18 Mei 2012

Jaman Gak Enak

#Bimbingan Orang Tua

Gara-gara deman Sukhoi, beberapa teman lama mantan anggota pasukanku dulu merapat lewat japri. Membuka-buka kenangan lama saat masih aktif di kegiatan sosial itu dengan segala kerinduannya. Dan obrolan yang paling seru adalah cerita masa-masa pelatihan. Sesuatu yang paling menyebalkan tapi paling asik untuk dikenang.

Pada waktu pelatihan, satu jam saja rasanya sehari. Dari subuh sampai tengah malam isinya pemerasan otak, fisik dan mental. Hanya di saat seperti itu aku bisa merasakan yang namanya tidur sambil berdiri. Kelihatannya sih iya tegap dalam barisan. Tapi saat yang lain bubar jalan, aku tetap saja tegak berdiri sambil ngimpi. Endingnya selalu tragis, roboh ditendang instruktur. 
#Pekok...

Setiap mau masuk materi musti baris berbaris dulu. Mau makan harus lari keliling lapangan 10 kali. Pantas saja apapun menunya rasanya nikmat bukan kepalang. Pisang saja sampai ludes berikut kulitnya. Meleng dikit, lauk bisa lenyap diembat tetangga. Push up, sit up, guling-guling sudah jadi menu sehari-hari. Badan lelah bukan sebuah alasan bolos yang bisa diterima. Aku pernah bangun kesiangan dan ketinggalan materi, dihukum lari keliling lapangan sambil bawa gulungan kasur di atas kepala. 

Itu baru materi di kelas. Setelah itu biasanya dilanjutkan praktek lapangan. Yang berkesan tuh waktu pelatihan di Gunungpati Semarang sana. Dari situ jalan kaki naik gunung Ungaran bawa beban ransel 80 liter isinya alat-alat lapangan. Sampai Ambarawa disuruh renang nyebrang Rawa Pening pakai sepatu hansip. Tak puas sampai disitu lalu direndam semalem suntuk dan begitu naik badan penuh pacet. 
#Siyal..

Paling ga enak kalo pas praktek survival. Beberapa hari masuk hutan tanpa bawa bekal makanan. Teori-teori bertahan hidup dalam kondisi tak normal dipraktekan. Mulai dari menangkap ular, pasang jerat binatang sampai mencari ulat pohon mati yang bisa dimakan. Belajar makan daging mentah, bikin api tanpa korek, merebus air pakai plastik sampai masak pakai kaos kaki. 
#Hoek..

Tidak ada binatang tangkapan, dedaunan pun dipelajari mana yang bisa dimakan mana yang tidak. Harus bisa memilih mana yang aman dan mana yang beracun. Tapi namanya belajar, melakukan kesalahan bukan sesuatu yang aneh. Pernah aku nemu talas hutan yang pulen setelah dibakar namun mulut gatal-gatal sesudahnya. 

Rada apes tuh pada waktu praktek di sungai. Atas dasar segala teori di kelas, dengan teliti aku cermati tanaman air yang ada. Setelah yakin aman untuk dikonsumsi, cicipi sedikit tidak ada efek aneh-aneh, dengan damai aku ganjal perut agar pasukan cacing berhenti demo. Lagi asik-asiknya ngembat lalapan tanpa sambal, eh ada sesuatu yang mengambang di depan mata. Spontan aku menoleh ke arah hulu. 
Sialan, ada temen yang lagi jongkok dengan wajah tanpa dosa.
#Semprulll...

Begitu banyak kisah indah yang sepertinya takkan terulang kembali
Kalopun harus mengulangi, kayaknya cukup dua kata untuk mengomentari
Amit-amiiit...



11 comments:

  1. hahaha, ngakak baca yang kemampul itu :P

    om Raawins nih emang beda, jiwa petualang. Beruntung banget kalo Citra ntar dididik dengan jiwa petualang-jadi anaknya nggak penakut-asal jangan kelewat tomboy aja ya nggak Om :D

    pas diencoki pancet itu nggak sakit kah Om? rasanya dia nyedot darah yang diencoki kan??? ngeri Om >.<

    menurutku, kalo Om sdh bosan ama kerjaan yang sekarang Om bisa jadi guru petualang-nyiptain lapangan kerja sendiri, jadi semua media ama pelajaran baik ttg survival di hutan dll itu Om yang ngarahin gimana2 nya...kerenn

    BalasHapus
  2. hihihih, yang di ceritain kok yang gak enaknya sih ...

    BalasHapus
  3. justru karena gak enak jadi pengalaman yg tidak terlupakan ya :)

    BalasHapus
  4. pengalaman yg sungguh tragis ya mas hahaha yg jongkok di mohon berdiri sebentar :p

    BalasHapus
  5. nasib-nasib, hihihihi, timpuk aja tuh yg lagi jongkok tanpa berdosanya sob :))

    BalasHapus
  6. weh... hidup..nya di hutan..tho dulunya...eh sekarang nang alas maning..he.he....

    kapal kuning berlayar...om... awas the pirates..... wkk.wkk...

    BalasHapus
  7. kalau angkatan latihannya emg rada serem ya *main fisik :)
    tp hebat ni angkatan msh nulis juga.. salut
    maju terus..

    BalasHapus
  8. apakah semua peserta pelatihan masih hidup?

    BalasHapus
  9. belajar survival juga pak rawins ini..
    gak nyangka pernah ikut pelatihan yang seperti itu :)

    BalasHapus
  10. aku merasa sekarang ini pelajaran survival sudah berlebih-lebihan, ga islami gitu

    BalasHapus
  11. njenengan timsar mana dulu om ?...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena