11 Maret 2020

Mengapa Musibah DIjadikan Ajang Bisnis

Pertanyaan : 
Mengapa di Indonesia, musibah dijadikan ajang menaikkan pendapatan bisnis?

Jawaban :

Mengikuti harmonisasi alam

Ketika terjadi sesuatu yang merugikan, alam akan menyeimbangkan dengan menimbulkan keuntungan. Misal gunung meletus yang menyebabkan banyak kerusakan diimbangi dengan banyaknya pasir yang bisa ditambang. Debu vulkanik juga menyuburkan tanah secara jangka panjang.

Sebaliknya, ketika manusia meraup keuntungan terlalu banyak, alam akan kasih sesuatu yang merugikan. Misal hutan ditebangi untuk diambil kayunya, alam akan memberikan kerugian dengan banjir.

Antar manusia pun sama. Contohnya, ada yang ugal-ugalan lalu terjadi kecelakaan lalu lintas yang berakibat luka dan rusaknya kendaraan. Kerugian buat korban, tapi keuntungan untuk produsen obat-obatan atau bengkel.

Tidak ada yang salah mendapatkan keuntungan dari musibah. Hanya saja, sebagai mahluk sosial semestinya kita mengedepankan empati, mengingat kerugian seringkali menimpa mereka yang tak kebagian keuntungannya. Hanya soal moral…

Sepertinya begitu, terima kasih
Salam, rwn

Repost dari Quora

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena