27 Januari 2013

Follower


#Bimbingan Orang tua

Beberapa kali dapat laporan, katanya blog ini ga bisa di-follow baik dari blogspot maupun wordpress. Suer aku ga tau kenapa bisa pilih-pilih begitu sementara beberapa teman tidak menemukan masalah. Cari tahu di google belum juga nemu solusi. Sehingga aku bisa bikin kesimpulan, blog orang beriman memang susah untuk diikuti...
#Beriman tipis maksudnya...

Aku sendiri lebih suka mengikuti blog menggunakan aplikasi pengelola email yang mendukung RSS reader seperti Thunderbird misalnya. Untuk yang Microsoft mania bisa manfaatin MS Outlook. Tinggal masukin link feeds ke bagian RSS Reader dah jalan.

Cari link feeds nya, kalo pake firefox tinggal buka blognya, klik kanan cari View Page Info. Buka tab Feeds akan nongol deh link-nya.

Memantau komentar masuk di blog sendiri pun bisa menggunakan aplikasi yang sama. Jadinya praktis bisa ngintip blog sekalian ngurus email kerjaan. Untuk mantau komen cukup ganti kata posts dengan comments. Contohnya gini :

  • Feeds blog  : http://blog.rawins.com/feeds/posts/default
  • Feeds komen : http://blog.rawins.com/feeds/comments/default


Ada juga yang bilang ga jadi follow karena widgetnya ga ada. Aku jawab bisa dari dashboard masing-masing katanya, "mau difollow aja nyusahin.." 

Ya sudahlah
Toh buatku itu bukan suatu kewajiban. Kalo suka blog temen ya aku ikutin tanpa perlu maksa polibek. Follow ga follow ga patheken.

Sengaja ga pasang widget follower karena kurang fungsional buatku. Untuk apa dipasang terus bila setiap teman hanya butuh sekali seumur hidup. Kecuali tiap jam ada yang nge-follow, baru aku pertimbangkan widget tersebut. Kalo cuma buat pamer pengikutku banyak, kayaknya enggak banget dah...

Widget follower juga menyumbang beban loading halaman lumayan besar. Ini melanggar pakem blog ini yang aku ingin seringan mungkin untuk ngebukanya. Skrinsut pengukurannya sebagai berikut :

Loading page pake widget dan engga hasilnya 15.17 detik vs 4.73 detik


Ada juga yang bilang, pasang widget follower biar pengikutnya banyak untuk menambah backlink. Namun apalah artinya backlink banyak kalo sekali berkunjung langsung kapok. Loadingnya berat, warna warni nyakitin mata begitu maksa mau komen dicegat capcay.

Trus sapa bilang tanpa widget kita ga bakal punya pengikut. Ini skrinsut buktinya

Lumayan 230 follower walau yang aktif paling 10%




Intinya
Aku ga pasang widget pengikut karena bikin berat dan kurang fungsional. Lebih enak ga punya pengikut tapi banyak teman yang akrab sampai ke hati. Kalo diibaratkan dalam keseharian, aku ga merasa perlu ngiklanin diri sebagai jomblo. Toh selalu ada penggemar baru yang nyamperin diam-diam tanpa ketauan yang di rumah. Asiiik...
Tapi ini prinsip aku lho ya. Orang lain, sumonggooo...



67 comments:

  1. intinya...ada follower atau nggak ada follower, ada pengikut atau nggak ada pengikut...tetap keep smile and keep happy blogging always.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya inti blogging buat aku pun gitu pak
      polow ga polow nyambung ga nyambung komen ga komen yang penting hepi

      Hapus
  2. Balasan
    1. demit kabeh itu mba....hahahahahaha

      Hapus
    2. demitnya ya anggota KPK kabeh kuh

      Hapus
    3. kok jadi pageview, pamer polower maksudnya bu...
      keliatannya sih banyak 230 orang, tapi yang aktip..?

      Hapus
    4. ajeg isinya perusuh doang...

      Hapus
  3. pokoke gak ngaruh buat saya mah,ada atau ga ada widget polownya tetap saya datang dimari....abis mas raw ngangenin sih,eeeeeemmmmmuaaaaach.

    #Duagh.....srampang bodem

    BalasHapus
    Balasan
    1. luoh...kang reo udah emmuah duluan tah? waduuuh..aku dapet sisa dong....hiiiii celem

      Hapus
    2. ga papa kang hadi....sisa pun kadang lebih epektif daripada nu enggal :D

      Hapus
    3. tenang, mang...
      dengkul saya masih virgin...

      Hapus
    4. cari karyawan saja senengnya yang punya pengalaman kerja ya, lik..?

      Hapus
    5. Wah lha saya dlu mulai blm pny pengalaman kerja:(

      Hapus
    6. pengaaman kerja matun nggo dadi sekertaris bisa tuli ya?

      Hapus
    7. kalo belum punya pengalaman kerja bisa kok pake pengalaman dikerjain...

      Hapus
  4. yo wislah apo jare ng'kono bae sun meluan bae jeh ang...sing penting aku mencintaimu selalu dan selamanya...emmmuach..muach...mmmmuah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakakakakak.....cerindil mas rawins dicium semua anggota kpk :D

      Hapus
    2. ooo mungkin ini sebabnya kenapa aku males mandi..

      Hapus
    3. Mas rawin bukan krn males mandi tp klo mndi kesaktianx bs luntur

      Hapus
    4. lha mandi ga mandi sama aja baunya...

      Hapus
  5. Sepakat,yg penting hepi blogging. Soal follow memfollow Itu pilihan yg tdk harus mengganggu indahnya blogging ria

    BalasHapus
  6. pakek thunder bird aja
    lumayan bikin sakau
    heheheh

    saya berkunjung y sob
    lama g kemari eee

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakaw malah sok dicari kan bro..?
      jangan kelamaan ya...

      Hapus
  7. wah ane ga pernah peduli si sama yang folow ane. tapi setelah baca cerita ente. bener juga pandangan ente gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertimbangkan dulu aja kan tiap orang beda prinsip, om...

      Hapus
  8. waduh mas aku malah awam banget soal dunia blogging, ajarin aku ya mas Rawins.

    BalasHapus
  9. dulu saya polow blog kang Rawins yg satunya lagi. tah eta masih ada ga kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha blog aku cuma ini, kang...
      ga ada yang lain...

      Hapus
  10. enyong ora paham-pahama kang sing kaya kuwe.
    mangkane anti galaw. ora kaya rika, galau baen.

    BalasHapus
  11. polower re akeh mas ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 230 untuk selama 6 taun mah ga banyak kali om...

      Hapus
  12. setujuuu, gak perlu iklanin diri kita utk menarik perhatian orang lain.
    klo emang mau follow ya monggo, gak juga gak maksa koq ya. klo orang suka ya pasti bakalan ngefollow dgn sendirinya tanpa minta difollow back, heheh.

    yg penting happy blogging :D

    BalasHapus
  13. aku yo wis mulai mikir praktis Kang, ra sah khawatir ngurusi pengunjung. Yang penting nulis. Dikomentari syukur, nggak ya nggak masalah. Di polo ya monggo no polo yo ap tu yu. Jadi, ngeblog lebih santai. Bener kata sampean, sing penting banyak teman yang nyatol ke ati dalam jalinan silaturahim

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, pak kyai...
      mending nyantol ati daripada makan ati...

      Hapus
  14. hahah ... kapok juga yah :P
    widget follower ku juga aku hilangkan mas
    gara2 temen2ku (pembaca setia) pada ngomel blogku berat
    setelah diusut, widget follower penyebab utamanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe emang bener om
      selisih beban halamannya lumayan
      apalagi kalo dicek pake w3c validator
      buset dah errornya...

      Hapus
    2. iya om :D
      dulu pernah aku cek pake YSlow
      ga berenti2
      loading terus

      Hapus
  15. pada pandangan KY kalau tak follow pun tak apa asalkan selalu masuh baca apa yg ada di dalamnya kan? rasanya KY pun masih banyak blog yg belum di follow tapi sentiasa masuk membaca entri terbaru mereka..kadang2 KY lupa sudah follow atau belum heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu
      yang penting bisa silaturahmi dengan hepi itu yang utama...

      Hapus
  16. ternyata polernya Pean akeh juga ya Mas.. heheee

    BalasHapus
  17. seng penting kito ney arek ikhlas mampir...mantap tulisan mu sahbt.

    BalasHapus
  18. blog sampean ki masuk gugel reader ku mas. dadi termasuk folower ya?

    BalasHapus
  19. aku mollow via feeddemon syn karo google reader, nek nang nggonku follow e nganggo pesbuk pa networkedblogs, backlink sih kayane ora tapi spreading tulisan baen

    BalasHapus
    Balasan
    1. blogmu difollow nganggo blogger bisa kok..

      Hapus
  20. dari tadi saya nyari cara tahu feed -,- #maklum .

    BalasHapus
  21. itu yang rss buat mantau komen tea nya mas..hoho...
    aku juga asalnya kagak dipasang polower tapi ditanyain tmn..ya udin pasang aja:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa dipasang juga
      siapa tahu penggemar masakannya tiap hari nambah...

      Hapus
  22. Aku termasuk aktif follower ra kang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo om
      cuma tak titeni dari sekian banyak folower yang aktip kok dikit banget. makanya aku bilang kurang fungsional..

      Hapus
  23. aku setia berkunjung kan mas, asal lagi online :)

    BalasHapus
  24. termasuk ria juga ya lik...
    pamer follower...

    bener jg sih..klw saya perhatian loading blog paling kelar terakhir muncul di widget follower...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau tuh google bisa bikin widget seberat itu
      kudu comot sana sini kali makanya berat...

      Hapus
    2. lik..napa di dasbord ku ga bisa follbek manual ya...apa cuma bisa max 300 doang...lebih dari itu kaga bisa...ya..lik

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena