24 Januari 2011

Anti nyamuk

Bila di kerjaan sebelumnya tiap hari di kelilingi SPG, disini tiap waktu dikerubut nyamuk. Apalagi kalo sore. Mulai jam 5 sampai jam 7, pekerjaan sampingannya adalah lomba tepuk tangan. Kayaknya setahun lagi tinggal disini, telapak tangan bisa kapalan setebal telapak kaki neh. Heheh...

Inget cerita di Discovery Channel tentang suku primitif di pedalaman Afrika yang membalurkan tanah atau getah pohon tertentu ke badan untuk mencegah nyamuk, aku pikir orang Dayak juga punya. Tapi tanya-tanya yang di kantor mereka sudah pakai obat nyamuk bakar atau lotion anti nyamuk pabrikan. Makanya pas jalan ke tambang, melihat ada ladang di tengah hutan aku sempatin mampir.

Ada sekeluarga di gubuk tengah hutan itu termasuk anak-anak. Nyamuk disitu pun jauh lebih banyak daripada yang di sekitar kantor. Setelah basa-basi dengan bahasa Indonesia yang teramat susah dipahami akhirnya aku masuk ke poin utama. Ketika aku tanya ada engga resep tradisional pengusir nyamuk, katanya itu soal gampang. Pake merit juga beres. Eh, ga tahu istilahnya yang bener merit, maried, marit apa morat-marit. Bahasanya susah soalnya.

Sudah seneng dapat solusi, segera aku kejar lagi apa yang dimaksid marit itu. Dan jawabnya, "tepuk, garuk, pak..."

Hoalah, jebule...
Kalo gitu sih ga perlu nanya...
Ada yang punya solusi..?

Mobile Post via XPeria

6 comments:

  1. wah nyamuknya besar=besar ...

    BalasHapus
  2. Wahahaha... Kreatif tuh Merit!
    Cara yang bener-bener tradisional...

    Salam sayang dari BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    BalasHapus
  3. ke supermarket beli lotion anti nyamuk, beres. saya juga mau ke kalimantan, borong autan ah....

    BalasHapus
  4. ::: hahahahaha...morat marit....

    ^__^

    ::: masih ingat aku ndak mas rawins...

    :: gak berasa udah ampir setahun aku vakum ^___^

    ::: berharap si mas masih inget aku ,, hihihihihi

    BalasHapus
  5. Salam kenal mas... saya termasuk yang seneng baca postingannya jenengan mas.. Kebetulan sama-sama di pedalaman nih.. Sampeyan di Kalimantan, tapi Aku di Maluku...

    Tips oesir nyamoek tjara konjol:

    Tangkap 1 ekor nyamuk, jangan sampe nyamuknya mati. kalo bisa sizenya yang agak besar. Trus olesi sedikit tipe-x (penghapus tinta) warna putih, tunggu kering. terbangkan kembali.
    Niscaya nyamuk-nyamuk yang lain pada kabur... coz nyamuk dikira pocongan nyamuk...

    *Ikut kabur, takut...*

    BalasHapus
  6. Wah,,,,istilah baru ya bang,,,,Merit,,,hehee

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena