20 September 2013

War Mail

#Bimbingan Orang Tua

Orang bikin jurnal Teman Lalu itu untuk mengenang yang bening-bening, malah ditodong nyeritain yang lethek juga. Yoweslah manut beberapa edisi ke depan aku khususkan nulis cerita kilas balik saja...
#timbang benjut...


Dulu aku punya sopir bernama Suwar. Aku sih manggilnya pak War. Tapi kata teman-teman nama aslinya Suwargo Nunut Neroko Katut...

Beliau ini juragan duren yang buka lapak di depan galeri. Namun mengajukan diri untuk jadi sopir dengan alasan bisnis duren lagi sepi. 

Nyopirnya sih lancar dan jalan kemana pun hapal. Sayang disuruh rubah kebiasaan lama susahnya minta ampun. Misalnya kalo parkir, aku minta gigi dinetralkan lalu tarik rem tangan. Tetap saja dia ga peduli rem tangan, lebih suka masukin ke gigi satu. Dampaknya kalo aku mau nyupir sendiri dan lupa habis dipake Suwar, tembok tak berdosa di depan mobil selalu jadi korban dicium bemper.
#mantap...

Untuk mengamankan pembukaan event, aku biasa pakai jasa pawang hujan dari Kaliurang. Suatu saat pawangnya berhalangan dan War aku minta cari pawang lain. Bukannya berangkat malah menawarkan kekuatan supranaturalnya. Aku bilang ga percaya, dianya ngeyel, "mending bayar aku satus, apa pilih hujan..?"

Waktu sudah mepet, daripada event berantakan aku ngalah kasih duit 100 ribu itung-itung nambahin penghasilan teman. Lagian dia jujur kok, berani kasih garansi uang kembali. Begitu acara dimulai, Suwar nyamperin ke ruangan nyodorin uang 50 ribu. Aku tanya uang apa, dengan damai dia jawab, "gerimis e, pak. Jadi kembali separo deh..."
#ah elah...

Beberapa bulan jadi sopir, War bilang mau keluar kerja. Aku tanya kenapa, jawabnya, "duren lagi laris, pak. Nanti kalo sudah sepi aku tak nyopir lagi..."
#yasudahlah...


Repot ga ada sopir, buruan aku cari ganti. Kebetulan ada anak muda nganggur yang sering nongkrong di galeri. Tampangnya sih serem rambutnya gondrong tapi baik hati. 



Namanya Mail. Lengkapnya aku ga tau, mungkin Mailbox...

Orangnya sok gaul, kadang kepedean dan suka dangdut. Aku pikir bukan masalah, toh cara nyopirnya sudah tertib tidak seperti Suwar. Baru kerasa bermasalah ketika galon di dapur habis, si Ela bilang, "ga mau diantar mas Mail, pak. Habisnya kemarin karyawan minimarket bilang itu suaminya Ela. Bikin jatuh pasaran saja..."
#hadeuh...

Habis anterin Ela beli galon, aku minta si Mail nganter Lenny ke hotel jemput tamu. Gantian Mailnya yang menolak. "Wegah jemput tamu sama Lenny. Gayane kalo turun dari mobil kaya bos wae. Rumangsane aku sopire po...?"

Lha, ga mau disebut sopir, rumangsamu tukang macul po...?
#tepok jidat...

Malamnya, tamu dari Taiwan itu ngajak ke karaoke. Seperti biasa kalo tamu asing, acara minum-minum tak pernah ketinggalan. Lihat si Mail balapan minum mulu sama Mr Jerry, aku sempat wanti-wanti. Pede abis si Mail jawab, "santai wae. Aku pensiunan tukang minum, pak..."

Ngakunya, kalo cuma AO 3 botol ga bakalan bikin sempoyongan. Makanya aku santai saja wong di meja cuma ada wishkey sebotol. Tak tahunya saat masanya pulang, si Mail malah nungging di toilet.

Timbang beresiko di jalan, aku minta kunci mobilnya. Perasaan turunnya bareng-bareng, eh nyampe tempat parkir ngilang lagi tuh anak. Ada mungkin 5 menit aku mencari-cari sampai aku lihat dia bersandar di mobil pick up punya orang. Belum sempat tak tanya, dia sudah nyerocos duluan, "kemana aja sih, sampe jamuran nungguinnya..?"

"Nungguin opo, wong mobilnya di sana...."
"Ooo salah mobil yo..? Kenapa gak bilang..?"
#ngelus pantat...

Cape bermasalah mulu, besoknya aku siapin uang masukin amplop dan ngomong ke Mail ga usah nyupir lagi. Aku bilang saja kalo kejadian semalem itu malu-maluin. Dasar orang pede, tanpa rasa dosa dia jawab, "wong mabuk ki bebas kok, pak..."
#howalah...


Sebenarnya ada satu teman lagi
Tapi khusus yang ini aku ga berani nulis
Kasih penampakannya saja deh, takut digetok panci...



Intinya
Sepertinya sudah nasibku punya teman-teman baik hati walau kadang-kadang rada dodol...


66 comments:

  1. Balasan
    1. Wah wah saya belum sempat baca semuanya,
      Malah pandangan saya ke foto cewek seksi kebiasaan mas Rawins di artikel hahahahaha. Mulus mas. Mantap kie

      Hapus
    2. pacul emang hobinya ngamplas jidat kok...

      Hapus
    3. Pak Emillllll, ngapain di situ...?

      Hapus
    4. beliau kan donatur utama, ya lagi audit sumbangannya lah...

      Hapus
  2. temen2nya unik2 & rupa2 warnanya, hehehe ...

    BalasHapus
  3. Yang sama kang Mail itu siapa kang yang diatas motor ? Ko gak diceritaain ?

    Salam wisata

    BalasHapus
  4. nyong termasuk sing dodol gak ya :D

    BalasHapus
  5. Melu ngguyu ae,,,,,,,,,

    lucu aja tahu kisahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenangan memang selalu indah, tak seperti waktu ngejalani :D

      Hapus
  6. ngguyu ae ah, nyong ra ngerti ceritane sing penting nyimak dan hadir saja.

    BalasHapus
  7. mas ekooo ituuu tuh yg gondrong mirip mbah surip *ups

    BalasHapus
  8. siap-siap baca posting tanggapan dari Kang Pacul. yang menyatakan bahwa sekarang dirinya udah jadi sufiii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga mungkin lah. Beliau kan tidak suka menonjolkan diri kalo urusan kebaikan...

      Hapus
  9. suer mas, salut banget sama yang namanya mail, badan dan muka yang mukegile gitu bisa bersandar di pundak artis, hehe

    sampeyan aja yang tampang lebih keren dari mail gak bisa nyandar di pundak artis dangdut, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah istimewanya Jogja. Pertemanan tidak memandang tampang
      *penting sawerane :D

      Hapus
  10. tadi pas baca judulnya kirain perang surat pak :D

    oawalah ada-ada aja tuh pa rawins. jadi pawang ujan eh malah gerimis ;)) lucu pake ngembaliin setengahnya lagi :D kocak

    BalasHapus
  11. oalah lek war lek mail tuturane pengkuh...

    BalasHapus
  12. kalo foto cewek yang kena sruduk kepala mail kok tidak ada ceritanya sich..... :-)

    BalasHapus
  13. Berbaik sangka itu lebih baik bagimu, sebab.....ah sudahlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kecuali umat yang terbiasa memandang sampai ke isi...

      Hapus
    2. Dan seburuk-buruknya isi adalah tahu isi yang isinya tahu....

      Hapus
    3. Asalkan bukan isi yang isinya seniman

      Hapus
  14. Haha, teman dodol ga apa mas, yang penting jadi teman setia dan ada ketika kita jatuh da sendih. Bukan hanya saat bahagia. Sama halnya dengan rekan kerja, mereka beda kepala beda pemahaman, apalagi sifat dan kareater masing-masing :)Ya walau terkadang menghela nafas dan tepok judat. Saya bangga punya teman seperti mereka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yang ngangenin dari teman teman di Jogja, om. Kebersamaannya indah sekali. Bermasalah di kantor, tidak sampai ke angkringan..

      Hapus
  15. hahahahaha, hadeuh, ketemu wong seng koyo ngene ki ra sido mangkel, malah mbekelke weteng, hahaha. tobat, jo nganti nemoni aku,,ahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ada malah bikin awet muda, pak. Nyengir teruuus...

      Hapus
  16. Walaahh... Suwargo nunut sama Mailbox... Wis malah gak iso komen aku. Ngguyu aelah.

    BalasHapus
  17. hehehhe War Mail sopir lucu... arus diawetkan tuh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya aku musti hengkang dari sana, mang...
      Kalo pulang kadang ga sempat ikutan kumpul kumpul mereka

      Hapus
  18. wkwkwk cerita lucu banget master, lawakan yang disajikan dalam mode serius, mantab gak ada jayus nya sama sekali, apalagi pas nyeritain si mail yang berambut gondrong. Bisa jadi pengganti blog nya raditya dhika nih. ^_^

    BalasHapus
  19. angel komen sekaline jebol telu...
    Repot kudu di tip ex...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah bu. Bisa dimaklumi. AKu juga sering gitu kalo lagi jadi fakir benwit

      Hapus
    2. halah
      kaya apa aja dicatet, haha...

      Hapus
  20. PakSuwar itu yang nyopiri waktu pindahan ke Bantul kemaren kan Pak?

    BalasHapus
  21. mas mailbox, ngeri banget tatapannya kayak mau ngeremus mix:P

    BalasHapus
  22. Semuanya dah pada kemana sekarang Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah berserakan kemana mana mengikuti jalan rejeki masing masing...

      Hapus
  23. pahanya si mail kliatan udah rada kurang kenceng tu kang.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas Pak Ci, nanti terpeleset dari Mail manjadi Emil...kan bahaya tuh, dikira pitnah, padahal sungguh...# eeh, keceplosan

      Hapus
    2. dimaklumlah, karena namanya doang emil salim tapi kepedulian ke lingkungan hidupnya dia kurang. lingkungan dia jarang hidup kali..?

      Hapus
  24. hhahaaa..
    orang emng punya karakter dan sifat masing-masing..
    itulah mengapa diperlukan manager pada tim sepakbola dan kepala kantor di sebuah kantor....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya kalo ada masalah, manager lebih suka salahin bawahannya, hehe

      Hapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena