09 Mei 2012

Seragam

#Semua Umur

Saat pulang kemarin, ada orang seperjalanan yang dengan gagahnya mengenakan seragam kebesaran. Mau ga mau aku jadi inget jaman dahulu kala. Jaman sekolah, kalo pergi kemana-mana suka pakai seragam OSIS biar bayar ongkosnya murah. Bagaimanapun juga kata orang sunda, OSIS itu ongkos isuk sore saratus alias kemana-mana modal cepek doang.

Kalo perginya agak jauhan yang ga masuk akal ditempuh anak sekolah, aku suka pakai seragam pramuka. Tak jarang sampai minta surat tugas aspal dari pengurus pramuka sekolahan biar lebih mantap cari diskonnya.

Jaman keranjingan naik gunung, ada trik lain lagi diajarin temen-temen tentara. Kalo naik bus atau kereta ekonomi, pakai saja jaket dan celana loreng plus sepatu hansip. Jadinya bisa beneran ngirit. Bukan cuma diskon doang yang didapat. Kondektur bus beneran ga mau mengusik alias gratis. Paling banter ditanya, "dinas dimana, mas..?"

Trik yang ini bukan cuma efektif untuk keluyuran modal dengkul saja. Tapi juga aman dari gangguan preman atau calo di terminal yang suka malakin orang. Sebelum nemu cara ini, entah berapa kali aku dikompas orang di jalanan atau terminal khususnya di daerah pantura.

Inget pengalaman lalu, aku jadi bisa memaklumi kenapa tentara suka banget pakai seragam saat pergi jauh walau mungkin di luar kepentingan dinas. Tidak dapat gratisan pun minimal keamanan bisa lebih terjamin. Kecuali pas lewat lokasi tawuran antar aparat, itu sih emang dasar lagi apes.

Nah, kalo ada karyawan tambang yang naik pesawat pake werpak lengkap dengan logo perusahaan, terus terang aku gak tau apa motivasinya. Dapat gratisan ga mungkin. Untuk keamanan malah kayaknya jadi riskan mengingat masih banyak orang salah paham menyangka pekerja tambang itu gajinya banyak. Ga punya baju lain yang bersih juga ga mungkin. Kalo orang militer masih mungkin untuk membanggakan diri karena penanaman semangat korsa yang begitu besar saat pelatihan kebawa seumur hidup.

Ketika aku cerita tentang itu ke stafku, malah dapat komplen. "Bapak saja pakai sepatu safety. Biar ketahuan jadi pekerja tambang juga, ya..?"

Eh, semprul...
Aku pulang pakai sepatu lapangan tuh bukannya untuk pamer. Tapi emang sandal dan sepatuku ilang mulu di tambang. Daripada pulang kampung nyeker, mendingan pakai yang ada. Biarin dah diketawain ibue mulu di rumah, "kerja jauh-jauh ke luar Jawa. Sepatu aja gak kuat beli..."

Kayaknya bakal bergeser tuh pemeo tentang sandal ilang. Bila selama ini kalo ada yang bilang sandal ilang pasti yang kepikiran pertama kali adalah masjid. Bentar lagi kayaknya pindah ke tambang, hehe..

Ets, ngomongin seragam bisa belok ke sandal
Sudah dulu ah mulai kumat ngelanturnya
Ada yang punya pengalaman lain..?



5 comments:

  1. persis bojoku, waktu mengembara ke jakarta pake jaket kulit item, dan celana jeans ketat...preman juga kalah ama tampilan dia :)
    katanya kalo naek bis ga pernah dimintain duit...hehehe

    BalasHapus
  2. matur tengkiu tipsnya mas, sepatu hansip sekarang berapaan ya?

    BalasHapus
  3. kalau pakai seragam, naik pesawat bisa gratis juga gak ?:-D

    BalasHapus
  4. paling aman gak pake apa - apa om.. dikiro wong gendeng.. ha ha ha....

    BalasHapus
  5. Sandalnya di bikin doreng kang... Aman gak ada yang berani nyenggol..
    *Sandal Jepit Buatan Pindad

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena