12 Januari 2011

Travelling Ga Jelas

Untuk urusan jalan-jalan seperti sekarang, penentuan waktunya diatur secara tak tertulis tanpa pernah dibahas antara aku dan istri. Bila aku punya tujuan pasti, aku yang bilang ke istri, berapa hari aku akan pergi dan istri akan menyiapkan segala perbekalannya tanpa banyak tanya. Kalo istri ikut semua perabotan masuk koper. Tapi kalo pergi sendiri, semua kebutuhanku akan masuk ransel.

Istriku memang cukup teliti untuk soal bekal perjalanan. Dia tak mau bawa baju ganti untuk 4 hari bila hanya pergi 2 hari, begitu juga sebaliknya. Kebutuhan pakaian akan dirinci hari pertama butuhnya apa, hari kedua apa dan seterusnya. Suka dipertimbangkan juga di tujuan akan beli kaos apa kemeja misalnya. Itu suka dihitung untuk mengurangi beban pakaian yang akan dibawa. Jadinya ga bakalan ribet seperti seorang temenku yang ga peduli perginya berapa hari, pokoknya beragam jenis pakaian harus ada. Untuk antisipasi hal yang tak terduga, katanya demi imej. Maklum seleb...

Makanan atau minuman juga disesuaikan perjalanan. Kalo cuma sejam dua jam biasanya cuma dibekalin permen sama air mineral. Kalo diperkirakan lama, makanan agak berat dibawakan juga. Aku memang tidak boleh jajan di jalan, apalagi jajan di sarkem. Kalo di warteg sih boleh walau tidak dianjurkan.

Balik ke soal aturan...
Bila perjalananku tidak jelas seperti yang sekarang, istrilah yang akan menentukan lamanya pelesiran. Memang tak pernah ada kata terucap aku harus berapa lama. Tapi aku suka itung dari jumlah kancut yang disiapkan. Kalo cuma 2 biji, berarti jatahnya cuma sehari. 4 biji artinya 2 hari dan seterusnya. Makanya istri suka takut kalo aku kembali ke sifat jadulku. Dulu kancut sebiji bisa berhari-hari soalnya. Pake acara side A, side B dan kalo kepaksa bisa ada side C juga.

Dengan metode matematikancut itu, artinya aku harus pulang hari ini. Kemarin sore aku sempat cek di website, tiket pagi ini ke Jogja cuma 180 ribu. Sayang malah ngobrol sampe lupa booking. Malemnye pas mau booking, angkanya sudah berubah jadi 450 ribu. Biadab...

Rajasinga harganya diatas 350an. Untung nemu batavia cuma 280 ribu, tapi jam 2 siang yang artinya aku harus melanggar setengah ketentuan kancut dan harus bengong lebih lama di bandara.

Baru mau berangkat, datang telpon dari kantor kemaren yang di AM Sangaji nyuruh kesana lagi. Biar cepet aku pake ojek dari Kebon Sirih. Eh tukang ojeknya kepedean, ga apal jalan ga mau nanya. Jadinya malah muter-muter ga karuan pake katangkep polisi segala melanggar perboden.

Empot-empotan juga mikir terbang jam 2, jam 11 baru nyampe di kantor Rimau untuk ngelanjutin nego kemarin. Udah tau aku lagi hobi ngeyel, eh orang HRDnya ga juga mau ngalah. Biar cepet aku mengalah dengan catatan. Baru merasa lega bisa deal, eh si bapak bilang, "sekarang langsung training beberapa hari dan senen berangkat ke Kalimantan..."

Weh, enak aja...
Gantian aku yang ngotot ga mau ngalah. Pokoknya mau tidak mau sekarang aku pulang ke Jogja dan senen besok baru ke Jakarta lagi. Orang bagian ITnya rada ngotot juga, katanya kelamaan padahal kebutuhan disana mendesak. Untung ditengahi orang HRD yang lebih pengertian dan mengijinkan aku pulang dulu setelah aku kasih alesan, aku harus ganti oli dulu biar aman nyaman terkendali. Dan itu teramat penting melebihi segalanya.

Yah, pokoknya aku pulang hari ini untuk general overhaul dulu sebelum berangkat. Harus full service deh...

NB
Makin kepikiran tambah tak jelasnya aku. Niat mau ke Batam, nyampe Jakarta bisa belok ke Kalimantan Tengah. Jangan-jangan besok malah nyampenya ke Hongkong..???

Siaran langsung dari terminal 1C gate C4 Bandara Soetta.

Mobile Post via XPeria

3 comments:

  1. kenapa gak pake Garuda Om?

    #dikeplak

    ya serunya travelling kan pake acara nyasar-sukasar gitu, jadi ada ceritanya. eh nama kamu rawins ato eko nugroho sih?

    BalasHapus
  2. bakalan makin rajin travelling aja deh kayaknya... hehehe
    ditunggu laporan selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Begitulah wanita yg selalu perhitungan kalau bepergian. Tak hanya menghitung anggaran, tapi juga banyaknya pakaian.. :)

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena