02 Maret 2020

Mengapa Photo Profile Bentuknya Bulat

Pertanyaan : Mengapa di sosial media, kebanyakan foto profil ditampilkan dalam bentuk bulat dibanding persegi seperti dulu?

Jawaban :

Karena foto profil identik dengan identitas yang semestinya cepat dikenali orang lain. Dengan bentuk bulat, kita bisa lebih fokus ke wajah tanpa harus terganggu oleh elemen lain di sekitarnya yang muncul pada bentuk persegi.


Dalam fotografi, foto portrait yang baik katanya harus menonjolkan obyek agar terpisah dari latar belakang. Karena frame berbentuk kotak, latar belakang seringkali menganggu fokus. Makanya digunakan teknik bokeh, mengaburkan gambar latar.

Dengan bentuk bulat, tanpa bokeh, mata bisa langsung tertuju ke obyek utama dalam hal ini wajah pemilik profil. Metode ini hanya efektif untuk gambar profil menggunakan wajah.

Dan memang ini tujuan dari pengelola platform medsos, memaksa pengguna untuk menggunakan foto wajah agar mudah dikenali. Toh kita juga mikir panjang kalau ada yang minta pertemanan tapi profilnya pakai foto pemandangan. "Siape lu..?"

Kayaknya sih begitu, terima kasih.
Salam, rwn

Repost dari Quora

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena