12 Januari 2011

Di Jakarta

Senin malam..
Cuaca yang kurang bersahabat membuat perjalanan kali ini lebih lambat dari biasanya. Untung sampai Jakarta cerah sehingga bayangan macet akibat banjir sementara bisa ditepis.

Begitu turun di terminal 3 dan mengaktifkan hape, masuk sms dari teman jaman STM dulu. Tahu aku di Jakarta temanku minta aku nginep di rumahnya di Pamulang. Kangen katanya hampir 20 tahun ga ketemu. Nongkrong di tempat pemberhentian Damri bandara. Nanya ke petugas yang jualan tiket untuk jurusan Lebakbulus masih ada apa engga. Jawabannya kurang memuaskan, "kayaknya sih masih, pak..."

Lama nunggu trus mikir Pamulang tuh jauh, aku inget si dokter yang merangkap doktor alias mondok di kantor di Lemhanas Kebon Sirih. Jadinya aku minta tiket Damri yang ke Gambir. Udah gitu baru inget si dokter baru masuk kantor tuh hari Selasa sedangkan ini baru menjelang awal Selasa. Saat itu masuk bus Damri jurusan Blok M. Tanpa pikir panjang aku masuk tak menghiraukan teriakan petugas tiket yang bilang tiketku ke Gambir. Aku pikir apa bedanya wong harganya sama 20rebu dan bentuk tiketnya pun sama ke berbagai jurusan.

Lagi mikir cari teman di daerah Blok M, lalu lintas agak kusut di Slipi. Lihat mikrolet 09 aku inget ada teman di Rawabelong. Loncat deh dari bus ke mikrolet. Sampai pertigaan Rawabelong aku nelpon temenku itu, eh dia lagi di Permata Hijau. Akupun bilang tengkiu dan siap-siap cari sasaran lain sebelum akhirnya temanku bilang, "tungguin bentar, lagi beli sate doang..."

Akupun sigap menjawab, "dibungkusin ga. Kalo dibungkusin nunggu agak lama juga ok..." hahah clamit mode : on

Udah damai dapet penginepan plus makan gratis aku inget temen lama yang di Pamulang. Telpon-telponan deh ngalor ngidul ga jelas sampai akhirnya bilang kalo sebelah kantornya butuh beberapa orang IT untuk di Kalimantan. Kalo minat aku disuruh datang ke Jl AM Sangaji. Aku pun mengiyakan dengan catatan jangan tanya soal ijasah atau sertifikat formal lainnya. Aku ga punya soalnya. Trus temanku bilang coba aja datang dan nego sendiri. Akupun mengiyakan dan selalu siap selama yang disuruh kerja itu tangan dan otakku, bukan ijasahku. Lagian aku ke Jakarta cuma bawa dengkul sama kolor doang. Eh, plus keberuntungan juga ding.

Selasa...
Pagi-pagi langsung check out dari rumah teman di Rawabelong. Sampai Palmerah macetnya minta ampun. Daripada ga maju ga mundur turun deh dari mikrolet dan jalan kaki sampai Slipi. Tiba-tiba aku ingat gaya jalan itu. Hahaha Jakarta banget pokoknya. Jalan tergesa kadang sedikit berlari selasap selusup kesana kemari. Manuver badan lincah diselingi loncat kecil menghindari kendaraan, pedagang kaki lima, jalan becek dan pejalan kaki lain. Sebuah style berjalan yang sempat terlupakan sejak aku jadi orang Jogja yang selalu santai. Pokoknya bernostalgia sepanjang Palmerah - Slipi ini, aku cuma pengen bilang, "gue suka gaya loe..."

Nyambung Tanah Abang akhirnya sampai deh di tujuan. Tapi soal wawancara tar aku tulis dalam jurnal tersendiri deh. Soalnya acara tipu-tipu ngeboongin orang HRD nya cukup banyak kalo harus diceritain disini. Intinya wawancara beres dan tinggal tunggu keputusan. Habis itu tujuanku ke tempat si dokter di Lemhanas. Pengalaman selama ini bila menggelandang di Jakarta, disitu penginepan gratis paling nyaman. Syukur-syukur ketemu mbah Muladi yang sejak beliau hengkang dari Semarang ga pernah liat lagi selain di tipi. Siapa tahu disangoni. Ngarep mode : on

Cuman, kalo nginep di Kebon Sirih harus siap begadang. Soalnya temenku itu paling doyan makan dan ngobrol. Dan lokasi favorit buat nongkrong makan adalah di Jl Sabang. Semalem sempat sih si dokter nanya kali aja ada lokasi lain yang asik buat nongkrong. Aku inget kang Khamse si botak juragan teh botol Muara Angke. Kalo kesana biasanya selalu dibakarin ikan. Tapi sayang, beliau sudah naik jabatan jadi distributor minuman botol dan bilang tak bisa diganggu selain hari minggu. Yaudah akhirnya cuma bisa nongkrong di tempat biasa sambil nonton monas. Monasi goreng apa uduk ada kok...

Ngetik sambil nunggu sarapan di Kebon Sirih

Mobile Post via XPeria

2 comments:

  1. hahhaa.. palmerah waktu pagi emang saat yang pas untuk merenung: saking macetnya.

    semoga apa yang sedang diharap2, segera kejadian. :)

    BalasHapus
  2. semoga sukses untuk interviewnya gan...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena