12 Maret 2020

Jenis Bisnis Original

Pertanyaan :
Apakah jenis ide bisnis yang terbaru dan original?

Jawaban :

Tidak ada...
Satu-satunya bisnis terbaru dan original adalah meniru bisnis yang ada kemudian memodifikasi agar bisa mengikuti perkembangan jaman.

Unicorn kebanggaan NKRI Gojek misalnya. Tak bisa dianggap original, karena dia hanya meniru bisnis ojek konvensional kemudian dilengkapi dengan aplikasi mobile

Ojek konvensional kan penumpang harus nyamperin ke pangkalan? 

Tidak juga. Begitu hp mulai digemari masyarakat, tukang ojek pangkalan sudah berinovasi menyebar nomor hp nya agar pelanggan bisa pesan sambil duduk manis di rumah via telepon atau sms.



Meniru lebih hemat karena bisa menekan biaya riset. Tahun 2005 saya harus riset pasar cukup lama hanya untuk mendirikan warnet di kampung. Begitu berdiri saya pun perlu jatuh bangun mengedukasi karena masyarakat masih memandang internet sebagai hal yang negatif. Setelah warnet saya kelihatan ramai, tak perlu waktu setahun kampung saya kebanjiran warnet hampir tiap seratus meter satu. Mereka berani banting harga sewa per jamnya, karena komponen HPP hanya bayar tempat dan perangkat. Tidak ada biaya kasak-kusuk kesana kemari sebelum warnetnya berdiri seperti yang saya lakukan.

Yakin dengan meniru bakal sukses?

Pertanyaannya kan cuma tentang ide bisnis, bukan cara mengembangkan atau mempertahankan. 

Kira-kira begitu, terima kasih
Salam, rwn.

Repost dari Quora

0 comments:

Posting Komentar

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena