08 Januari 2011

Tiket Online Mandala

Salah satu alasan kenapa aku suka pakai penerbangan mandala, selain karena kecewa dengan si raja singa adalah kemudahannya untuk urusan pesan tiket. Aku cukup buka website lalu bayar lewat sms banking mandiri. Kode konfirmasinya juga akan dikirim melalui sms untuk ditunjukin pada waktu check in. Maskapai lain rata-rata minta pakai kartu kredit. Kartu debit kebanyakan bisa juga sih, cuman harus melalui atm. Ribet harus keluar rumah juga.

Tapi pas pesan tiket kemarin, hampir saja kecele karena ada perubahan di website yang tidak aku sadari. Begitu pilih waktu dan tujuan penerbangan, terlihat disitu ada tarif promo rp 1213.545 dengan harga setelah pajak 239.900. Biasanya setelah itu cukup klik next next next dan harga tidak berubah. Kecuali kalo kita mau nambahin bayar asuransi atau nyumbang carbon free. Pas mau balas sms sebagai konfirmasi pembayaran baru aku tahu kalo harganya sudah berubah menjadi rp 418.400


Takut salah, aku ulangi lagi pemesanan. Ternyata ada perubahan sistem yang biasanya biaya tambahan itu defaultnya "no", dalam artian baru akan ditambahkan biayanya bila kita menghendaki. Sekarang defaultnya "yes", yang berarti bila kita tidak merubah apapun, berarti kita menyetujui membayar semua tambahan itu.


Kelihatan di kolom biru sebelah kiri, ada tambahan check in baggage 60 ribu. Sebelumnya ini tidak ada. Kalaupun bagasi kita lebih dari 20 kg, tambahan pembayaran akan dilakukan saat check in. Kalo disini kita tidak teliti, saat tidak membawa bagasipun kita akan tetap bayar 60 ribu perak.

Ada lagi tambahan 2nd bag 30 ribu. Second bag ini maksudnya tas kedua yang dibawa masuk ke kabin. Selama ini tidak begitu dipersoalkan kita bawa 2 tas ke kabin seperti aku biasanya satu ransel kecil dan satu tas letop. Asal ukurannya masih masuk ke bagasi kabin masih dihalalkan. Kalo kita hanya bawa 1 tas ke kabin, masa harus bayar 30 ribu..?

Kemudian Qjump 50 ribu perak. Qjump ini maksudnya agar kita dapat prioritas dan tak perlu ikut dalam antrian panjang saat check in dan boarding. Lalu kalo lebih banyak orang yang ikut qjump daripada yang engga, apa tidak perlu ngantri lagi..? Trus bila ternyata tidak begitu panjang antriannya atau malah lengang, apa ga mubazir bayar 50 ribu.

Kalo fly carbon ini sumbangan proyek pengurangan efek karbon dari emisi gas buang pesawat. Itung-itung sebagai tanggung jawab kita mengurangi efek global warming atas pemilihan sarana perjalanan kita. Kalo plusguard itu asuransi perjalanan. Terserah kalo ini mah. Kalo yakin pesawatnya mau jatuh di perjalanan ya sebaiknya bayar. Lumayan buat warisan anak istri.Kalo yakin slamet ya usah maksain bayar. Lumayan 20 rebu juga.


Tadinya sempet bete melihat semuanya harus dibayar. Sampai lihat ada tulisan klik disini untuk melihat opsi tambahan diatas tombol lanjutkan. Wah langsung deh semuaya diklik tidak terima kasih. Termasuk bagasi juga dihilangkan. Siapa tahu petugas check in nya teledor dan ga mau usilin bagasi kita. Indonesia raya kan pelupa orang-orangnya. Kalopun inget, gampang diajak damai. Heheh...


Udah beres mengembalikan harga tiket ke harga terjangkau, muncul masalah baru. Biasanya setelah konfirmasi pembayaran via sms akan muncul kode konfirmasi yang akan kita gunakan saat check in. Lha kok bisa-bisanya yang muncul malah nama Dimas untuk penerbangan Balikpapan Jogja tanggal 17 Maret. Walau akhirnya bisa ketemu kode konfirmasi pesananku, tapi payah juga neh website mandala yang baru ini. Masa kode konfirmasi bisa ketauan orang lain. Untung cuma pesanannya Dimas, coba kalo yang muncul namanya Sony Laksono..?

Kalo kurang jelas klik gambarnya ya..


11 comments:

  1. heheheee...pengen naik mandala euy...sayang jatah yg selalu dikasih kalo pas aku cuti ya kepala singa itu... :(

    BalasHapus
  2. tetep jatohnya mahal.. kejadian gitu sama saya alami pas buking tiket airasia, emang katanya promo tapi setelah liat taxnya.. jadi total jenderal tetep mahal. hehehe

    BalasHapus
  3. Hem.. aku malah belum pernah pake Mandala Sob... Soal'y yg pas ada jam penerbangan saat aku butuhkan kebanyakan Lion Air haha... tapi kayanya asik tuh :P

    BalasHapus
  4. Aku juga belum pernah pakai Mandala...

    BalasHapus
  5. Kok selama ini aku gak pernah tahu tentang detil biaya itu ya?

    BalasHapus
  6. Aq malah ora tau numpak mandala kang,ndisit tau numpak adam air pas arep maring BATAM,nek air asia (kuala lumpur-bandung) ya wis ping 3.

    Nek soal pesen tiket secara online aq malah urung tau..Soale agen air asia nang kene(malaysia),gur ngarep umah sewa ku,dadi kepenak Gari mlumpat pager tok.

    BalasHapus
  7. not
    gak neh sebel banget sama si raja singa itu. jagoan delay trus dah 3 kali pengalaman ga enak dengan bagasi..

    BalasHapus
  8. gaphe
    emang kudu sampe tuntas kalo mau pesen tiket. kadang yang murah cuma cost fare nya doang. hihihi...

    BalasHapus
  9. fer
    emang sih mandala ga sebanyak lion. orang banyak pake lion mungkin masih mikirnya lion yg termurah. padahal sekarang dah mahal loh. termasuk air asia juga dah mulai merangkak naik tarifnya..

    BalasHapus
  10. ibu reni
    kadang emang ga jelas bu. suka dibuletin kadang dirinci. tapi gada salahnya ditanyakan rinciannya, siapa tahu ada yang taks eharusnya ikut dibayar...

    BalasHapus
  11. sur...
    ya iyalah wong cedek agen. ngapa liwat bandung, mbok cedek liwat jogja...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena