25 April 2013

Instal Line Messenger di Ubuntu

#Bimbingan Orang Tua

Dasar si bebek...
Abis bikin jurnal tutorial, begitu banyak yang nanya-nanya malah uring-uringan. Kenapa ga ikutan kaya orang lain yang blognya khusus tutorial tapi suka cuek dengan komen masuk. Apalagi yang bersifat pertanyaan teknis. Kadang cuma dijawab "terima kasih kunjungannya..."
#Dodol..


Beban tanggung jawab itu yang bikin aku seringkali males nulis tutorial. Tapi demi temen, kali ini aku ceritain pengalaman pribadi deh. Sekali lagi cuma pengalaman, bukan tutorial...


Maraknya aplikasi android, sementara aku ga punya gadget ber-OS itu memaksaku instal emulator di laptop. Emulator android yang aku pake adalah BlueStacks, mengikuti apa yang diajarkan si Bebek.

Namanya emulator itu tidak bakalan sempurna sebagaimana aslinya. Ini yang sering tidak dipahami oleh sebagian user. Sehingga ketika ada masalah suka bikin repot penulisnya. Aku coba instal di laptop HP430 dengan OS Windows 7 Ultimate 64bit, aplikasi semacam Whatsapp, Facebook, Twitter berjalan lancar. Tapi untuk WeChat dan Line selalu crash.

Beruntung Line mengeluarkan aplikasi versi PC sehingga bisa instal langsung di Windows. Donlot saja langsung di websitenya Line lalu instal sebagaimana umumnya.

Yang perlu diingat, Line versi PC ini tidak bisa dipakai untuk SignUp. Mendaftarkan dirinya harus di hape android dengan memasukan nomor hape berikut email. Akun email ini yang nantinya digunakan untuk login ke Line versi PC.

Pendaftaran email ini pun harus dilakukan di hape android. Walau Line versi Java juga ada, fasilitas memasukan alamat email tidak aku temukan. Entah untuk versi Blackberry atau iPhone aku belum coba. Aku sendiri daftarnya lewat Line di BlueStacks. Kalo cuma daftar doang masih bisa dan belum sampai crash.




Tutorial instal Line di PC versi Windows aku lihat bertebaran di Google. Yang butuh panduan silakan cari sendiri. Berbeda dengan cara instal Line versi PC di Linux, jarang banget artikelnya. Repotnya aplikasi ini tidak bisa diinstal secara langsung menggunakan emulator Wine.

Aku nemu tutorial ini di Solutions4Linux

Kemudian coba instal di laptop HP430 dengan OS Xubuntu 13.04 beta 2 64bit. Syarat utamanya di Ubuntu kita sudah terinstal Wine. Kemudian buka terminal lalu masukan perintah-perintah dibawah ini


#!/bin/bash
mkdir line_tmp
cd line_tmp
wget http://dl.desktop.line.naver.jp/naver/LINE/win/LineInst.exe
7z x -y LineInst.exe
inode1=$(ls -ilab | awk 'FNR == 4 {print $1}')
inode2=$(ls -ilab | awk 'FNR == 6 {print $1}')
find . -inum $inode1 -exec mv {} LINE \;
find . -inum $inode2 -exec mv {} resources \;
mv ./resources/res ./LINE
mv ./LINE ../
cd ..
rm -R line_tmp



Kalo sebelumnya sudah donlot installernya, berarti perintah baris kedua sampai keempat bisa dilewati untuk menghemat benwit. Bikin saja folder di home dengan nama line_tmp kemudian installernya masukan disitu.

Pada proses instalasi yang aku lakukan muncul error sebagai berikut :





Abaikan saja dan lanjutkan sampai selesai. Buka folder LINE di home lalu klik dua kali pada file Line.exe. Di laptopku muncul error begini :





Abaikan juga dengan klik tombol close lalu aplikasi Line Messenger pun terbuka dan silakan login dengan alamat email yang sudah didaftarkan.

Tidak ada perbedaan cara penggunaan dengan Line versi Windows. Tetap enteng tidak seberat Whatsapp pake BlueStacks juga belum pernah terjadi crash.

Sedikit beda hanyalah tombol minimize / close yang biasanya ada di bagian atas aplikasi. Di Ubuntu tombol itu tidak kelihatan. Untuk meminimize cukup klik aplikasinya di taskbar. Kalo mau menutup, juga melalui taskbar pakai klik kanan kemudian pilih close

Satu lagi kekurangannya. Apabila aplikasi tertutup program lain misalnya browser, saat ada pesan masuk kadang notifikasinya tidak muncul. Tidak ada taskbar berkedip-kedip seperti di Windows sehingga perlu diperiksa sesekali kalo-kalo ada pesan baru.


Kira-kira begitu yang aku alami saat menginstal Line Messenger di Linux Ubuntu. Spesifikasi perangkat dan versi Operating System berbeda mungkin akan beda pula ceritanya. Silakan dicoba-coba sendiri bila menemukan masalah.

Semoga bermanfaat...




69 comments:

  1. wow keren mas eko :D kalau windows gimanaaa bisa nggak ya? heeehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bisa lah. monggo dibaca ulang...

      Hapus
    2. apik endi line karo wechat mas?

      Hapus
    3. aku malah ga sempat make wechat
      baru nyoba bentar di bluestacks udah crash

      Hapus
  2. Hahahaha...mangap deh mamaassss...:))
    Maaciihh...
    Ntar tak kasih lele bkt deh sebagai hadiahnya..


    *ambil serokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogah ah lele cap podol mah...

      Hapus
    2. Gurih loooh...

      Eniweeii, napa namaku jadi 'Bebekgalaw' seehhh...?!
      *sidakep*

      Hapus
    3. emang kalo nama bukan dari sononya ya..?
      yudah tar tukeran nama sama syam aja deh...

      Hapus
    4. Tidaaaaaaaakkk....

      Yadah gitu ga papa deh..hiks

      Hapus
    5. Tos aja kita mbak, sama2 korban ceritanya.. hahahaha

      Hapus
    6. ah elah korban..?
      bulan haji masih lama, non...
      tar aku ganti deh jadi bebekmatahari dan syam sagira...

      Hapus
    7. Bulan haji mah musim orang kawin mas..
      Bebek mana laku dikorbanin..?!

      Hapus
    8. musim kawin mah malem jumat kali..?

      Hapus
  3. Sudah pakai ubuntu yah Mas,saya masih di windows ini hehe :)

    BalasHapus
  4. Aaaahhh, merusak pasaran nih masraw --"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ituuuu namanya kok kek gitu sihh, orang seksiy gini kok ;)

      Hapus
    2. iya yah lupa
      padahal ibu ini seksi komsumsi
      *makan mulu...

      Hapus
  5. Mantabh Mas. Udah jarang ngoprek-ngoprek kompi euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah nyaman om
      jauh dari resiko error...

      Hapus
  6. Aku klo make line di hp ko kurang nyamannya lebih suka make whatz app. WA ada yg buat PC pa ga ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lik. instal bluestacks aja dulu...

      Hapus
    2. itu masalahnya om, bluestack nya k' gk bisa diinstal ya di linux.. gmna caranya? tolong gan pencerahannya.

      Hapus
  7. wis donlot jaman esih ubuntu 10 tapi urung sida ke isntal-isntall..jebul siki wis versi 13 yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah rika sih pancen maju mundur baen nak apa apa
      tiru lik zach baen kueh, dimut...

      Hapus
  8. wah keren nih mas,tapi sayang saya masih pakai window,bisa nggak pakai window7?

    BalasHapus
  9. ujarku usus buntu. kayane rika dudu dokter koh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayane sih malah otak buntu, lik...

      Hapus
    2. diCilembu kalau ketemu jalan buntu, tinggal ditebas pohonannya pake golok

      Hapus
    3. kaya jaka sembung dong..?

      Hapus
  10. pengen nginstal LINE di Mac :D

    BalasHapus
  11. kalau aku justru di line belum pernah chatting sama teman2, sepi :D

    aku milih pakai whats app aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. wasap berat, bro...
      harus pake emulator. kalo line kan bisa langsung...

      Hapus
  12. aku jg sudah install Line di PC mas.. nomormu piro hehehe
    eh eh nek aku mau follow blog ini piye carane mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomerku mung siji, bu..?
      kalo mau ngasih sekalian hapene yo..

      Hapus
  13. mantep gan maknyus artikelnya, terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  14. Hey guys i just updated my tutorial and its working again.
    In the newer versions you also need to install vcrun2008 with winetricks.
    The errors are still appearing but it works as it should. Maybe its some issue with the unicode.

    greetings
    dw

    BalasHapus
    Balasan
    1. i'm also using winetrick to instal vcrun2008 after installing playonlinux
      thanks for your info, bro...

      Hapus
  15. thank ya boss infonya, tenyata installer linenya harus di extract dulu, hahahha
    berarti mungkin bisa di gunakan untuk install aplikasi lain hehhehee
    thankyou gan :)



    numpang naro link ya gan :)
    Villa istana bunga | rental villa istana bunga | Cari Villa Murah di bandung

    BalasHapus
  16. kalo di 12.04 beta 2 gmn yahh?

    mv ./resources/res ./LINE -> mv: cannot stat `./resources/res': No such file or directory

    BalasHapus
    Balasan
    1. perintah mv itu kan untuk mengubah nama folder line_tmp yang dibikin diawal menjadi folder LINE. coba dicek pake nautilus folder line_tmp masih ada apa engga. kalo sudah berubah menjadi LINE berarti perintah tersebut pernah dieksekusi sebelumnya. kalo masih pake nama line_tmp, diubah langsung juga bisa

      semoga membantu...

      Hapus
  17. permisi om mw nanya yg agak melenceng dari topik haha..
    kalo buka aplikasi line pake bluestack kok crash mulu ya? apalagi kalo mw chat sm buka timeline. saya make windows 7. makasi sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. line di bluestack emang suka gitu. makanya donlot aplikasi desktopnya saja. aplikasi yang aku instal di ubuntu ini sebenarnya memang buat windows kok.

      di windows ga ribet kaya diatas. langsung dobel klik saja instalernya.donlot instalernya langsung di websetnya line saja biar dapat yang terbaru. link ada ada di atas tuh...

      Hapus
  18. versi dekstop maksd nya line for PC gan?

    gw ud nyoba nih reinstal trs donlot lagi di websitenya make yang line for android. donlotnya berhasil..tapi masih crash gan, malah ane uda nyoba di store lain slain google play (di bluestack) tapi masih crash T.T salah nya apa ya om? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul
      kalo instal di pc kenapa musti pake bluestack? emang suka error kalo pake emulator. makanya line keluarin yang versi pc itu. sudah dicoba belum?

      kalo belum, coba buka line.naver.jp/en
      klik download di bagian atas lalu pilih di bagian bawah, pakenya mac, windows apa windows 8. selama ini kalo pake itu lancar kok termasuk di linux. pake bluestack ga rekomen deh...

      Hapus
  19. oo, oke deh gan. ane udh coba LINE for PC. thanks for info (y)

    BalasHapus
  20. Aku ga tertarik sama line..dari pertama liat iklan line, aku udah ga suka..punya android, tapi kebanyakan isinya games. Gara" udah klop banget sama FB, aku ga mau download line, trus aku ga gengsi kok ngeliat orang main line..maaf kalo curhat ya, setiap orang punya pendapat yang beda"

    BalasHapus
  21. tanya om, itu penempatan aplikasinya gk masalah ya mau dimana saja, saya pake asturix ni om,, evolusi dari ubuntu.. thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku blm kenal asturix. Tapi kayaknya ga jauh beda, om. Taro di home saja folder linenya

      Hapus
    2. ini sudah dimasukin ke home om, terus masuk ke terminal masukan perintah ke 1, "2,3,4 dilewatin ya om??

      Hapus
    3. gagal si om, tp gk papalah, nanti di coba lagi.. soalnya kalau pc pakai mac uda ada line nya, tp laptop saya pakai asturix.. belum ada line. malah laptop yang sering dibawa kerja om. pc kan dirumah.

      Hapus
    4. aplikasi line for pc nya sudah download ya..?
      jadi urutannya begini

      bikin folder line_tmp di home, lalu masukan instaler line nya kesitu. yakin ya instaler itu untuk windows bukan mac..?

      lanjut di terminal ketik :
      #!/bin/bash
      7z x -y LineInst.exe
      inode1=$(ls -ilab | awk 'FNR == 4 {print $1}')
      inode2=$(ls -ilab | awk 'FNR == 6 {print $1}')
      find . -inum $inode1 -exec mv {} LINE \;
      find . -inum $inode2 -exec mv {} resources \;
      mv ./resources/res ./LINE
      mv ./LINE ../
      cd ..
      rm -R line_tmp

      oh iya...
      sebelumnya sudah instal wine kan..?
      kalo belum instal dulu dong. kalo aku sih lebih suka pake playonlinux. sama saja wine tapi lebih simpel lain-lainnya ga perlu instal satu persatu.

      kalo belum bisa juga, periksa deh pada waktu instal playonlinux, vcrun2008 nya sudah keinstal apa belum

      rada ribet tapi asik buat diutak atik ya..?

      Hapus
    5. iya itu kesukaan saya om, bukan om ini linux (ubuntu), kalau yang di mac, saya sudah tau caranya om.. cos pc saya pakai mountain lion.. sudah saya instal lan nya, ini untuk laptop om, dari kemarin2 cari2 tentang instal line gk dapet2 di google.. eh dapetnya di blog oom. :-D

      wine sudah di instal k' om.. harus dibuat folder dulu ya om.. emang si tadi cuma ane pindahin aja.. gk dibaut folder

      Hapus
    6. gk bisa dibuat Line_tmp (underscor) nya gk bisa dibuat om, tadi uda dibuat tapi dia nolak..

      Hapus
    7. oooh berarti harus masuk sebagai root ya..?
      bikin foldernya dari terminal bisa gak..?

      #!/bin/bash
      mkdir line_tmp
      cd line_tmp

      kopikan instalernya ke folder line_tmp
      lalu lanjut ke langkah berikutnya 7z x -y LineInst.exe dst dst

      coba bikin foldernya pake perintah sudo mkdir line_tmp mau gak..?
      jangan menyerah ya...

      Hapus
    8. kalau menyerah, maka gagal lah line nya. hehhehehe :-D

      Hapus
    9. mission success, apa nama nick line nya om??? :-)

      Hapus
  22. mas klo ubuntu 10.04, bsa g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah nyoba, tapi semestinya bisa.
      coba saja ya, utak atik linux kan asik...

      Hapus
  23. gan knpa pada tahap ini .
    find . -inum $inode1 -exec mv {} LINE \;
    find . -inum $inode2 -exec mv {} resources \;

    muncul kayak gini ya. ??
    find: paths must precede expression: drwx------
    Usage: find [-H] [-L] [-P] [-Olevel] [-D help|tree|search|stat|rates|opt|exec] [path...] [expression]

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan.. ane juga kaya gitu. ane pake Ubuntu 13.10

      Hapus
  24. min tau cara install blustacks di linux ga ?

    BalasHapus
  25. admin ko line saya malah item semua si? tulisan nya malah jadi gak keliatan deh

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena