25 September 2010

PDAM Payah

Perusahaan ledeng kalo ga salah namanya PDAM alias Perusahaan Daerah Air Minum. Biarpun namanya perusahaan air minum, tapi aku ga yakin masih ada orang yang mau minum air ledeng. Jangankan untuk minum, mandi saja sebenarnya enggan melihat kualitas airnya.

Lihat saja di gambar. Untuk membuat saringan menghitam tak perlu menunggu waktu beberapa hari. Isi bak belum sampai setengah sudah bikin saringan coklat tua. Sudah pakai saringan pun, bak harus dikuras setiap hari. Kalau tidak, di dasar bak akan penuh endapan tanah. Kalau tidak pakai saringan, bukan cuma tanah, cacing pun ikut ikut bernyanyi melihat kita mandi.

Kualitas air tanah Jogja mungkin memang kurang baik. Ketika masih tinggal di Semaki aku kan tidak langganan ledeng. Air sumur memang jernih, tapi banyak banget cacing kecil-kecil. Berbagai macam obat seperti tawas, kaporit dan sejenisnya sudah aku ceburin tapi hasilnya nihil. Pernah juga aku masukin ikan beberapa biji ke sumur tetap tak mampu mengatasi. Tau kalo aku masukin ikannya satu kuintal plus racun tikus kayaknya baru mampus tuh cacing sumur.

Siapa yang ga sebel, mandi dengan air yang bau kaporitnya menyengat banget, kok cacingnya masih hidup ikutan ngupil. Masa setiap mau mandi musti pulang kampung dulu biar nemu air bersih yang seger dan bebas obat..?

Pernah aku nanya ke tukang ledeng yang lewat tentang kualitas airnya. Jawabannya tetap klise khas Indonesia Raya yang tak pernah berpihak ke konsumen. Apalagi ketika aku bilang, di luar negeri kok bisa air ledeng langsung diminum. Bukannya kasih pencerahan malah langsung berubah profesi jadi sales water purifier. Menyebalkan..

Dah ah, malah jadi ngomel-ngomel di kamar mandi...
Ehiya sebelumnya maap, kalo posting kali ini disambi ngebom. Abisnya kebiasaan kalo perut mules pasti nyamber hape untuk pesbukan. Selain di kamar mandi jarang aku buka pesbuk. Makanya kalo rajin komeng status, temen-temen bakal ngomong, "kamu sakit perut terus ya..?"

Siaran langsung dari kamar mandi...

Mobile Post via XPeria

4 comments:

  1. ha ha ha ha ternyata sama ya mas, ak jg klo dikamar mandi suka buka fesbuk :))

    mmmm masa sih bukannya PDAM katanya jernih ya airnya hehe aku make air alami sih Alhamdulillah daerahku masih jernih

    dulu PDAM mau masuk komplekku tp karna mahal dan kami merasa air kami bagus jadi ditolak deh PDAMnya

    BalasHapus
  2. alangkah lucunya negri ini, he..he..he..
    numpang silaturrahim mas...

    BalasHapus
  3. Doh, aku malah takut bawa HP ke kamar mandi. Takut HP kecipratan air, terus korslet..

    BalasHapus
  4. astajah...ngebom??
    ada terroris dikamar mandiii

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena