12 April 2010

Habis Mudik

Hari Kamis kemarin aku meluncur meninggalkan Jokja untuk pulang kampung ke Cilacap. Perjalanan yang normalnya sekitar 3 - 4 jam, seperti biasa molor panjang sampai 12 jam untuk wisata kuliner atau mampir-mampir ke tempat temen.

Sampai Gombong, aku belokan stir ke arah Waduk Sempor. Ada mbakyu Heni  yang kebetulan mudik dari Jerman. Alasannya sih untuk kangen-kangenan dan silaturahmi, walau sebenarnya ngarep oleh-olehnya. 

Dan harapan itu tidak sia-sia. Pas pamitan melanjutkan perjalanan, Yu Heni ikut mengantar ke mobil sambil membawa dus besar. Wah, coklat neh, pikirku. 

Begitu sampai rumah langsung dibuka dan beneran isinya penuh. Di kemasannya tertulis, "Lanting Telasari, Makanan khas Gombong..."
Trims, Yu...

Sampai perempatan Buntu, istriku kumat ngidamnya. "Pengen soto Sokaraja..."

Jadilah aku belok ke arah Banyumas. Mencari informasi tentang soto yang enak, aku nelpon Lik Marno yang katanya juga pulang kampung selamanya ke Somagede. Sayang tidak nyambung. Dan aku baru inget kalo nomernya flexi Jakarta yang mungkin sudah diganti begitu pindah ke Banyumas.

Sasaran selanjutnya adalah Kang Klawer. Siapa tahu bisa kasih informasi soto yang enak sekalian nraktir. Tapi dua nomor yang ada aku hubungi, tidak ada yang nyambung juga. Setelah gagal mencoba beberapa kali baru aku inget, kalo hapenya Kang Klawer tidak akan bisa dihubungi kalo niatnya mau nodong. Harus berhati bersih dan niat sedekah baru bisa nyambung.

Lanjut sampai Ajibarang. Aku ingat Kisut yang baik hati dan suka nraktir. Langsung aku telpon dan nanya ada akomodasi gratisan apa engga. Dugaanku tidak meleset. Panggilanku diangkat dan dapat penawaran menarik. "Sini mampir, kita makan-makan gratis. Mumpung aku lagi bantu-bantu di tempat hajatan..."

Ga enak numpang makan tanpa kondangan, aku putuskan bablas saja ke tujuan. Lagi pula sudah terlalu lelah dalam perjalanan bila harus belok 25 km naik turun gunung ke arah Gumelar.

Mampir Mas Semar di Sidareja, aku sudah membayangkan menu tetapnya, mie ayam dan gembus. Begitu duduk, sambutan ramahnya langsung keluar. "Naaaah, kebetulan nongol. Komputerku kena virus, error semua...."

Hayah...
Langsung cabut pulang ke rumah.

Beberapa hari di kampung, minggu kemarin aku balik ke Jogja tanpa istriku yang akan bertahan di kampung sampai melahirkan. Sedih juga neh, tidak bisa tendang-tendangan lagi sama si jabang bayi tiap malam. Tapi apa mau dikata. Ini semua juga demi kebaikan anakku juga. Kurelakan menjomblo urus rumah sendiri sementara waktu.

Jangan sedih ya, sayang...
Jangan lupa SMS aku tiap malam, kalo aku lupa ga nelpon...

1 comments:

  1. wah enak ya mudik trus ada tempat2 yg diampiri...

    wedew LDR yah... pulsa bengkak nie he he...

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena