20 Mei 2012

Maunya Praktis

#Bimbingan Orang Tua

Jaman canggih memang membuat banyak hal menjadi lebih praktis. Namun kepraktisan itu tidak otomatis efisien. Segala kemudahan yang didapat seringkali berdampak pada kebutuhan resource yang juga semakin tinggi walau mungkin kita disadari.

Misalnya anak-anak jaman aku kecil dulu. Kalo pengen punya mainan harus mau bikin sendiri dari kayu, tanah liat atau barang bekas. Ketika gasing kayu bikinanku jelek, tak bisa berputar lama dan selalu kalah kalo diadu, panas hatiku disalurkan dengan cara belajar membuat gasing yang lebih baik lagi. Mulai dari cari kayu yang bagus sampai proses penghalusan ekstra pakai beling.

Ketika jaman berubah maju dan mainan anak pabrikan gampang didapat, efeknya berbanding terbalik dengan kreatifitas anak. Saat melihat mainan temannya lebih bagus, satu-satunya skil yang diasah adalah cara merengek ke orang tua agar dibelikan mainan yang lebih keren. Guling-guling di lantai mall dan mogok makan atau sekolah tak jarang jadi senjata ampuh. Sebuah kepraktisan yang berbiaya tinggi.

Kemudahan mendapatkan mainan canggih juga menurunkan kepedulian dan rasa memilikinya. Contoh kecilnya si Adi dan Citra yang sama-sama keranjingan komputer di usia terlalu dini. Waktu si Adi kecil dulu, di umur 2 tahun sudah bisa diarahkan untuk mematikan PC dengan cara shutdown. Citra yang sudah masuk jaman laptop susahnya minta ampun diajarin cara shutdown yang baik dan benar. Tetap saja ngeyel dan mematikan laptop dengan cara menutupkan monitornya. Kalo rada dipaksa hasilnya malah lebih parah, nutupnya pake kaki.

Hal-hal semacam itu bukan cuma milik anak-anak saja. Menghadapi staf-stafku yang produk modern juga perlu kesabaran keras seperti ketika mengajarkan cara mengelola server menggunakan linux yang berbasis teks. Mereka maunya menggunakan fasilitas GUI yang cukup klak klik saja dalam mengoperasikannya. Menurut mereka yang berbasis grafik lebih cepat dan praktis. Padahal dengan bermain keyboard tanpa diganggu mouse buatku jauh lebih cepat. Secara resource yang berbasis teks juga lebih irit plus lebih aman karena jarang yang mau usil. Aku pernah coba instal satu server pakai windows buat latihan. Eh, bukannya belajar utak atik dengan benar malah disambi buka pesbuk di server.

Satu lagi yang sudah berubah adalah cara belajar. Kalo jaman aku sekolah dulu, kalo ditanya lebih suka diam. Apalagi disuruh tanya pasti lebih bungkam lagi. Tapi kalo disuruh cari contekan biasanya rajin. Bedanya dengan anak sekarang, kalo disuruh cari bahan belajar sendiri susahnya minta ampun dan lebih suka nanya.

Laptop punya, internet ada dan google pun belum bangkrut. Tapi untuk browsing cari solusi saat ada masalah kayaknya males banget. Apalagi kalo masalah yang rada spesifik dan aku bilangin ketik keywordnya pakai bahasa Inggris. Lama-lama aktifitasnya bukan googling masalah yang dihadapi lagi, tapi sudah cekikikan entah buka apa.

Ada kebiasaanku membuat catatan-catatan kecil pake notepad setiap ada masalah. Catatan itu aku kumpulkan dan aku kasih ke pasukan biar ga pake browsing-browsing lagi. Eh, pada saat nemu masalah tetap saja tindakan pertamanya nelpon dan nanya, "pak ini gimana ya..?"

"Di catatan-catatan dari saya kan ada.."
"Oh, ada ya pak. Nama foldernya apa ya..?"
"Kan kamu sendiri yang nyimpen. Cari deh.."
"Lupa nyimpennya dimana. Kirim lagi lewat email deh, pak.."


Udah dikirim pun kadang masih nelpon lagi, "nama filenya apa ya, pak..?

Doooh anak sekarang memang
Sebuah ketidakkonsistenan akut berkelanjutan
Kalo urusan masalah maunya cepat terima matengnya
Tapi kalo urusan bagi-bagi sisa proyek, ribut minta mentahannya
Sabaaaar...



24 comments:

  1. Ahhh nyobain matiin laptop pake sikil ah...

    BalasHapus
  2. cuman bisa bilang orang sabar disayang Allah

    BalasHapus
  3. kebanyakan orang maunya yang enak hehehe. jadi inget jaman dulu mematikan tv pakai kaki, tvnya yang gak pakai remote

    BalasHapus
  4. aku juga kalo matiin laptop nutupnya pake kaki kadang...hahahaha..
    males jongkok lagi :D

    BalasHapus
  5. hati2 sama citra salah2 laptop dibanting :D

    BalasHapus
  6. kalau aku paling anti matiin laptop pakai kaki mas,soalnya dari laptoplah bisa dapat kerjaan & project untuk biaya hidup & kuliah jadi alangkah bagus menghargai peranan laptop dalam kehidupan kita :)

    BalasHapus
  7. wew, gimana yah cerita jaman nanti setelah anak-anak itu dewasa, apakah jaman akan makin membuat malas lantaran teknologi tinggal klak klik, wah, penasaran nunggu jaman itu datang nih, hihihiy, sabar mas, kl masih nanya juga, suruh push up, hahaha :D

    BalasHapus
  8. duh anak segitu masih bayinya sudah bsa mematikan laptop, yg pasti apa yg sudah bsa di lakukan oleh si anak pasti hasil dari kebiasaan orang tuanya yg secara tdk langsung sudah terekam oleh anaknya. kalo bapake main gangsing terus mungkin si anak jg pas bangun dari kelon nya yg di minta bukan susu tapi gansing heheee..

    BalasHapus
  9. Lah enggih niku mas rawins,

    "Ing ngarso sung tulodho,
    Ing madyo mangun karso.
    Tut wuri handayani."

    Artinya
    " Sing ngarep sing dadi contoh, sing tengah mbangun kebersamaan lan tuntunan, Sing Mburi tawane ngajeng ya ngetutna sing ngarep"

    BalasHapus
  10. semakin semuanya tampak mudah...
    banyak ornag yg berubah menjadi pemalas..
    :P

    BalasHapus
  11. tul sing penting ashobahnya..guede..ora...om..wkk.wkk...

    BalasHapus
  12. Mas Eko, aku mungkin termasuk pekerja yang dikeluhkan Mas di atas.
    Terus terang aja, aku lebih seneng nanya sama senior ketimbang cari sendiri solusi di buku panduan.
    Penyebabnya antara lain:
    1. Dikejar waktu. Kalo pasien sudah meregang nyawa dan kita kehabisan akal, mosok kita mau buka-buka buku dulu padahal di sebelah kita ada orang yang lebih kompeten untuk memberi solusi?
    2. Buku panduannya sudah ada, tapi nggak praktis buat dibaca. Terlalu banyak isinya, sampai-sampai kita nggak bisa nemu intinya.

    BalasHapus
  13. Hal-hal semacam itu bukan cuma milik anak-anak saja. Menghadapi staf-stafku yang produk modern juga perlu kesabaran keras seperti ketika mengajarkan cara mengelola server menggunakan linux yang berbasis teks. Mereka maunya menggunakan fasilitas GUI yang cukup klak klik saja dalam mengoperasikannya. Menurut mereka yang berbasis grafik lebih cepat dan praktis. Padahal dengan bermain keyboard tanpa diganggu mouse buatku jauh lebih cepat. Secara resource yang berbasis teks juga lebih irit plus lebih aman karena jarang yang mau usil. Aku pernah coba instal satu server pakai windows buat latihan. Eh, bukannya belajar utak atik dengan benar malah disambi buka pesbuk di server.

    ============

    masih ada yang sezaman ma saya ternyata huhahahahaa.
    ngomong2 servernya pake Linux opo?
    di tempatku pake CentOS jadul, mo ngupgrade nih hahaha

    BalasHapus
  14. fenomena yang sama juga sering saya temukan mas. kadang jengkel juga tapi kalau tidak cepat di urus malah bikin tambah ribet.

    BalasHapus
  15. wekekek ... emang segalanya sekarang maunya praktis
    sekarang aja semua bisa dibayar lewat ebanking
    isi pulsa, tagihan rekening tanpa harus ngantri :P
    jadi otomatis terbiasa lah om
    dulu kan kalo cari temen kudu keluar rumah dulu
    sekarang mah tinggal FB an atau ngeblog udah bisa punya temen :P

    BalasHapus
  16. hehe,, bener banget mas,, terkadang makin tingginya teknologi dan makin majunya jaman malah membuat generasi2 jaman skrg jd maunya seenaknya dewe,,manteb mas,,ulasannya

    BalasHapus
  17. mantap nih postingan, dengaren jadi bijak?

    BalasHapus
  18. hehehee... dua keadaan yang bisa dibilang bertolak belakang yaa...

    dasar anak anak jaman sekarang...

    BalasHapus
  19. kalau anak jaman sekarang tidak mau susah nyari dulu, pengennya ya yang cepet

    BalasHapus
  20. Beda jaman beda gaya mas, sabar aja :p
    Eh saya ngepens deh sm citra... paling jago bikin bapaknya pusing, skillnya gak nahaaan^^

    BalasHapus
  21. hahaha... tuh karyawannya protes om.... kapok... hahaha....

    BalasHapus
  22. wkwkwkwkwkw bang rawin ini gak ada matinya deh klo urusan buat bikin artikel yang gokillll/....
    saya juga dulu buat mainan mobil2an dari tanah tuh eh sekarang mah gampang banget klo main2an (*nyesel lahir duluan )

    BalasHapus
  23. ha ha itu karena belum ketemu orang yang cocok dengan anda...tenang saja suatu saat pasti ketemu orang-nya..sabar euy :)

    BalasHapus
  24. nang kene komen rak diwalesi
    Podo mbek Anaz ndink :D
    Komen nang empe waelah
    etapi lagi males di empe wehehehe

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena