke faktor manusia bu
Hapusdisini speed control dan cctv dipasang tapi tetap saja yang ngawasin lebih banyak santai. kalo pun ada yang diproses kadang mandek di tengah jalan kaena pelakunya sodara si anu, misalnya...
betul, parahnya lagi, speed cameranya bisa digondol maling...
Hapuskalau di tempat saya, speed cameranya dibawa oleh security, trus beliaunya berdiri di pinggir jalan. awalnya nggak yakin kalau itu speed camera, sampe saya melewatinya pelan2 sambil mantengi...
haha kirain disini doang yang kacau
Hapusboro boro speed gun, lampu aja ilang :D
Wih..petenya mau donk.he ehhee
BalasHapuslagi ga musim, om...
HapusYang nabrak dan di tabrak sama2 untung!untung nya bukan gue!xixi..
BalasHapusbiasanya sih polisi yang untung. sudah tau kita yang ketabrak, mobil ikut ditahan dan waktu ambil harus nebus segala. gimane jal..?
HapusYawes abis ini bue disuruh belanja di mol aja. Biar matching ama BMWnya. Gimana? :))
BalasHapusbolah asal ga minta tambah anggaran belanjanya
Hapushehe
Saya tak punya mobil, ada yang mau pinjamin?? *lha! ga nyambung*
BalasHapusaku juga ga punya...
Hapuspinjem ke ibue ncip gih..
Tukune nggo duwite sopo mas hehe..
Hapusga perlu pake duit kok
Hapusninggal ktp sama kartu kk dan slip gaji doang...
salam rawins
BalasHapusKunjungan sore tirana aduka.nyimak aja yah.tirana aduka.
yo wes kono sakarepmu...
Hapuswaiki pelajaran fisikane..metu..ki...joss...
BalasHapusmaunya pelajaran biologis terus yo..?
HapusHahahahaha.... lhakok gawanane podho Mas. Sampean soko Jogja aku soko Cilegon. :D
BalasHapusitulah senengnya punya mertua di kampung..
HapusTrus hubungane Jogja karo Cilegon kuwi opo mas hehe..
Hapusmaksudnya jauh om...
HapusGa usah di tabrakin sama Jupe, coba sama tronton aja mas, pasti ringsek hehe..
BalasHapusasikan bempernya jupe ah...
Hapushehehe..akurat banget logikanya.
BalasHapuscuma praduga tak bersalah kok
Hapushehe
hahaha itu petenya kurang banyak hehehe... mantap gan logikanya...
BalasHapuslogika petenya kurang ya..?
HapusMenurut versi kaki pulisi dari pantauan cctv dihitung kecepatannya 156 km/jam. Juki terbang setelah menabrak pembatas dan mendarat tepat diatas si nia dg agak menyerong ke kanan....ya Sudah remuk.
BalasHapusini tumben, komentare agak panjang...
Hapusya izya..
Hapusooo diajakin serong ya..?
Hapusmulanya sih remuk
digaplok mamake hani...
--mutung--
Hapusweeee, ngambeg to...(pake g biar mantab)
Hapuskalo ga ambekan tar mati dong..?
Hapuspoto yang paling bawa itu bukannya kijang ya ... :D ... kalo aku pribadi sih menilai daihatsu xenia itu kalo di pake kecepatan tinggi dia akan oleng, entah karena mobilnya kayak krupuk atau apa.
BalasHapusitu si nopah waktu masih jadi pengangkut pete kalo pulang kampung
HapusJik setia dengan Blazer seken wae kang... rung kuat tuku Xenia... :)
BalasHapusTapi soal barang yang diangkut yen pas mudik neng mertuo, gak kalah dong... :P
jengkol juga yo, om..?
HapusBukan Jengkol...tapi Sodarane Pete...
HapusDari dulu mobil itu selalu dapet kasus! Kayak selebritis aja ea, om? Tapi pengamatan om rawins mah top dan lebs banget! [takut disamber motor kreditan nunggak].
BalasHapusYah, kaleng krupuk apa bukan sih gak masalah... Siapa tau bmw malah dari blek borot! Bhahaha
bobotnya ringan, om
Hapusdisesuaikan dengan kapasitas mesinnya. makanya kalo ngebut pasti oleng. tapi tau gitu masih pada maksa ngebut juga...
oalah mas, tibakne wong sugih seneng pete sisan toh. heheheh
BalasHapuskeren mas....pokok'e aku setuju .... emang orang nya yg ugal2an, malah disalahin mobilnya.
Untung saja aku ndak punya mobil :(
namanya juga orang kampung, yo pakane pete, bu
Hapuskalo bawa pete, ngebut boleh asal sambil kentut
haha
hahaha .. mambu ampas
Hapusini dia yang suka kentut kebawa ampasnya...
Hapuswah, ada PETE ya Maz.. saya suka itu...
BalasHapus#Blackwalking maz !!
jengkol juga ada kalo mau...
HapusSetuju, mending murah meriah bin irit ...
BalasHapuskalo boleh sih enakan beli kuda
Hapuscukup dipakani rumput
melihat mobil ringsek begitu, aku juga pengen ganti dng bmw mas...(malas lihat data juga) :)
BalasHapusaku belum kepengen. tar ibue pasti minta tambahan anggaran
Hapushehe
senianya masih kinclong banget tuh, soal barang muatan ngga soal lah, yang penting siapa yang dibalik kemudinya.
BalasHapussi pengemudi udah baik Kang, tapi pemakai jalan yang lain semrawut, kita bisa kena dampaknya
Hapusmakanya aman di kalimantan.tertib bebas macet tapi jalannya remuk dan bbm susah. hiks..
Hapusaku punyanya ojek..
BalasHapusga mau juke ato xenia..
takut pae ncip nebeng :P
ah elah pelit amat sih si ibu ini
Hapusojeknya pake pramugari gak..?
Sing Xenia jere wong Gandrungmanis ya Kang?
BalasHapusseandainya wis ngati2, tapi mungsuhe semblothongan, bisa bae entuk sial ya..
ampuun. na'udzubillaah.
denger denger sih iya lik..
Hapusrepot lah kalo urusan di jalan. ga bisa nyalahin sapa-sapa selain nasib.
enyong wis nyoba test drive ford fiesta, juke karo vw polo Kang, langka sing kepenak. paling kepenak ya jazz ternyata.
BalasHapusjazz kurang mantep lah. aku dulu naksir strada triton. ternyata ga enak. kalo punya duit sih pengin ford ranger. mantep mlayunya...
HapusYang playunya manteb itu kang karto waktu diuber anjing. Bisa lompat pager segala.
Hapusbentar lagi loncat bintang, pak dhe
Hapusgara gara iklan bintang 123 pager
Banyak yang gak tahu kan kalo mobil di Indoneia memang sengaja dibuat dari kaleng kerupuk.? Itu karena sopir kita hobi ngebut. Jadi kalau tabrakan langsung byarrrrr, penumpangnya langsung ko'it, gak perlu lagi merasakan sakit.
BalasHapusseharusnya mereka menyadari lah...
Hapusapa sih yang bisa didapat dari harga 100 jutaan..? juga kapasitas mesin kecil kalo terlalu berat ga bisa ngacir dong. lagian aneh aja kalo sopir ga sensitif sampai tidak bisa merasakan mobilnya goyang saat tancap gas...
Kalau bangsa avanza apa xenia masih mending. Saya pernah bawa brand new sedan eropa 2000 cc diuber pickup umur diatas 5 tahun. Malah jadi ngeri sendiri. Kebayang kalau pick-upnya selip, terus nyampluk mobil saya, ujung-ujungnya kan sama-sama nyngsep.
HapusSeperinya orang sekarang banyak yang gak tahu diri. Bukan cuma yang bawa mobil, yang naik motor juga sama gendengnya. Gak ada yang mikir, motor bebek - apalagi yang matic, kalau dipacu diatas 70 kpj, terus terpaksa direm mendadak, apa ya tetep bisa berhenti jejeg?
Betul betul betul mending menabrak atau ditabrak jupe, jangan lupa tempe mendoan nya diantar ke rumah, kutunggu! he he he he
BalasHapusLomba buat Puisi Cinta dengan tema Puisi Cinta Untuk Kekasih
ogah ah...
Hapusmaho doang yang mau nyamperin...
oo.. gitu to... etapi mau Juke / Xenia klo dikasih gratis tinggal pake yo aq gak nolak.. haha.. *sapa sing arep ngeke'i yo??*
BalasHapuskalo bekasan mau..?
Hapusbekas diembat kereta, haha...
Mungkin Mas Juke punya baling-baling bambu, Om, makanya bisa terbang.
BalasHapusTapi mendaratnya yang bukan pada tempatnya :D
dan sopirnya lupa kasih pengumuman agar penumpang kembali ke tempat duduk, melipat meja, menurunkan sandaran dan mengenakan sabuk pengaman...
Hapusenakan buat usaha gan ketimbang di isiin gituan ya ? hahaa
BalasHapusemang usahanya angkut pete kok
Hapusceritane detektif ya .....
BalasHapusmobil yg kedua, bisa sampe ancur dari depan ke kebelakang.. itu isinya udah gak karuan.
jelas dong
Hapusancur jelas
Hapus*jejeli gelas..
Nabrak Jupe dijamin aman.. paling parah dijotos Gaston....
BalasHapushahaha kacaw
Hapusyang penting apapun mobilnya minumnya tetap teh botol :-)
BalasHapuskalo minum wishkey tar nabrak lagi dong..?
Hapusnice info bang Rawin, closingnya ngakak 'mendingan ditabrak Jupe' wakakakakak. :))))
BalasHapusmau cobain, om..?
Hapussaya tertarik lihat oleh2nya hehe
BalasHapusini sih ibu ibu banget
Hapushahah
perlu diketahui juga bahwa 5-star all new Ford Ranger yang ada di Euro NCAP dan ANCAP (australia) adalah tipe double cab yang dilengkapi dual SRS airbag dan side airbag. sementara untuk tipe tanpa airbag hanya mendapatkan 4-star (di ancap diwakili oleh Ford ranger SC - karena hanya tipe ini yang dijual di AUS tanpa airbag).
BalasHapusjadi belum tentu kendaraan yang dijual di indonesia rating nya sama dengan yang diujikan di eropa maupun australia karena banyaknya safety feature yang disunat atau dijadikan opsional untuk mengurangi harga jual
Nah itu kenapa aku bilang kendaraan merk dan tipe sama, buat dipasarin di Indonesia pasti beda dengan yang buat pasar Eropa. Contoh di atas pake standar Eropa karena cari data begitu buat mobil lokal susah, hehe
Hapus