11 November 2008

Cowok di sebelah kanan...

Jalan bareng dengan temen yang pakar gender ternyata menyebalkan juga ya. Apalagi yang udah terlanjur menganggap aku tuh paling jago membuat tulisan yang menyudutkan salah satu gender. Padahal aku ga pernah sejahat itu kok. Lagian ngapain ndadak bawa cewe ke sudut kalo di mess juga kosong.
Halah...

Ceritanya gini...
Pas nyari tempat parkir di Malioboro, ada ibu nuntun anak kecil dengan posisi anaknya di sebelah kanan. Takut terserempet aku tuh sempat bilang, "anaknya di sebelah kiri dong, bu..."

Nah cuma segitu aja dah langsung panjang deh. Sampai temenku itu membahas kalo tata krama di Indonesia tuh ga adil buat cewek. Kenapa cewek harus jalan di sebelah kiri cowok. Padahal sebelah kiri tuh identik dengan hal yang kurang baik. Sampai dia nunjuk 2 bule yang jalan bareng dan cowoknya berjalan di sebelah kiri. "Itu, contoh orang berpikir modern. Cewek di sebelah kanan ga dipermasalahkan..."

Walau sempat bengong akhirnya aku balik nanya ke temenku itu. "Kalo cowok jalan di sebelah kanan itu berarti dia memang menghargai cewek. Kamu aja yang otaknya pendek. Cowok bule jalan disebelah kiri karena kebiasaan di negaranya yang mobilnya pakai stir kiri."

Wah, temenku itu malah menganggap aku berusaha membelokkan pembicaraan. Apa urusannya jalan di di sebelah kanan dengan stir mobil.

Sambil menyabarkan hati, kuterangkan pelan-pelan. "Karena di negara kita mobil jalan di sebelah kiri, sebaiknya cewek atau anak-anak juga jalan di sebelah kiri. Jadi kalau misalkan harus tersamber mobil (amit-amit deh...), yang kesamber cowoknya. Itu membuktikan cowok yang rela berkorban, melindungi cewek. Bukan sekedar masalah kanan atau kirinya ini, nooon..."

Huuuh...
Untung belom kawin, eh nikah. Kalo udah mungkin penjelasannya melebar ke masalah kenapa cowok posisinya diatas cewek. Walaupun woman on top asyik juga tuh...
Semmm...

2 comments:

  1. Emang mas. Orang kadang ga berpikir sejauh itu
    Bravo deh...

    BalasHapus
  2. saat berada dijalan kayanya ak ga perhan mikirin berada dikanan/kiri krna yg dipilir yg aman,sampai&slamet sampai tujuan aja
    & bagusnya lagi rajaku tau sat tepat melindungi ratux saat dijalan hee....

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena