20 Februari 2011

Surveyor Dadakan

Benar apa yang aku perkirakan semula. Walau sudah ada surat sakti, tetap saja ada tembok kepentingan yang susah di tembus tanpa alasan jelas. Sebenarnya, aku cuma butuh data kontur medan dari tambang ke pelabuhan sebagai pedoman untuk mengukur ketinggian tower radio link yang harus aku bangun agar tidak terhalang gunung.

Aku datang ke bagian surveyor geologis untuk meminjam peta kontur. Perhitungan elevasi kayaknya aku masih ada sedikit gambaran sisa-sisa jaman jadi navigator rescue dulu. Aku sampaikan maksudku akan membangun tower dan butuh data ketinggian medan. Berbagai macam jawaban aku dapat, dari yang semula katanya peta kontur ada, jadi gak ada, sampai akhirnya ada tapi tidak bisa diperlihatkan ke orang lain. Aku batalkan pinjam peta dan minta tolong untuk menghitungkan saja berapa meter tower harus aku bangun agar antena radio bisa face to face. Jawabannya kembali ngalor ngidul ngetan ngulon ga jelas.

Di surat tugasku, disebutkan bahwa setiap ada permasalahan yang menghambat pekerjaan aku harus laporan. Jadi aku bisa ambil jalan pintas lewat komisaris perusahaan untuk menekan surveyor agar memberikan peta itu. Tapi aku masih berpikir bahwa di lapangan kenyataan bisa sangat berbeda dengan di atas kertas. Bisa saja mereka jadi memberikan peta itu karena ada tekanan penguasa, tapi politik kepentingan mereka menahan peta pasti akan berakibat langsung terhadapku di lapangan. Apalagi intimidasi fisik begitu lumrah terjadi disini. Apa salahnya aku bermain aman sementara waktu.

Aku ingat, elevasi permukaan tanah bisa dilihat di google earth. Aku coba itu dan menemukan kenyataan bahwa map Kalimantan ternyata kondisinya mengenaskan sekali. Dari imagenya saja sudah bisa diperkirakan itu peta lama. Legenda wilayah, nama daerah, apalagi nama jalan tidak ada sama sekali. Rada mumet juga mencari-cari lokasi tambang ini.

Ingat di hape ada GPS built in, aku coba cari posisinya. Secara visual bisa, tapi aku butuh koordinat agar lebih akurat. Payahnya GPS XPeria menggunakan google maps yang tak mencantumkan koordinat di titik posisinya. Puter otak lagi sampai ketemu kalo kamera XPeria support penandaan GPS. Aku jepret saja di sekitar bakal lokasi tower dan buka properties fotonya. Dapat deh titik koordinat itu. Dari situ aku meluncur ke PLTU dan ambil foto lagi untuk melihat koordinat melalui properties foto.

Kembali ke google earth, pasang tool penggaris dan tarik garis dari kedua titik koordinat itu. Kursor aku geser sepanjang garis itu untuk melihat ketinggian tanah yang tampil di layar bagian bawah peta. Tapi susah juga harus membagi mata antara kursor dan elevasi. Aku perbesar peta sampai batas maksimal, tetap saja sulit untuk mendapatkan data ketinggian tanah secara akurat.

Seharian muter-muter di google, akhirnya aku nemu aplikasi yang namanya global mapper. Sayang versi linuxnya tidak ada, sehingga aku harus instal windus dulu di letop. Aku download dan instal aplikasi itu. Buka-buka di bagian help untuk mempelajari cara kerjanya, akhirnya aku nemu tool untuk melihat ketinggian tanah dalam diagram irisan vertikal. Tapi, begitu aku klik perintah untuk menampilkan, yang nongol malah pesan bahwa versi trial tidak bisa menampilkan itu. Hasemm..

Lari ke situs andalan, thepiratebay. Dapat deh yang plus patch walau cuma versi 11. Versi resmi di websitenya sudah sampai angka 12. Setelah instal dan melakukan patching, aku cari-cari tool yang ada di versi trial tadi. Entah lupa entah karena beda versi, tool itu gak ketemu-ketemu. Butuh waktu sampe 2 jam aku ngubek-ubek help sampai akhirnya aku dapat yang aku cari.

Haduuuh...
Ternyata gak susah-susah amat..
Tapi kenapa dipersulit..?

5 comments:

  1. hehehe////akhirnya bermain bajakn juga :D


    jgn lawan bajakan :D

    BalasHapus
  2. itu yang mesti dicari jawabannya :D

    nggak susah tapi kok dipersulit.ehehe

    BalasHapus
  3. Wah sya g ngerti yg gituannn, hahay...Selamat menemukan yang mudah aj,,

    BalasHapus
  4. Waduw...ribet bener ya mas, sampai2 muter2 kayak gitu :D
    Hihihihiih...
    Tapi biasanya sih yang kerjaannya ribet gini gajinya gede :P

    BalasHapus
  5. x_x stres duluan ngeliat itu gambar hahahah hands up. paling ga paham ;DDD

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena