12 Oktober 2010

Kepercayaan

Satu hal yang tidak mengenakan dalam hidup adalah ketika orang sudah tidak percaya lagi dengan apa yang kita katakan. Dan itulah yang aku rasakan dalam dua bulan terakhir ini. Sejak aku kirim email dan sms mohon pamit ke teman atau relasi yang berkaitan dengan pekerjaan, kata-kata pertama yang keluar dari temen adalah, "masa sih..? yang bener..? kenapa..? ada apa..?" dll dll yang semuanya bernada tidak percaya.

Kalo bank terus merubah posisi approve ke pending akan pengajuan kreditku sih wajar. Sampai pas ngumpul lebaran kemarin, masih ada yang ga percaya kalo aku pengangguran. Termasuk temen yang suka ngeblog juga ada yang ga percaya. Ketika aku bilang dia komen juga di cerita tentang keluar kerja, kok malah kaget. "Beneran tho, kirain yang di blog cuman cari sensasi doang..." Halah..

Ada juga temen yang percaya aku keluar kerja, tapi mereka tak percaya kalo aku belum punya rencana apa-apa. Temen yang kayak gini lebih nyebelin daripada tipe yang ga percaya. Sudah tau aku nganggur, bukannya nawarin kerjaan, tapi malah pada ribut nanya aku mau kemana atau bikin apa dan mereka pengen ikut. Pusing dengan telpon-telpon ajaib dari temen, aku sempat matikan hape sampai seminggu lebih. Damai bener dunia tanpa hape...

Setelah semua itu reda, masih ada lagi masalah baru yang berkaitan dengan kepercayaan. Ketika aku mulai tengok kanan kiri cari info kerjaan, banyak temen yang menganggap aku bergurau. Sedih ga sih, ketika datang ke tempat temen nanya kerjaan jawabnya gini. "Aku lagi butuh tenaga memang, tapi belum mampu kalo harus ngegaji karyawan selevel kamu.." Anjrittt...

Kenapa juga mereka tak mau percaya kalo aku tak punya ijasah yang bisa aku bawa kesana kemari untuk cari kerja. Aku STM saja tidak lulus. Kalopun pada akhirnya aku bisa sedikit diatas, semua aku jalani benar-benar dari titik nol. Seperti yang terakhir kemarin. Aku bisa memegang kartu nama bertuliskan General Affairs Manager, itu aku awali dari jabatan pembantu teknisi yang wewenangnya cuma narikin kabel atau ngangkatin CPU di kantor.

Ketika ngurusin telepon umum di Divre 3 dulu, aku memulainya sebagai tenaga lepas harian yang setiap hari cuma bawa linggis dan cangkul untuk nancep-nancepin tiang telepon di daerah Unpad sana. Perlu waktu sekitar 4 tahun sampai aku dikasih label Area Head Tasikmalaya.

Saat usaha sendiri pun sama. Aku memiliki toko dan tempat kursus komputer yang perlu waktu dua tahun untuk merintisnya dari level teknisi asongan. Tiap hari hanya keliling dari kantor ke kantor, sekolahan atau komputeran temen hanya untuk menanyakan ada komputer yang perlu diservice apa engga. Sampai pekerjaan mulai berdatangan ke rumah sehingga aku tak perlu keliling kampung lagi. Ketika job semakin banyak dan ruangan di rumah ga muat, mulai ngontrak ruko dan bisa berkembang pesat. Bila pada akhirnya harus ambruk lagi, itu sih sudah kodratnya dimana roda dunia memang selalu berputar.

Memang ada pepatah yang mengatakan, satu teman lebih berharga daripada duit jutaan. Itulah sebabnya selama ini aku suka memperluas jaringan pertemanan. Tapi bila banyak yang salah persepsi semacam ini, ya ribet juga neh. Perasaan aku selalu mengatakan apa adanya tentang diri sendiri. Lalu yang bikin mereka salah menilai apanya ya..? Ketika aku bilang ga punya sepatu, mereka ga percaya. Pas aku tunjukin aku kemana-mana cuma pakai sandal jepit, malah dibilang, "wah, ternyata kamu low profile juga yah. salut deh.."

Low profile gundulmu...
Ini yang suka membuat aku bingung. Karena kesalahsangkaan ini rutin terjadi saat aku berada di posisi tertentu. Kalo urusan kerjaan sih aku dah hapal. Dari dulu kalo pas nganggur pasti harus lari ke tempat orang yang ga aku kenal agar diterima sebagai kuli kasar. Yang mengganggu pikiranku tuh soal kejujuranku yang lain. Setiap aku kenalan dengan cewek, aku selalu bilang sudah beranak istri. Takutnya mereka ga percaya juga...
Haduuh...

14 comments:

  1. hahahahaha.. ancen dah beranak pinak ngunu kok hahaha.. wes wes.. mas.. duduk aja di dpen kompi, abis tu pelajarin bisnis onlinenya dengan serius, :)..

    apapun yang terjadi, keep spirit tanpa menjrit kek kntilanak ahahahhaah

    BalasHapus
  2. Kalau baca bagian atas rada enak soal ketikpercayaan teman...tapi pas bagian bawah bahaya juga tuh....mancing 2 ntar punya yang baru lagi nih heheheheheeee....

    BalasHapus
  3. itu yg kadang aku rasakan juga Sob... dan dititik ini temen yg emank bener temen gak kabur dari kita....

    akupun gak punya pendidikan tinggi Sob... klo pun sekarang kerja ng'gambar itu gak lebih dari belajar sama temen.....

    waduh susah juga nie hhe....

    BalasHapus
  4. Duh enyong malah dadi kuli kasar nang malaysia kang.

    BalasHapus
  5. orang pernah jatuh dan akhirnya sukses kadang orang anggap wajar, tp orang yang sukses kemudian jatuh kadang orang nggak percaya.. >.<

    semangat Om ^^/

    BalasHapus
  6. semangat sob...
    saya masih percaya kox...

    BalasHapus
  7. biasanya itu karena kita seLaLu terLihat berhasiL daLam menjaLankan aktifitas tertentu dan di saat Lagi daLam kondisi paiLit maka jarang sekaLi ada yang percaya, begitupun daLam kondisi sebaLiknya.

    makanya Lik, sekaLi2 pakai pakaian Lusuh dan bawa tongkat terus main ke teman2. kayaknya dengan begitu, baruLah mereka pada percaya. saran opo iki toyo?.

    BalasHapus
  8. jadi tukang kebunke wae lah kang...gelem ra? tapi ga tak gaji, tak kasih makan wae...piye?..

    BalasHapus
  9. mungkin bener kata si Om... karna mereka ng'liatnya kita berhasil jadi jarang yg percaya.... Semangat Sob...

    BalasHapus
  10. temanku bialng, sering ketika kita jujur dianggap bohong, giliran kita bohong malah dipercaya. bener kayaknya dia.

    BalasHapus
  11. sama seperti saya...orang banyak yang ga percaya kalau saya dulu juga pernah kerja jadi kuli bangunan (bener2 kuli kasar lho...),nah mungkin sobat Rawins juga ga percaya,kalo gitu soabt udah dapat jawabannya mungkin ^__^'

    Saya juga kenalan sama cewe,saya bilang saya masing lajang dan perjaka ting2 banyak yg ga percaya... (padahal emang bener kok '-_-,)

    BalasHapus
  12. kepercayaan, itu juga yang kucari ketika memperjuangkan status dewasa

    BalasHapus
  13. wow blog anda sangat menarik sekali,tapi jika anda berkenan untuk menjual rumah, ruko, kantor, kontrakan, kosan atau sejenisnya anda bisa memasang DISINI GRATIS saya akan sering mengunjungi blog anda jika anda tidak keberatan untuk mengisi di blog saya, sedikit saran kalo bisa sering update yah ^_^

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena