12 Agustus 2013

Japri

#Bimbingan Orang Tua

Gara-gara suka nyebut japri, ada teman yang nanya melalui japri juga. "Apaan sih japri...?"

Jadi pengen ngikik...
Baru nyadar betapa jadulnya aku. Ketika orang sudah pakai istilah modern macam PM atau DM, aku masih saja suka keceplosan pake istilah jaman Jepang.

Jaman jejaring sosial belum lahir, istilah japri sering dipake di milis alias mailing list. Bila ada hal yang kurang etis dibicarakan di depan umum, miliser akan bilang, "lewat japri, bro..."

Secara umum japri  diartikan sebagai jalur pribadi. Sama dengan private message di masa kini namun dalam arti yang lebih luas. Karena apapun sarana yang dipergunakan asalkan bersifat private akan disebut japri. Bisa melalui email, IRC  atau Yahoo Messenger.

Biarin lah jadul juga...
Toh istilah dan maksudnya masih nyambung. Ketimbang kemarin aku sempat bengong, waktu di pesbuk ada yang jawab komen gini, "kirim inbox saja, mas..."

Bukan pesbuker gaul, aku musti nanya ibue Ncip. Beneran baru mudeng kalo inbox itu artinya kirim pesan pribadi. Ga nyambung amat ya..?
#garuk pantat panci...




Sarana japri favorit, sepertinya tidak ada. Di jaman android seperti sekarang ini, memang banyak yang bisa dipake. Pernah coba instal Whatsapp, Weechat, KakaoTalk dll dll namun pada akhirnya semua aku buang kecuali Line. Habisnya percuma, yang jadi teman tetap stok lama itu-itu saja.

Line aku pake karena ada aplikasi desktop yang bisa diinstal di laptop. Aku lebih suka chat di laptop yang ga pake repot ngetiknya. Sewaktu-waktu saja maksa pake hape, khususnya kalo lagi modol di WC.
#kuplukan panci

Aku lebih sering ngobrol pakai GTalk atau YM dengan id yang tak pernah ganti dari awal aku kenal chatting. Walau tak seramai dulu, di sana masih ada satu dua teman lama yang tersisa. Lumayan asik buat bernostalgia mengenang kejayaan masa lalu. Pengen sih main IRC lagi. Tapi bisa bikin aku turun pamor tar, dikira angkatannya mang Lembu...




YM masih aku pertahankan, karena masih saja ada yang panggil-panggil di sana. Kayaknya ini warisan dari partisipasiku di Yahoo Answers dulu. Baca-baca jawabanku disana ada yang kurang jelas lalu nguber ke YM.

Aku pikir ini lebih bermanfaat ketimbang pesbukTerlalu banyak yang ga penting, makanya chat pesbuk jarang banget aku aktifkan. Apalagi kalo muncul ajakan chat dari orang yang namanya saja susah dibaca.

Baru jawab sapaan satu kata, sudah keluar ketikan baru, "jmpolin stts q dunk kk..."
#celingukan cari panci...


Intinya
Biar identik dengan kata mojok, japri itu asik. Minimal dari obrolan itu aku punya bahan untuk bikin jurnal di blog...


74 comments:

  1. Lah, ane baru tahu kalau ada istilah Japri di milis :D
    Btw, mohon maap lair batin ya omm

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu tandanya si om bukan manusia jadul.. :D

      Hapus
    2. saya juga maaf lahir batin dong,
      jajane kari opo ae mas ?

      Hapus
    3. Tetangga saya namanya mas Japri Susanto, udah mudik ke Brebes mas Rawins

      Hapus
    4. mudiknya bawa jajan apa, pak..?
      tuh om agus minta...

      Hapus
    5. Geblek dari Jogja. Bandeng presto juga
      sayang sudah habis.
      Beliin donk

      Hapus
    6. geplak kali pak
      masa geblek..?

      Hapus
    7. haha itu baru geblek namanya..

      Hapus
  2. wenak lagi kalo japrian karo si Jumpri, ehm embeerrrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumpri kan langganane kang JP, langganan tuku laos

      Hapus
    2. langganan kok laos
      kalo kaos aku ikutan..

      Hapus
  3. wah jadi kangen dgn YM & IRC, selalu menarik berkunjung kemari, mohon maaf lahir batin mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kapan ya gabung lagi di dalnet..?

      Hapus
    2. hahhaha MIRC ya. Dulu saya pake MIRC saat masih kerja di warnet taon 2000 an. Nick saya @borneo waktu itu. Sekarang nick itu sudah diambil orang. Saya pake "konde" di depan nick saya itu. Maenannya di channel #angkring dan #america

      Hapus
    3. irc jadul tapi asik pak
      apalagi buat berburu donlotan bokep, hehe

      Hapus
  4. inget jaman pake irc...
    "asl please?!?"
    "Iya, saya yang Asli"

    *Gubraakkk....gigit zandal

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ternyata podo ae yo..?
      pertama kenal ceting, asl tak kiro tuh nanyain asalnya darimana...

      Hapus
  5. kirain japri tukang jual panci di pasar pancasila

    BalasHapus
    Balasan
    1. naha tukang jual panci..?
      kirain tukang sambit, teh..?

      Hapus
  6. Kojom ajaaaa kang
    wkwkwkw
    ym is d best lah, japri pokokmen ben orag konangan hihihi

    BalasHapus
  7. komunitas di IRC yang paling nendang, sampai ada gatheringan segala...
    sekarang tinggal sisa-sisa perjuangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesekali nengok, masih ada saja yang nongkrong disana ternyata

      Hapus
  8. Yg jelas aku masuk generasi jadul, Mas, karena lebih sering keceplosan japri ketimbang pm atau dm

    BalasHapus
  9. jadi japri itu istilah internet ya, inbox juga istilah internet ya, maklum lah gaptek mas..
    saya tahu nya cuma gelar kardus di bawah pohon mangga sambil ngisis

    BalasHapus
  10. Wah inyong berarti paling jadul Kang..ora ngerti sak kabehane...:D

    BalasHapus
  11. Minal aidzin wal faidzin saja ya ka rawins ?

    BalasHapus
  12. oalah,, , baru ngerti nek japri kuwi jalur pribadi,,,
    huhuhuhu,,,,,

    aplikasi malah q buang
    tggal wechatt aja

    BalasHapus
  13. Japri identik dengan sebutan nama orang tapi ternyata artinya"jalur pribadi" yakni bahasa lamanya kalau sekarang seperti dibilang tadi PM :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. japri itu nama orang ya
      kalo temenku namanya jupri sih..

      Hapus
  14. sodorin panci....

    untung nggak pernah ngajak chat di fb, jebul bakalan dicuekin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha jarang jarang buka. paling buat nyimpenin foto doang. selain itu ga ada yang penting disana...

      Hapus
  15. gara - gara japri jadi postingan ya mas...

    tapi chat pesbuk juga bagus mas, kan buat ngobrol antar negara dengan murah meriah

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun itu mang
      kalo nemu obrolan asik ya diketik ulang buat bikin jurnal

      Hapus
  16. Tapi si Japri oke juga tuh ...

    BalasHapus
  17. DM = Diterangkan Menerangkan..

    BalasHapus
  18. Sebelum komen mau ngucapin : Selamat Idul Fitri... maaf lahir batin.

    BTW... aku mau nyumbang panci aja deh #gaknyambung :p

    BalasHapus
  19. Bagaimanapun juga saya mau mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum..
    Mohon dimaafkan kesalahan dari saya yaa..

    BalasHapus
  20. itu yang wafat siapa?? -_- orang salah gaul.
    masih eksis di yahoo answer ternyata.

    BalasHapus
  21. jebulane enyong durung maca koh

    BalasHapus
  22. di android aku cuma pakai what's app mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak anak lebih suka line
      gara gara stikernya keknya bu

      Hapus
  23. terima kasih kang infonya, tadi via grup bbm ada temen bilang japrian, mau nanya lsg malu, ya cari aja di mbah google. Akhirnya ketemu blog sampeyan :) JAPRI : JAlur PRIbadi heeee heeee

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena