03 Juli 2012

Rencana Perjalanan

#Semua Umur

Musim liburan kali ini, beberapa teman yang berlibur ke Jogja menyempatkan diri mampir. Dan dalam salah satu obrolan tentang jalan-jalan, ada teman yang mempertanyakan kenapa caraku membuat rute perjalanan tidak sebagaimana lazimnya orang lain. Yang dimaksud lazim adalah, pada umumnya orang memilih obyek wisata terkenal sebagai tujuan. Berbeda denganku yang justru menelusuri jalur jalan yang sepi.

Sebenarnya ini cuma masalah kebiasaan. Saat kebanyakan teman akan mengunjungi suatu tempat, biasanya akan mencari-cari info di internet. Otomatis yang masuk dalam catatan tujuan adalah obyek-obyek besar yang sering diekspos. Makanya aku sempat komentar usil ke salah seorang teman yang membuat rutenya loncat-loncat tak karuan sehingga lebih banyak waktu terbuang di jalan. Tapi karena punya tujuan pasti, cara semacam ini tak menjadi masalah.

Untuk aku sendiri, saat merencanakan perjalanan tak pernah membuat catatan tujuan pasti. Cukup buat satu tujuan lalu buka peta dan cari jalan alternatif yang cenderung menghindari jalan raya utama. Saat menemukan lokasi yang asik langsung parkir pinggir jalan gelar tikar. Atau tanya-tanya ke penduduk setempat kalo-kalo ada tempat wisata yang asik walau belum terkenal. Contohnya seperti saat cuti yang lalu. Tujuan awalnya pengen ke Bromo. Kebanyakan mampir-mampir akhirnya malah ga sempat sampai Bromo sudah balik karena kehabisan bekal.

Dengan cara ini, aku seringkali menemukan kejutan. Banyak tempat yang baru aku dengar saat itu tapi pemandangannya begitu menakjubkan. Memang masih sepi, namun justru itu daya tariknya. Benar-benar masih alami belum banyak tercemar sampah dan bangunan tambahan yang menurutku justru merusak keaslian lokasi.

Tidak terlalu banyak orang membuatku lebih leluasa menikmati suasana. Terus terang aku suka pusing kalo niatnya refreshing tapi mau masuk saja susahnya minta ampun. Di jalannya saja sudah macet yang bikin pegel kaki bolak-balik injek kopling. Cari tempat parkir susah dan begitu masuk sudah mumet duluan lihat manusia berjubelan kayak semut.

Belum dikenal makanya tiket masuknya murah meriah malah seringkali gratis atau cuma dipasang semacam kotak amal saja. Bandingkan dengan masuk ke Borobudur misalnya yang pasang tarif tiket sampai 30 ribu per orang. Atau ke Parangtritis yang sekali parkir 10 ribu perak. Pindah parkir kena lagi 10 ribu. Kalo diruntut dari makan di pantai Depok, lalu ke gumuk pasir, terus ke Parangkusumo kemudian geser lagi ke Parangtritis, untuk parkir saja bisa lebih dari 50 ribu.

Belum lagi kalo pengen wisata kuliner. Harga makanan di obyek terkenal di musim liburan suka pake acara getok kepala segala. Apalagi yang jual jajanan atau mainan anak. Melihat bawa anak kecil terus saja dikintil kemana-mana. Mungkin dikiranya kalo orang jalan-jalan tuh selalu duitnya banyak kali.

Memang tak selamanya enak. Ada juga satu dua lokasi yang ga asik karena kurangnya prasarana. Itu sudah resiko, namanya juga kelas kakilima masa minta fasilitas bintang lima. Tapi secara umum aku nyaman dengan cara wisataku yang ga umum itu.

Ada pendapat lain..?




8 comments:

  1. Seru sih mas, asal itu td yg sy bilang tau jalan/kendaraan sendiri dan punya budget cadangan untuk hal yg tak terduga2
    Kalau untuk org yg baru pertama kali datang ke jogja otomatis melampiaskan rasa penasaran ke daerah2 yg sering dibahas orang, hehe... yah tp iyasih, kenyamanan dan biaya kdg dilebih-lebihkan. mungkin krn waktunya kunjungannya jg kali yah :)

    BalasHapus
  2. kalau sudah terbiasa seperti itu enjoy2 aja ya mas perjalanannya. loh udah mudik toh ?

    BalasHapus
  3. Yaa musim liburan memangbegitu kali ya MAs..
    Semua tempat wisata penuh, dan HTM pun pasti edisi khusus di naikkan..
    Udah Macet..
    TApi kalo niatnya seneng2, apapun resikonya pasti enjoy tuhh..

    Met Liburan ya..
    Pengen liburaan ke Yogya lagii..

    BalasHapus
  4. enaknya itu jalan-jalan pas bukan musim liburan. tapi waktu aku ke bali menjelang natal belum begitu rame, ramenya menjelang taun baru. dianterin malah sama sobat blogger... uhuy... dikatain temen, siapa tuh brondong... hahaha

    BalasHapus
  5. nt emang bukan main deh browwww... cara yang nt lakukan selalu mengundang decak kagum saya xexeexexe

    BalasHapus
  6. ora omom.... maen ke tempatku bang... ada tempat ora omom... kali petung namanya, buat arung jeram biasanya, tapi pake debog gedang, anak - anak SD tuh yang sering balapan disitu....

    BalasHapus
  7. tempat wisata terkenal itu tempat favorit untuk menarik pajak loh...

    #tanya saja sama pemerintah dan preman :D

    BalasHapus
  8. iya pak,, lebih baik ke tempat sepi yang belum tercemar.. dan masih asri pasti suasananya juga masih asli dan udaranya masih sejuk..

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena