11 Juli 2012

Nyimi Nyimi

#Bimbingan Orang Tua

Miris juga liat anak tetangga yang masih bayi sudah fasih dengan lagunya waterpen atau trio macan. Suka ga suka memang sudah begitu kenyataannya. Sebuah resiko dari yang dinamakan kemajuan jaman. Padahal anak sekarang kalo dilarang bukannya nurut malah kaya disuruh. Makanya ketika aku lihat Citra mulai akrab dengan kotak ajaib berjudul tipi, aku mulai ancang-ancang cari solusi yang tidak terkesan mengekang anak.

Kesukaannya pada serial sondesip tidak aku batasi. Malah aku donlotin ada kali 80 episode sebanyak 10 GB lebih dan aku simpan di PC. Setiap Citra sudah mulai bilang sip, tidak aku arahkan ke tipi melainkan ke PC yang disambungkan ke proyektor. Sengaja aku pakai proyektor, karena anak sekarang kayaknya susah sekali diatur untuk menjaga jarak dari tipi. Dengan menontonnya di tembok, bahaya radiasi layar monitor bisa dikurangi. Soal pemakaian listrik yang membengkak buatku ga masalah. Anggap saja itu merupakan harga yang harus ditebus demi kesehatan mata anak dan yang paling penting anak tak begitu peduli dengan tipi lagi.

Untuk antisipasi masuknya lagu remaja, aku suka selipkan lagu-lagu anak jadul macam bintang kecil atau menanam jagung. Memang cukup efektif dan bisa menepis musik dewasa dari benak Citra walau bukan tanpa efek samping. Saat anak baru belajar bicara dan otaknya masih polos, dampak dari lagu itu meresap lumayan jauh dan agak susah untuk diperbaiki secara instan.

Biar begitu, menurutku masih lebih baik daripada pagi-pagi sambil ngemut dot sudah teriak-teriak di atas pagar tembok, "yunowmisoweeeel...."

Contoh kekeliruannya adalah saat menyebut topi, si Ncit ga bakalan cuman bilang topi saja, melainkan selalu bilang topi saya bundar. Waktu lihat kereta lewat, dia akan bilang, "ayah, ada kereta api tututut..." Atau waktu jalan ke pedesaan mendaki bukit, Citra akan komentar, "gunung tingi-tinggi sekali, ibu..."

Kalo di luaran ada istilah asal bapak senang, disini yang berlaku asal anak senang. Tak peduli yang tua sampai jeleh tiap hari disuruh nyanyi telek dung.. telek dung.. telek dung lalala... 

Atau sepanjang perjalanan Jogja sampai Cilacap harus bolak-balik teriak dorrr... setiap sampai pada kata meletus balon hijau. Waktu masih di Jogja yang jalanannya mulus sih gapapa. Masuk Cilacap yang aspalnya remuk, goyang dombret diiringi lagu anak-anak, beneran deh berasa naik odong-odong.

Satu lagi yang rada membingungkan adalah kebiasaan Citra merusak lagu seenak udel dia. Aku sendiri ga tau darimana asal mulanya sampe si Ncit kalo nyanyi pok ame ame bunyinya gini. "Siang makan nasi kalo malem nyimi nyimi..."

Nyimi nyimi tuh apaan ya..?
Jangan-jangan..?



21 comments:

  1. wah, ide bagus tuh nonton pake proyektor. mantep, gambare gede.

    BalasHapus
  2. huehehehe.. klu harus goyang dombret terus tiap legokan.. ntar lagunya jd kek gmn kang tuu?!?!? :p

    BalasHapus
  3. hahaha, iyaya... nyimi-nyimi itu apa yah?

    jadi ingat waktu diparangritis citra bilangnya
    "ayah... banjir ayah" hehehe :)

    BalasHapus
  4. Iya ikutan miris meski saya belum jadi orang tua [tp umur sudah tua sih], anak-anak sekarang lbh fasih lagu rang dewasa ketimbang anak-anak. bahkan event lomba lagu anak-anak pun content lagu yg dilombakan juga lagu orag dewasa tuh.

    BalasHapus
  5. kalo di TV ada tulisan BO (bimbingan orang tua)
    kalo di pingir jalan BIMBEL (bimbingan belajar)

    bermaksud melucu malah kriyuk2

    BalasHapus
  6. saya suka sondesipnya,
    hihihi
    nyimi..nyimi..
    bukan chibi chibii kan?

    BalasHapus
  7. kyak e aku tahu deh nyimi - nyimi itu apa...
    #rahasia citra...

    BalasHapus
  8. beneran sob suka teriak younomisowelll ??? hahahaha ... ada2 aja :D
    nah ntu nyimi2 ?? hahahahaha ... ente gak sadar ngigo kali terus dia denger ... hahahahaha :))

    BalasHapus
  9. Orang tua yang sangat luar biasa. Saya jadi terinspirasi, kelak kalo udah punya buah hati bakal ngelakuin hal yang serupa supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang luar biasa pula dan tidak terjerumus dalam gelapnya globalisasi...

    Salam dari Palembang...

    BalasHapus
  10. Apa emang om nyimi-nyimi itu?

    BalasHapus
  11. Hahahaha,

    Didownloadin sampe 80 episode? Hebat omom

    BalasHapus
  12. memang seharusnya begitu, menjauhkan anak dari hal-hal negatif,,

    kalau anak-anak ngerubah lagu seenak udel udah gak aneh lagi.. harap dimaklum, namanya juga ank-anak

    :)

    BalasHapus
  13. nyimi-nyimi ucuuunaa mama citra :D

    BalasHapus
  14. bukti kalau anak kecil gampang terpengaruh hal-hal baru

    BalasHapus
  15. kenapa gak sekalian dijadiin kuis yang bener nebaknya dapet hadiah... oke... dimulai dari nyimi nyimi dilakukan malam hari... so...

    BalasHapus
  16. Jadi orang tua yang bijak cukup ribet juga ya? apa lagi dijaman modern saat ini. Seperti yang sobat paparkan diatas "#Bimbingan Orang Tua" sudah tidak sedikit juga orang tua sekarang ikut modern mas, saking modern-Nya tidak lagi mau dibilang jadul. Jadi kalo anak bilang "jadul ah babeh or nyak dll" gak terima dibilang gitu akhirnya kasih kebebasan anak untuk memilih Miris!! Orang tua masih bisa labil juga hehe. Dengan postingan ini bagus untuk para orang tua yang ingin dibilang modern manfaat.

    BalasHapus
  17. kalo anakku ga ngomong apa-apa..
    lha wong aku kawin aja belom.
    hwehehehe

    BalasHapus
  18. Hehehe ... kosa kata Citra ya ada2 saja.
    Iya juga ya mas Rawins, radiasinya berkurang banyak kalo pake proyektor. Btw, macam mana proyektornya? Mahalkah?

    BalasHapus
  19. anak tetangga juga begitu, umur 3 tahun nyanyinya lagu para macan, dan yang lebih menggairahkan mereka anak kecil itu sudah ikut goyang perut. ada saja anak cewek mengangkat roknya lalu menggoyang-goyang pinggul di depan kaca jendela rumah.

    BalasHapus
  20. enak banget yaa. notonnya pake layar gede gitu. masa kecil yang membahagiakan.

    saya juga heran, kenapa sekarang ga ada lagi penyanyi cilik yang menyanyikan lagu anak-anak ya. Kepona'an saya yang kelas satu SD aja lebih tahu lagunya Syahrini ketimbang saya. --"

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena