10 Januari 2011

Tanpa Tujuan

Belum ada yang menarik dari perjalanan yang baru sepotong ini. Kalopun ada yang nyebelin mungkin hanya airport tax yang naik jadi 35ribu perak dari sebelumnya 25ribu. Ketika aku tanya kenapa naik, si bapak penjaga loket jawabnya, "cabe aja naik, pak.." Jadinya aku mulai mudeng kalo harga cabe pun berkorelasi dengan tarif pelayanan bandara.

Yang masih kepikiran saat bengong menunggu boarding ini adalah pertanyaan istriku saat aku pamitan tadi, "mau ke tempat siapa..?"

Suer...
Dari kemarin aku selalu bilang mau ke Jakarta, Jakarta dan Jakarta tapi tak pernah kepikiran disana mau kemana. Yang ada di otak cuma ke Jakarta cari tambahan ongkos buat mencoba peruntungan di Batam nanti. Jangankan punya planning di Batamnya mau ngapain wong di Jakarta yang sekarang aja belum jelas mau kemana.

Kebiasaan tak pernah mau ambil pusing tentang hidup memang suka membuatku terkesan menyepelekan masalah. Keinginan menikmati hidup juga membuatku tak mau berpikir rumit tentang kesulitan. Aku lebih suka menjalani hidup dengan mengalir apa adanya. Terkesan sembrono memang. Namun kenyataannya aku masih bisa hidup sampai sekarang tanpa banyak merasakan kepedihan walau sebenarnya jalan hidupku tak selalu manis.

Aku sendiri tak tahu apa aku hidup berdasar wangsit atau sekedar halusinasi semata. Saat kepikiran ingin ke Jakarta aku langsung saja pesan tiket. Ndilalah kalo lagi kepengin, suka ada rejeki entah darimana. Sampai di Jakarta baru aku mikir mau terus kemana, sekedar untuk numpang tidur syukur-syukur dapet makan. Herannya tanpa aku rencanakan jauh-jauh hari selalu ada saja jalan yang aku temukan mendadak.

Salah satu faktor yang paling membantu adalah internet. Kebiasaan ngeblog di jalan seperti sekarang ini suka membuatku bernasib baik. Tak jarang penawaran jadi tempat tujuan aku dapatkan dari teman setelah baca aku sedang menuju kemana. Seperti saat ini, aku belum tahu setibanya di Cengkareng mau kemana. Namun aku yakin sampai sana aku sudah punya tujuan. Mungkin terlalu gegabah, tapi entah kenapa selama ini keyakinanku jarang gagal walau kadang meleset.

Tapi bukan berarti aku selalu pergi tanpa tujuan. Pergi dengan tujuan pasti lebih sering aku lakukan, walau tak jarang buntutnya meleset ke sasaran lain. Seperti ketika aku belajar macul di Jakarta yang kemarin. Saat aku sudah dianggap lulus dan disuruh siap-siap untuk bekerja, aku malah pamitan mau jadi relawan Merapi. Entahlah, aku sendiri sering tak mengerti dengan isi otakku. Namun aku sendiri tak pernah merasa terbebani dengan pilihan-pilihan itu. Walau orang lain menganggap aku sering bertindak bodoh, tapi nyatanya aku selalu mendapat keajaiban untuk menyelesaikan masalahku.

Pokoknya aku sampai Cengkareng dulu. Aku akan kemana dan berbuat apa, nanti malam pasti sudah ada jawabannya. Walau tak jelas begini, tapi yang pasti tujuanku adalah cari tambahan bekal untuk mencoba peruntungan di daerah yang belum pernah aku injak sebelumnya.

Siaran langsung dari bandara Adisucipto sambil nunggu boarding jam 18:30

Mobile Post via XPeria

5 comments:

  1. wah sayang wins, udah capcus dari Jekarda nih.. abis dari sono..
    emang airport tax kan naik sejak desember.. tapi 35 ribu masih lebih murah dibanding SBY dan UPG yang 40 ribu

    BalasHapus
  2. Wah samaan sama aku Sob.. klo pergi pasti gak pernah punya tujuan.. tapi herannya emank selalu nemu aja sama yg namanya keberuntungan hhe... mungkin kaya hari ini yg aku sendiri gak jelas ada dimana... dibilang kota Bandung... kayanya bukan.. dibilang desa kayanya bukan juga... Hem... sayang nie aku lagi di luar kota... klo di Jakarta aku pasti langsung ke Cengkareng nyari kamu Sob....

    BalasHapus
  3. niatnya nyari untung, asaL jangan buntung aja Lik. :))

    BalasHapus
  4. ke new york aja mas..
    mungkin disana harga cabe ngga naik..
    hehe

    BalasHapus
  5. Air port tex, Rp. 350.000...??? Masya Allah.. mahal amat :(. terakhir, kemarin aku Rp. 150.000

    Btw, ini adalah soalan aku saat membaca tulisan2 kang Rawins selama menasi relawan. Bukankah, sebelumnya Kang Rawins baru kerja di Jakarta? hehehe terjawab sudah :)

    Selamat mencari pengalaman baru.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena