23 Juli 2012

Tanpa Tujuan

#Semua Umur

Seringkali jalan-jalan ngaco seperti dalam jurnal Tambi kemarin, ada teman yang nanya setengah komplen, "bolak-balik nyasar mulu, kenapa masih nekat tur tanpa tujuan..?"

Kata kuncinya cuma satu, nyaman.
Terus terang aku enjoy dengan caraku berjalan-jalan tanpa pakem seperti itu. Alasan pertama adalah soal perjalanan. Saat ditentukan satu tujuan misalnya ke Dieng, yang terpikirkan dari awal sampai akhir hanyalah Dieng. Sepanjang perjalanan tidak mikirin yang lain-lain, pokoknya tancap sampai di tujuan.

Walau dari awal bilang mau ke Dieng, buatku bukanlah tujuan utama. Mungkin lebih tepat bila dikatakan arahnya menuju Dieng. Soal nantinya mampir di mana atau jadinya kemana bukan masalah. Dengan pemahaman seperti ini, perjalanan bisa dilakukan dengan sangat santainya. Tak ada istilah diburu waktu apalagi sampai kebut-kebutan. 

Apa yang ada sepanjang jalan bisa dinikmati. Liat yang aneh sedikit tinggal minggir dan gelar tikar. Nemu jalanan macet tak perlu ngomel. Cukup putar balik cari rute atau tujuan lain. Masuk jalan alternatif yang belum dikenal jadi tanpa beban. Saat nyasar dari tujuan semula, tak perlu balik kanan nyari jalan yang benar. Terus saja lanjut dan nanya ke penduduk setempat, "jalan ini tembusnya kemana, pak..? Ada tempat asik apa yang bisa disambangin..? dll dll..."

Alasan selanjutnya adalah soal anggaran. Umumnya saat menentukan tujuan wisata, rencana pengeluaran mulai disusun dan disiapkan. Sehingga belum berangkat saja sudah terbebani kalo mau nyampe kesana harus ada duit sekian. Sampe tempat tujuan suka pusing kalo nemu sesuatu yang di luar perkiraan. Misalnya anggaran nginep semalem cuma 300 ribu, ternyata penuh semua dan paling murah 500 ribu. Mending kalo dana cadangannya longgar. Kalo mepet, mau ga mau harus menyunat beberapa mata anggaran yang lain-lain.

Menelusuri obyek alternatif tidaklah terlalu banyak membebani. Pokoknya tinggal diitung punya duitnya berapa, langsung berangkat. Mau pake hotel murah atau bintang, mau makan di angkringan atau resto tinggal sesuaikan dengan kondisi lapangan. Salah satu masalah terbesarku dalam acara jalan-jalan adalah anak-anak. Kalo saja tidak ada bayi 2 biji, mau dibikin apa saja ga masalah. Tak mungkin aku maksain terus jalan dengan alasan belum sampai tujuan saat anak-anak sudah kelelahan. Aku juga harus lihat kondisi mereka saat cari penginepan. Cukup di homestay murahan, atau perlu AC atau butuh mandi air panas dll dll. Kuncinya cuma satu. Saat setengah anggaran sudah terpakai, berarti sudah masanya membuat rute ke arah jalan pulang.

Ada memang teman yang komplen, katanya bisa begitu karena pake kendaraan sendiri. Padahal ga begitu juga. Dulu aku juga sering pakai kendaraan umum dengan pola yang sama. Tar deh aku ceritain di jurnal selanjutnya.

Tapi biarpun nyaman, masalah tetap saja ada. Contohnya saat ke Tambi kemarin. Karena rencananya mau nginep di Dieng, perlengkapan yang berkaitan dengan udara dingin jadi prioritas. Ketika akhirnya gagal mencapai Dieng dan terdampar di Semarang, tentu saja jaket, kaos kaki, selimut dan pakaian tebal-tebal jadi mubazir. Tidak terpakai padahal memakan tempat di bagasi.

Lebih mumet lagi waktu Citra minta mampir renang di waterpark. Mana ada persiapan celana renang. Tak mungkin kan renang pake jaket kulit. Memang ada celana kolor, cuma aku masih trauma dengan kejadian saat renang di Seturan dulu. Ga bawa celana renang, nekat nyebur pake kolor. Begitu nyebur dari papan loncat, orangnya sukses menyelam ke dasar kolam, tapi kolornya ketinggalan mengambang di permukaan. Untung saat itu pengunjung masih sepi. Coba kalo banyak cewek, apa engga bikin ngetop tuh..?



22 comments:

  1. kalau jaketnya dipakai disemarang jadi salah kostum ya mas hehehe secara semarang panas. aku yang terbiasa disini panas kalua kesemarang saja kayanya lebih panas disana

    BalasHapus
  2. hmm,asyiiknya bisa jalan-jalan...
    Memang yang paling penting menjalani semuanya dengan nyaman ya, dimanapun..,acara apapun,fasilitas apapun yang jadi pilihan kita.Tapi,pas baca kisah Seturan,Kaya'nya super nggak nyaman ya?hihiiii,jangan sampai terulang lagi ;),Salam..

    BalasHapus
  3. "pernyataan yang terakhir"... bisa di masukin youtube tuch.. siapa tau jadi terkenal kaya justin bibir...

    BalasHapus
  4. waktu aku kecil dulu suka dibawa roadtrip sekeluarga sama papa ku, dia seneng nyetir soalnya.. kadang tujuannya ga jelas, cuman mau makan duren di purwakarta jadinya bablas ke merak. seru tapi nyaaaah.. sekarang udah ga pernah lagi, cuman tinggal aku aja yg msh keliaran kemana2 wkwkwk

    BalasHapus
  5. renang pakai kolor kalau terjun yah kakinya dulu lah... hukum fisika berlaku kalau ga mau kolornya lepas *ups

    BalasHapus
  6. secara sepintas kang rawin mirip sapa ayo.. :D

    *pasha ungu..

    *weeeee ?!

    BalasHapus
  7. Komen atas saya emejing! Kang Rawins mirip Pasha Ungu? Hmmm...

    Rencananya ke Dieng tapi malah ke Semarang? Emang deket? *liat peta dulu*

    BalasHapus
  8. samaaa saya juga seneng kadang kalo jalan-jalan spontan, gak direncanakan sebelumnya.

    asal ada duit aja :D

    BalasHapus
  9. kalau aku permasalahannya soal waktu deh sepertinya.. ntar kalau waktunya udah habis tapi kita kondisinya ditempat yang sulit untuk pulang kan ribet tuh >.<

    BalasHapus
  10. selamat berpuasa bagi yang menjalankanya.jalan-jalan emang enak,salam love,peace and gaul.

    BalasHapus
  11. Semakin ngetop semakin baik, he he ?$#$%^

    BalasHapus
  12. Tambi itu di Dieng tempat kebun teh ya? Kolam renang seturan yang namanya Depok itu? aku belum pernah kesana katanya rame banget

    BalasHapus
  13. waduh, jangan sampe kejadian tu yang kolornya ngambang hihi. :b

    BalasHapus
  14. spontanitas, itulah sifat alami kehidupan. hebat jika kita juga bisa membiasakan spontanitas itu, dan salah satu rahasia kelimpahan hidup ada dalam tindakan spontan

    BalasHapus
  15. Sama banget om kayak aku!
    Cuma belom pernah sih yg jarak jauh begitu. Ya palingan sama pacar jalan2 ke Bogor nih misalnya dari Tangerang, tapi sampe atau nggak-nya ya ngga masalah, yg penting nemu pengalaman baru di jalan, & banyak yg bisa diliat di jalanan. Trus pulang lagi deh. Hihihi.

    Apa kabar om?

    BalasHapus
  16. bener juga ya pak,, kalau dipikir-pikir asyik juga wisata yang seperti itu.. jadi bisa nyasar ke tempat wisata lain.

    BalasHapus
  17. Hmmm setuju sangaat!! jalan2 tanpa tujuan,, tetap menikmati proses perjalanan,, sukaa,,, ^_^

    BalasHapus
  18. sama kayak saya, suka keluyuran tanpa tujuan dan hasilnya pengalaman. soalnya kalau dengan tujuan sering hasilnya kekecewaan

    BalasHapus
  19. aaaaak makin pengen ngajak Ziandra mbolang Om... :)

    lama tak berkunjung.. salam hangat Om, peluk cium untuk 2 biji anaknya ya

    BalasHapus
  20. kathok kolornya gak anti air yo kang hehehe

    @kakve: kalo waktu pertama liat poto
    kang rawin, tak kirain carles bonar sirait :D

    BalasHapus
  21. jalan-jalan bersama keluarga selalu membawa kebahagiaan. salam kenal sobat

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena