24 Januari 2013

Percobaan Komeng


#Semua Umur

Minggu ini...
Yang nyebelin tak cuma kunjungan anoman kobong saja, juga serbuan tukang obat yang membabi ngepet. Untungnya mereka bermain di jurnal lama sehingga tidak tumpang tindih dengan komentar pasukan panci. Tinggal dipilih dipilih dari lapak lalu klik spam.

Kalo melihat polanya, hampir bisa dipastikan dibikin manual dalam artian bukan robot walau kontennya kopi paste. Dipasang verifikasi juga percuma. Mungkin bisa mengurangi minat tukang obat ga tau diri. Namun efek sampingnya teman-teman yang mau komeng ikut terganggu juga. Apalagi aku paling anti sama verifikasi capcay. Nyusahin orang tuh. Tar disumpahin jadi ganteng apa ga mumet..?

Pake moderasi aku juga kurang suka. Selain ga disukai juragan petromax, juga terkesan tertutup. Padahal aku lebih suka buka-bukaan termasuk untuk hujatan yang ga enak sekalipun. Itung-itung belajar memahami prinsip kebebasan bersuara yang kudu diimbangi dengan kebebasan mendengar juga.

Salah satu kelemahan platform blogger dibanding engine blog lain ya di pengelolaan komentar ini. Salah satunya tidak ada fasilitas penjejak ip address sehingga susah untuk untuk memblok tukang obat bangsat melalui alamat ip.

Bisa sih diakalin dengan menganti format komentarnya menggunakan commentluv misalnya. Tapi karena ini pihak ketiga, komentar yang masuk tidak tersimpan di blogger lagi. Untuk mengelolanya kita kudu masuk ke dashboardnya Intense Debate

Resikonya...
Karena tiap buka halaman harus ngambil komen dari server lain, bisa jadi loading halamannya akan lebih lambat daripada kita pakai aslinya. Pasti akan terasa berat banget ketika jumlah komennya sampai ratusan. Ini bisa diatasi dengan membatasi jumlah komen per halamannya. Maksudnya halaman komentar ya, bukan halaman blog. Tapi tau enak apa ga komen model halaman gitu untuk balakurawa panci.

Aku coba dulu deh di jurnal ini...
Sambil jalan nanti dievaluasi enak ga enaknya pakai plug in komentar jenis ini. Mohon masukan juga kalo jadi berat banget dan susah diakses. Kasihan kaum fakir benwit kalo sampai teraniaya.

Intinya...
Aku coba dulu dan tolong kasih tahu kalo ternyata bikin ribet

update -- 25/01/13 16:04
Kekurangan CommentsLuv :
- Loading agak berat. Cek pake firebug, bebannya naik hampir 10%. (Nanti kalo komennya sudah banyak aku cek lagi)
- User pake akun blogger avatarnya tidak muncul. Kalo setor muka itu penting banget, ndaptar gravatar dulu deh.
- Komentar bisa diedit. Berpotensi melanggar hak cipta komentator kalo adminnya gatelan.
- Sekali ada yang masuk pake hape, seting commentluv akan balik ke bawaan blogger. Komentar harus dihapus kalo mau balik ke komlup. (Juragan kupu maap yaah, abisnya lagi ngetes performance dulu)
- Mencegah kasus diatas, mau ga mau tampilan mobile kudu disable. Resikonya yang ngintip dari hape akan dikasih tampilan desktop. Berat..
- Anti spamnya kadang ngaco. Kalo komen baru dianggap spam mungkin rada bisa dimengerti. Ini komen lama yang sudah tampil dan sudah dapat balasan, bisa tahu-tahu ilang dan masuk ke spam. Memang bisa ditongolin lagi, tapi kok ribet ya..?




10 comments:

  1. Lah tumben belom ada yg komen? Apa karena saya pake mobile ya ini?

    Sama mas raw, males juga pasang2 capcay. Repot juga kalo ikutan disumpahin keren kan.

    Kemaren pernah ada yg spam ngasig link ke kotak komentarku, dan langsung otomatis masuk spam. Gak ngerti juga deh gimana platform blogspot nyaring2 komentator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jangan pasang capcay. aku males banget komen di blog yg ada capcaynya

      #no offense

      Hapus
    2. biasa pake cap kaki lima yo om..?

      bu din..
      terima kasih kemarin nyelonong pake hape
      jadi ketauan penyakitnya...

      Hapus
  2. kalo aku dimoderasi soalnya suka gak kliatan gt ada komen dimana...kadang suka gak kbaca kalo gak di riply pan ntar dikira blagu...:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukin outlook aja apa rss feed atuh...

      Hapus
    2. *kucapkiceupbingung*
      jigana kudu nanya si papah:D

      Hapus
  3. lah... sekarang komenku yang ilang -_-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. tersimpan dengan rapi di hati kok mas..
      *hati sapi..

      Hapus
  4. komen ya. dulu aku full open house. akibatnya spam masuk semua. sekarang tak batasi pengguna yang punya kun blogger dkk saja. akhirnya spam gak pernah datang lagi.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena