21 Juli 2008

Pasang Domain .com di Blogger

Update---------------
Seting masterweb dan blogger ada sedikit perubahan
Cara seting saat ini bisa dilihat di Jurnal Seting DotCom di Blogger
---------------------------------------------------------------------

Sudah beberapa orang bertanya tentang blog saya, "Mas itu blogger kok langsung .com, ga ada blogspotnya?"

Hihihi...
Blog saya memang blogspot kok, cuman ditempelin domain saja. Caranya persis seperti pasang co.cc seperti yang pernah saya tulis dulu. Ada beberapa alasan saya pakai blogger untuk .com saya :
  1. Saya belum punya uang untuk bayar hosting sendiri tapi udah ngotot pengen pake rawins.com Soalnya saya pikir ada bagusnya. Suatu saat saya punya uang dan bisa bayar hosting, nama rawins.com sudah terindeks banyak di google. Tiga minggu saya pasang domain ini, indeks di google search sudah 440 buah. Bisa dilihat disini.
  2. Saya ga bisa bikin webset tapi ngebet pengen ngeblog. Jadi ambil alternatif termudah saja dan yang pasti sudah familiar dengan saya yaitu blogger. Kenapa ga ambil yang lain seperti wordpress. Karena menurut saya paling mudah dicustomisasi untuk orang awam itu ya blogger. Apalagi dengan reputasi google yang demikian hebat, saya yakin blogger ga bakalan bangkrut dalam waktu singkat yang membuat ide-ide saya menguap begitu saja. Andai kata saya ga sanggup memperpanjang bayar hosting atau domain, file-file saya tetap aman di blogger, tinggal ngembaliin ke domain semula.
Trus cara pasangnya gimana..? Step by stepnya begini nih...

Pertama cek domain lalu bayar deh, murah inih kok. Saya bayar domain di MWN. Ga ada yang istimewa buat saya, cuma ga ribet aja soalnya bisa transfer BCA dan ga perlu kartu kredit. Saya cuma punya surat gadai soalnya. Yang mau ngecek domain klik saja image link di side bar atau klik disini.

Akan masuk ke websetnya MWN. Klik aja ID untuk pilihan bahasa Indonesia. Lalu klik tombol masterkey di sebelah kanan (paling atas tuh...). Dilanjut klik pilih domain. Masukin deh nama yang diinginkan. Cek hasilnya setelah memasukan kata verifikasi. Setelah nemu nama yang cocok, tinggal daftar, bayar via BCA atau Mandiri lalu tunggu email pemberitahuan dari MWN. Eh, jangan lupa kalo hanya akan beli domain saja, jangan ambil paket yang berikut hosting.

Di email itu kita akan diberikan username, password dan ip server. Misalkan ip servernya
219.83.122.154 ketik di address bar browser : http://219.83.122.154/spanel lalu enter. Pilih menu spanel.

Setelah itu masuk ke menu Domain & DNS Manager. Akan muncul kode-kode server. Scroll ke bawah sedikit sampai kata DNS zone bawaan . Ada menu dropdown, pilih "main-gmail". Lalu tekan tombol factory. Setelah itu scroll ke atas. Di nomer urut 6 ada pilihan server hosting, diisi dengan ipnya google. Cara melihat ip google, dari startmenu klik run trus ketik ping ghs.google.com

Catat ip yang muncul lalu ganti ip yang ada di kotak keenam tadi. Jangan lupa ip di kotak sebelahnya diganti ke pilih salah satu. Udah cuma segitu doang. Jangan lupa juga untuk menekan tombol "done' untuk menyimpan setting tadi.

Sekarang tinggal menuju ke account blogger. Masuk ke pengaturan - publikasikan. Pilih domain kustom lalu pilih beralih ke pangaturan lanjut. Masukan domain tadi dan klik simpan. Lalu kasih tanda centang di bawah domain, itu untuk mengalihkan dari www.domain.com ke domain.com secara otomatis. Klik simpan pengaturan lagi.

Kalau sudah jangan keburu-buru ngecek, soalnya untuk transisinya butuh waktu beberapa jam. Tunggu aja semalam, kalo masih belum mau juga coba cek ulang pengaturannya. Dan kalo berkali-kali belum berhasil juga, silakan hubungi saya, siapa tahu bisa bantu. Jangan hubungi customer service MWN deh, Insya Alloh mengecewakan. Saya aja akhirnya utak utik sendiri baru berhasil.

Kalo gambarnya kurang jelas, klik aja. Kalo yang belum mudeng bikin account blogspot, klik aja disini. Ok, selamat mencoba.

Trus kalo ada yang bener-bener berminat pesen domain di MWN, klik saja disini. Ini link afiliasi saya. itung-itung ngasih zakat infaq sodakoh buat saya. Trims berat sebelumnya, semoga diterima deh amal ibadahnya di sisi-Nya.

Ehiya, nih daftar harga sewa domain pertahunnya :

.com .net .org .biz Rp79.000
.info Rp89.000.
.mobi Rp15.0000.
.ws Rp250.000.
.co.id Rp125.000.
.or.id Rp65.000.
.go.id .sch.id .ac.id .mil.id Rp75.000.
.web.id Rp35.000
.tv .cn .cc Rp275.000

Harga bisa berubah sewaktu-waktu...

28 comments:

  1. Thanks mas infonya.
    Idenya boleh juga tuh...

    BalasHapus
  2. Asemlah, ketipu.
    Tapi bener kang, aku be pengin melu lah. tukangebeg.com, nggantheng ora, kang?

    BalasHapus
  3. Horeeee... ebeg urip. Katanya di rumah sakit, beg? Tumben pagi-pagi online...

    BalasHapus
  4. Lagi kontrol, tapi ngantri. Nyempatin ke warnet. Tar, kang. Kalo dah sehat tak pasang domain sendiri lah. Kayane mandan kepingin nih

    BalasHapus
  5. Iya deh, beg. Semoga cepet sehat. Ditunggu tulisan tulisan menghentaknya. Kangen jan, gayane ebeg mendhem

    BalasHapus
  6. Pak, sudah aku coba daftar tapi kok belum ada email dari MWN ya..?

    BalasHapus
  7. Punyaku kok kalo langsung bisa, tapi kalo pake www ga bisa. Kenapa ya..?

    BalasHapus
  8. lho domain .com di MWN hanya 79 ribu to?

    BalasHapus
  9. @ninomous
    Coba konfirmasi ulang ke MWN, jangan-jangan pesanannya ga masuk.

    @Dai
    Setting ditambahin di sub domain. Defaultnya, www biasanya alias, itu dihapus saja. trus bikin lagi sebagai subdomain. Pilih redirrect. Jangan lupa di domain managernya diset cname, hostnya www trus valuenya ghs.google.com

    @rif
    Iya, bos...

    BalasHapus
  10. ow bayar.. yaiyalah kalo bayar mah bisa langsung dotkom..

    *srius deh, sbenernya ga terlalu mudeng.. blog ini dotkom nya bayar apa ngga sih? kl bayar, koq posting koment nya masih kaya gini..?*

    BalasHapus
  11. Mas, bisa kasih pencerahan soal bikin email pake domain sendiri ga..?

    BalasHapus
  12. @julia
    Iya, domainnya tetep bayar. Cuman hostingnya yg gratisan. Nyicil neh, masih fakir miskin dan anak telantar yang seharusnya dibiayai negara. hehehe...

    @nonymous
    Coba masuk ke google.com/apps ada kok step by stepnya bisa diikutin. Tar deh kalo pas rada senggang aku posting.

    BalasHapus
  13. Mas, kok cara pasang www dan email belum diposting juga..? Thks

    BalasHapus
  14. kalo pesen sama hosting, idealnya berapa mb mas. kalo yg ekonomi cukup ga? maaf masih gaptek.

    BalasHapus
  15. kang, kapan ke jokja? tar aku ajarin langsung aja ya

    BalasHapus
  16. thanks mas infonya

    BalasHapus
  17. Iya deh, maap lagi sibuk pindahan neh. Tar yak, kalo dah rada nyantai aku posting deh.
    Sekali lagi maap...

    BalasHapus
  18. Mas, customer servicenya kok ngaco ditanya cara pasang domain ke blogger?
    Bantuin ya mas...

    BalasHapus
  19. Mas.. jualan kok polos banget sih?
    Tapi gapapa. Saya malah suka yang begini...
    Tkhs

    BalasHapus
  20. Saya ga niat jualan kok. Cuman iseng-iseng berhadiah. Lagian hasilnya ga seberapa kok. Hasil setahun cuma cukup buat memperpanjang domain setahun juga.
    Hehehe...

    BalasHapus
  21. Mas ,Butuh bantuan nih Gw kan uda beli domain az truz dapet MWN PARKING 2007 SPANEL.
    Sy uda ikut seperti cara yg disarankan di atas untuk mengubah blogspot jadi dot com. Tapi pas akses websitenya nggak bisa.Yang muncul malah :"Maaf, situs masih dalam pengembangan
    Jika Anda pemilik situs ini, Anda dapat mulai mengelola situs Anda dengan login ke Spanel untuk mengunggah file, menginstal aplikasi web, dsb. Atau, bacalah Panduan Pengguna Shared Hosting kami." Gimana tuh mas!Pliz Tlg bantuin. Krn gue lg Urgent mo pake websitenya..

    BalasHapus
  22. Balaznya ke email gue juga boleh
    Di josselyn_kim@hotmail.com
    Thanks ya

    BalasHapus
  23. Haduh maap baru kebuka neh...
    Nanti aja habis lebaran yah...

    BalasHapus
  24. saya sudah punya domain dan web hosting blogdpot ne udah aktif domain ane, masalahnye ane kan pake blogspot kayak gini ne tapi udah 1 harian belum aktif juga ne kalau buka www.dharmacomputer.com tulisannya website sedang dalam pengembangan .....bla..bla... kalau blognya www,inginusahamandiri.blogspot.com, nah apa itu bermasalah lain nama blognya lain nama domainnya? mohon pencerahannya para yang sudah berhasil ne...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu berarti domain tersebut belum terpointing ke blogger. kemungkinannya ada dua. di bloggernya belum diseting ke domain sendiri atau seting domain di cpanel/spanel hostingnya.

      ini jurnal tahun 2008
      sekarang sudah banyak perubahan tata letak seting di blogger maupun mwn. kalo berkenan coba masuk ke link yang aku cantumkan di bagian atas jurnal. ada tulisan update kan..?

      coba lihat di jurnal baru siapa tahu dapat pencerahan lebih

      Hapus
  25. Terimakasih banyak infonya mas, kira-kira tampa www. bisa ga' ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang blogger tidak bisa pake domain utama. Mau ga mau musti dipakein www. Tapi bisa diakalin pake redirect, jadi yang ketik tanpa www akan langsung ditujukan ke www.

      Itu sebabnya kenapa aku pake blog. rawins.com tidak lagi rawins.com doang

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena