Jembatan Putrapinggan 2008 |
#Semua Umur
Ada teman baru yang nyamperin di YM nanya-nanya cara mewarnai foto hitam putih sebagaimana aku tulis di jurnal Duotone.
Siapa sangka beliau seorang railfans dan ilustrasi jurnalnya aku pake gambar kereta api. Jadilah obrolan soal foto cuma sebentar, tapi memanjang di bahasan perkeretaapiannya dengan topik jalur mati Banjar - Cijulang.
Kenangan terakhirku dengan jalur kereta ini terjadi sekitar tahun 98 - 99 waktu jadi teknisi di Kancatel Pangandaran. Sebenarnya di unit telepon umum, namun kalo orang jaringan butuh tenaga aku suka bantu-bantu.
Saat itu ada satu saluran telpon ke wartel Kalipucang yang kabelnya menggunakan tiang eks PJKA. Dan saat itu penjarahan aset PJKA sangat marak. Bantalan, rel, tiang telpon sampai jembatan saja dipretelin maling. Jadilah jalur telpon itu sering gangguan.
Kalo saja kabel telponnya ada di tepi jalan raya sebagaimana umumnya, cari gangguannya enak bisa pakai mobil. Ini melalui jalur kereta yang sudah puluhan tahun tak dipergunakan. Tiap ada gangguan musti jalan kali 10 kiloan menerobos hutan penuh semak.
Namun justru di situ asiknya...
Jalur rel Kalipucang - Pangandaran meliuk-liuk di daerah berbukit dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Hanya saja kenikmatan itu musti ditebus dengan nyali tinggi. Masuk terowongan Sumber sepanjang 1200 meter yang gelap dan kadang dicegat ular. Lalu meniti jembatan Cikacepit sepanjang 1250 meter setinggi 100 meter sambil memanggul tangga.
Jembatan Cikacepit 2009 |
Mending kalo kaya jembatan layang yang jelas aman dilalui. Tau sendiri lah jembatan kereta api itu kaya apa. Plus sudah berkarat habis dan sebagian besinya mulai dijarah orang.
Sensasinya jauh banget dibandingkan waktu aku melalui jalur itu 20 tahun sebelumnya. Sekali-kalinya seumur hidup aku naik kereta ke sana sebelum jalur ditutup. Berangkat dari Banjar sehabis subuh dan butuh 3 jam perjalanan sampai Pangandaran.
Itu perjalanan paling kereta api paling keren yang aku rasakan. Menggunakan lokomotif uap yang penuh asap dan musti tutup hidung waktu masuk terowongan. Percikan bara tak jarang ikut masuk bikin bolong pakaian. Namun begitu keluar terowongan tak ada orang yang bersedih. Semua tertawa terbahak-bahak melihat wajah-wajah yang kadang menghitam kena jelaga.
Spoorbrug op Tjikatjepit - 1925 |
Paling berkesan justru di perjalanan pulang. Makan nasi bungkus waktu berhenti di stasiun Banjarsari, kebetulan pedesnya minta ampun. Jadilah isi perutku berontak sampe hampir nangis menahannya. Kereta masih pake gerbong kayu mana ada toiletnya. Jadilah aku ga berani berdiri sampai ke Banjar gara-gara kentut tapi ampasnya kebawa banyak banget...
#Najis...
Masa lalu yang indah...
Ada pengalaman serupa..?
Intinya
Cuma bisa sedih tiap kali ingat jalur kereta api yang indah itu. Andaikata bisa diaktifkan kembali...
gambar dari flickr dan tropenmuseum.nl
itulah kerenya indonesia bukanya bertambah jalurnya malah berkurang, jalur purwokerto semarang juga menyediakan pemandangan hebat kalo masih ada...
BalasHapuspurwokerto semarang sih sepurnya mbaeh pa..?
Hapusada juga purwokerto wonosobo
jalur sds...
jalur mati rel nya sudah ilang mas, entah kemana
Hapusudah ewes ewes bablas angine, om
Hapusindonesia raya masyarakatnya kreatip kok
banyak tukang las portable
Hapusboro boro jalur mati, jembatan suramadu saja dipretelin
Hapushaha
maaf master rawins saya gak punya pengalaman serupa, tapi saya bisa merasakan keindahannya dari cerita dan poto master rawins.
BalasHapusIzin ambil potonya ya, makasih master.
itu dapat nyomot di google dan aku kecilin resolusinya. cari aja di google biar dapat yang resolusinya bagus. pilih yang dari flickr, ada hi res nya tuh..
Hapuskecolongan nih ye, saya juga punya pengalaman serupa dong didalam kereta, yang judulnya menunggu itu menyakitkan jenderal
Hapuskecolongan apanya..?
Hapuspengen ngentut kecolongan sak ampase ra iso nahan
Hapushahahaha mantap kui om
Hapussensasinya legit
Tuing-tuing..... terperangah aku di buatnya untuk melihat hasil permainan warna dan goresan di setiap aksaranya. Aturan sekalian photo ularnya dong Kang, yang cegat di dalam goanya. He,,, he,,, he,,,,
BalasHapusSalam wisata
waduh jaman dulu belum ada kamera digital, pak...
Hapuskecuali pak indra mau blusukan kesana bolehlah ambil gambar yang keren. pangandaran belum banyak dibahas kan..?
udah nasip kali jadi emak sedjati... Apalagi sekarang udah punya 2 anak, dulu msh remajapun gak ada sedikitpun pgn ngerasain pengalaman yg menantang2 gitu... Males ah, mending ngeliwet, gawe lauk, dahar bareng, wis heppiiii pisaaan... Trus ngitung duit bergepok-gepok deh...
BalasHapusQiqiqiqiqiq...
Duit sendiri lho...
*ngayal...
beda orang beda penantangnya lah
Hapusada yang bilang mendaki gunung itu menantang, ada juga yang anggap setrikaan menggunung adalah tantangan...
fotonya bagus. kalau lagi ke Bandung pengen deh berhenti di tol dan foto tapi gak bisa mulu.
BalasHapuskok ke bandung, emang dari mana..?
HapusJauh amat ? ? ?....... xixixii.....
Hapussekalian aja ke jepang, pak...
Hapusmungin beliau pikir karena jawa barat jadi deket ke bandung, pak
kaya aku kalo denger kata jayapura dan merauke kepikirannya deket karena sama sama papua...
Jalur yang indah memang. Tahun 2003 - 2005 saya kerap melalui jalur ini, tapi tentunya yang beraspal bukan jalur kereta. Sayangnya di sana, tidak pernah sekalipun naik kereta melalui jembatan Cikacepit.
BalasHapusHa ha jadi pengen balik neh ke Ciamis walau Pangandaran kini bukan Ciamis lagi.
aku juga baru tau kemarin kalo pangandaran sudah jadi kabupaten sendiri. sekali kali tracking kesana, om. banyak lokasi asik buat berburu foto yang belum tercemar. tapi yaitu syaratnya, musti siap pegel kaki, hehe...
HapusAgak seram ya lihatnya! Maklum, kami dijayapura tidak punya kereta api, yang ada gerobak dorong.
BalasHapuswaduh jayapura...
Hapuskalo sekedar jalan jalan aku pengen banget tuh jelajah papua
*tapi diongkosin :D
kerennya orang dulu ya...sekarang mana bisa kayak gitu...paling-paling cuma bisa lihat fotonya saja...
BalasHapuskerenan orang sekarang. bisa bebas foto foto ga kaya dulu... :D
HapusYahhh ampyunnn...tahun kapan sih itu mas? Emang umur mas berapa sihh? Hihihihi...masih sempet rasain kereta api jadul macam ituuu...ending nya busettt dahhhh, yah jangan berdiri lahhh, klo tidak itu ampas2 bisa berserakan kemana2...ihhhhh
BalasHapusduh si mamie inih heboh mulu. aku baru 28 taun, mie. masih brondong gitu...
Hapusbuka aja lagi ya mestinya jalur cikacepit ini buat wisata...
BalasHapuskayak jalur Ambarawa-Bedono, Sawahlunto-Muara Kalaban...pakai kereta uap..., banyak peminatnya ..
apalagi kalau pemandangannya bagus ya.., dipromosikan bareng2 dengan Green Canyon..., eh masih terhitung satu daerah kan..?
tahun 97 sudah mulai diperbaiki oleh mbak tutut
Hapussayang babehnya keburu tumbang. pemerintah selanjutnya ga tau kenapa ga mau ngelanjutin malah dibongkarin lagi...
bgus bgt pntainya,,,,
BalasHapuskereta jadul om,,,, skg msih ada kah!?
pinjam kantong doraemon biar bisa kembali ke masa itu lagi,,, hehe
pan udah dibilang ditutup sejak 30 taun lalu...
Hapusfotone apik
BalasHapuslebih bagus kalo ada lik zach bergelantungan di jembatan
Hapusasli keren banget mas, baik pemandangannya, eksotis, pengalaman di terowongan, dan jembatannya itu lho hanya ada di jawa barat. huh jadi ngiri.
BalasHapuspengalaman kentut kecolongan ampas juga asik tuh mas.
lokonya pakai seri D atau B mas ? yang roda penggeraknya ada palangan dan ikut gerak juga.
waduh gak apal lokone om
Hapustapi loko kecil kok ga kaya yang jurusan bandung apa jogja
sing kayak di youtube mu mas , sampean polo tasiune
Hapushush semprul...
Hapuswah keren sekali... tapi sayang ya ga dipergunakan lagi.... jangan2 peninggalan koloni ya Mas?
BalasHapusemang ada jalur kereta yang bukan peninggalan belanda..?
Hapuspengalaman opo? kenthut ma ampas? nggak lah...:P
BalasHapusjiaaah malu mau mau ngaku
Hapuswow pemandangan sangat fantastis mas, sayang ga ada foto jarak dekat ya
BalasHapusaku ra iso mbayangke. ngiwi manggul ondo diketinggian 100 meterm bhayalanku njuk koyo nonton sirkus rusia kae po yo. hahahaha, #glontang
dah main aja ke sana
Hapusada kok travel jogja pangandaran..
Wah, jujur gua baru tau kalo ke Pangandaran bisa naek kereta...kenapa ga diaktifin lagi ya keretanya? Lebih aman daripada naek Bus Budiman tuh mestinya...hehehe
BalasHapus