16 Maret 2020

Bekerja Dari Rumah Untuk Pemula

Pertanyaan : Apakah bekerja dari rumah merupakan strategi penghematan biaya yang baik untuk perusahaan pemula?

Jawaban :

Saya asumsikan, anda sedang membuat perusahaan rintisan di rumah.

Berkantor di rumah memang dapat mengurangi beban biaya operasional. Hemat ongkos tidak perlu bayar ojek untuk ke kantor. Jam makan tak usah ribet cari warteg, masakan istri lebih enak, bisa lebih murah dan terjamin kebersihannya. Kerja pakai kolor doang bukan masalah. Dan yang paling saya sukai saya tak harus mandi pagi-pagi sekali.

Nyaman tapi beresiko banyak biaya siluman. Misal pengeluaran listrik yang menjadi salah satu komponen dalam menentukan HPP. Kita sulit mendapatkan angka real-nya berapa karena tagihan jadi satu dengan listrik rumah. Memasukan total tagihan listrik rumah jadi pengeluaran perusahaan bukan sesuatu yang disarankan.

Status perusahaan rintisan yang baru dimulai bisa dibilang menuntut kita bekerja 24/7 dengan fokus penuh. Masalah di rumah bisa menjadi penganggu. Lagi konsentrasi penuh bikin proyeksi rugi laba, anak nangis minta diantar ke warung. Anak sudah tidur, ganti istri senyum senyum kasih kode ibadah malam. Alamat kerjaan tertunda sampai besok pagi karena setelah itu bantal jauh lebih menggoda ketimbang laptop. Sepele namun cukup mengganggu.



Di kantor pun, bila ada pekerjaan software development, programmer saya karantina ke ruangan khusus yang tidak dimasuki staf lain yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan coding mereka. Ada masalah dengan software, silakan hubungi staf helpdesk atau business analyst. Apalagi cuma mau numpang ngopi, cukup dengan saya saja yang ahlinya.

Itu hanya gambaran umum. Hemat atau tidak, tergantung tipe bisnis dan apa yang anda kerjakan. Perhitungkan saja secara detil segala komponennya lalu perbandingkan mana yang benar-benar lebih efektif secara accounting.

Terima kasih
Salam, rwn

Repost dari Quora

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena