28 Mei 2012

Mulai Kangen Lagi

#Semua Umur

Ibue laporan kalo anak lanang yang biasanya kalem sekarang sudah mulai pinter keluyuran. Lengah sedikit si Ncip sudah merangkak ke garasi dan ngumpet di kolong mobil. Padahal dulu melihat Cipta yang sikapnya tenang, aku pikir sifatnya akan bertolak belakang dengan kakaknya.

Mungkin merasa anak bungsu, biarpun cowok alemannya tidak ketulungan. Maunya digendong disayang-sayang terus. Sampai lagi tidurpun segera bangun kalo merasa ibue tidak ada di dekatnya. Apalagi setelah bisa ngesot. Ibue ke teras ke dapur terus dibuntutin. Kelihatan banget dia seperti gak rela kalo melihat kakaknya nempel-nempel terus ke ibue. Apalagi kalo bapaknya.

Memasuki usia 7 bulan mulai kelihatan perubahan sifatnya. Alemannya masih tapi sudah ga seperti dulu. Sudah mulai bisa bermain sendiri merecoki si Ncit. Lihat kakaknya makan apa, suka direbutnya. Kakaknya lagi liat shaun the seep, laptopnya ditutup dan dikelonin. Kalo dulu suka nurut dinaikin kakaknya yang keranjingan mbek, sekarang sudah berani melawan ngejambak rambut si kriwil.

Kelebihannya s Ncip tidak susah makan seperti kakaknya. Apa saja diembat sampai-sampai cita-cita ibue kasih ASI ekslusif sampai 6 bulan gagal total. Makanya ada bagusnya dia mulai belajar mandiri ga selalu tergantung ke ibue. Kebayang kaya apa susahnya ibue yang mungil kalo harus menggendongnya kemana-mana sementara beratnya sudah hampir 10 kilo.

Kalo sifat Citra sih ga usah ditanya lagi. Anak cewek dikasih boneka jarang mau nyentuh. Sukanya main di halaman atau di kebun dengan ayam, kelinci atau kambing peliharaan mbahnya. Pintu dikunci masih cari-cari jalan keluar lewat jendela. Pintu pagar juga suka dipanjat kalo sampai lepas dari pengawasan.

Sisi baiknya dia tidak begitu merepotkan karena terbiasa main sendiri. Menyukai alam terbuka dan kuat jalan kaki. Kemana-mana senengnya lari-lari sendiri tidak minta gendong. Seperti waktu diajak ke Prambanan saat cuti kemarin. Sampe pegel kaki ngikutin si Ncit kesana kemari dan naik ke setiap candi. Sampai-sampai ada turis bule yang ngikutin terus dengan kameranya. Setiap Citra agak kesulitan naik undak-undakan candi yang terlalu tinggi untuk kaki mungilnya, ga mikir bapaknya dah kecapean si bule terus kasih semangat one more.. one more.. again..

Ibue juga cerita kalo toilet training Citra sudah mulai berhasil. Saat di rumah sudah mulai irit diapers karena sudah bisa bilang "ee" saat pengen ke kamar mandi. Sudah agak lumayan walau belum bisa bedain antara BAB dan pipis. Semuanya pakai istilah mau ee. Cuma payahnya, saat di toilet dia harus ditungguin. Kalo ditinggal, ga bakalan jongkok lagi dia. Berdiri dipinggir bak mandi mainan sabun atau shampo sampai air bak berbusa-busa. Mungkin efek samping dari kebiasaan cari mainan sendiri saat ibue sibuk urus adiknya. Atau nurunin sifat bapaknya yang suka main sabun saat di hutan ga tau dah...

Terlepas dari semua itu...
Tetap saja ada rasa yang sulit diungkapkan dengan kata-kata saat mendengar cerita tentang perkembangan anak-anak tanpa bisa ikut urus secara langsung. Sebenarnya sering kepikiran untuk kembali ke Jogja dan cari rejeki disana tanpa harus meninggalkan mereka terlalu lama. Tapi kalo ingat peluang kerja disana yang tak seluas di luar Jawa, kadang cuma bisa menjawabnya dengan helaan nafas panjang saja.

Sabar ya, nak...
Bulan depan ayah pulang...


7 comments:

  1. wuis...bapakne..kalah lemu..karo anake.. hora popo om..berarti bapake..orang tua yang baik...yo thoo.. mending sing lemu anake..daripada bapakne..wkk.wkk.. kabuuuur.......

    BalasHapus
  2. nantinya CItra jadi CItra Sang Penakluk tuh om ^^

    BalasHapus
  3. ahhh, ncip pipinya hu hu hu...
    tulisannya so sweet bgt nih mas ^^

    BalasHapus
  4. aww..aww..aww..mas itu ncip ditaro di deket ban..trs c kriwil berlupur gt adduuhh gustiiiiii...

    BalasHapus
  5. wkwkwkwkwk... belepotan tuh... habis makan cokelat ya tu si kakak...

    BalasHapus
  6. Wah sing ragil lemune. gizine di pek kabeh karo sing ragil.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena