06 Februari 2009

Potensi Ancaman Google

Pernahkah kita berpikir bahwa dengan memasang antivirus, antispyware, firewall dan segala perlengkapan keamanan yang berlapis semua isi komputer kita terancam ketika terhubung ke internet..?

Kadangkala kita hanya memikirkan keamanan data dari virus dan sejenisnya. Tapi ada yang mungkin diabaikan karena semua perangkat keamanan tidak menganggap semua itu sebagai gangguan. Padahal kalau kita mau sedikit jeli, google pun punya potensi besar untuk menjadi "pengintip" isi PC kita.

Untuk yang akrab dengan internet marketing atau SEO dan yang semacamnya mungkin tidak asing lagi dengan tool gratisan dari google untuk memantau pengunjung. Google analitik sangat "powerfull" dan mampu mendeteksi pengunjung website sampai detil. Bukan cuma sekedar ip address atau browser yang digunakan untuk mengunjungi sebuah website saja, resolusi layar pun bisa terdeteksi.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar ilustrasi yang saya ambilkan dari analitik blog saya ini, rawins.com
Bila kurang jelas silakan klik gambarnya.

Apalagi untuk yang pernah akrab dengan Google Adsense dan pernah di banned. Tentu tahu seperti apa sulitnya membuat account adsense baru dengan identitas baru, ip address baru di PC yang sama yang sudah diinstal ulang windowsnya sekalipun. Setelah ganti PC baru bisa di approve lagi. Melihat kasus ini setidaknya kita bisa menduga google bisa mendeteksi hardware yang ada dalam PC kita.

Kalau sudah begini, tidak terpikirkah kalau data yang tersimpan di PC kita pun akan dengan mudah diintai google tanpa membangunkan aparat keamanan PC..?

Ada yang punya opini lain..?


4 comments:

  1. Yang bener aja, mas sehari sampai 200 pengunjung..?
    Kayaknya sepi komen neh...

    BalasHapus
  2. Gimana caranya bisa dapet pengunjung segitu banyak, mas..? Bagi-bagi ilmu dunk...

    BalasHapus
  3. nah, ntu khan ada yg salah liat lagi...
    keknya ga 200 dech, tapi 300 dan anehnya kok ga ada yg comment y?

    mas rawin harus jawab pertanyaan di atas... :P

    BalasHapus
  4. Ya ga tau. Google salah itung kali
    Atau pengunjungnya pemalu dan ga suka publikasi.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena