07 September 2010

Persiapan Mudik

Orang lain sudah pada santai-santai di kampung, aku malah baru mulai kepikiran. Tukar pendapat sebentar dengan istri, akhirnya diputuskan Citra dan ibunya pulang menggunakan travel, sedangkan aku pakai sepeda motor.

Mumpung masih ada waktu dua hari, aku periksa dan selesaikan segala urusan. Aku ga mau seperti beberapa tahun lalu. Terlalu meributkan urusan pulang kampung, hal-hal sepele menyangkut rumah selama ditinggal ga kepikir. Habis lebaran bukannya damai bersih dari dosa, malah ribut dengan banyak urusan.

Listrik dan air, walau tanggal 20 masih lama, tapi mending diselesaikan dulu. Takutnya balik ke Jogjanya molor mengingat sekarang jadi pengangguran yang ga terikat ketentuan libur lebaran. Lagipula kalo di kampung suka royal. Takutnya pulang ke Jogja sudah kehabisan duit. Masa buat bayar listrik harus jual kolor di loakan.

Kunci-kunci rumah juga check ulang, terutama pintu pagar yang pake gembok. Paling engga diminyakin karena masih suka hujan. Takutnya karena jarang dibuka tar begitu pulang dari mudik malah gabisa masuk karena gembok macet.

Instalasi listrik sudah aku periksa sepintas. Yang ga perlu seperti komputer atau dispenser dicabut. Yang tetap nancep paling colokan kulkas. Lampu cukup nyalain satu atau dua biji dalam rumah. Kalo gelap total takutnya ada tikus yang kerasan. Bahan makanan yang ga awet, sebaiknya dibawa mudik atau dibagikan ke tetangga yang ga mudik. Gas juga dicabut dari regulator dan ledeng langsung dimatikan dari kran meteran air.

Buat yang langganan koran sebaiknya distop sementara biar ga dianterin tiap pagi. Siapa tahu kalo liat koran numpuk di depan pintu ada yang trus mikir penghuninya belum balik. Kebetulan juga ada saudara yang ga mudik, jadi kunci rumah bisa dititipin. Ke tetangga sebelah juga bilang kalo kunci dititipin ke saudara. Takutnya ada sesuatu, saudara dan tetangga bisa bantu ngecek.

Rumah dah siap ditinggal, travel juga sudah dipesen. Tingal nyervis motor neh. Kilometernya dah lewat dikit dari masa service. Selama ini belum pernah rewel sih, apalagi motornya memang spesialis jalan jauh. Tapi kalo anyar diservis kan lebih mantap.

Tapi sayang, banyak orang yang kayaknya berpikir sama hari ini. Jadinya di bengkel ngantriiiiii panjang banget. Jempol dah sampe pegel komen sana sini lalu ngetik postingan ini, kok ya belum dibawa masuk ruang service juga tuh motor. Mana CSnya sadis-sadis tampangnya. Kalo cakep dan murah senyum kan rada adem neh nunggunya. Sabar...

Siaran langsung dari bengkel Yamaha Gedongkuning

Mobile Post via XPeria X-2

4 comments:

  1. memang kadang persiapan mudik yang memang ribet akhirnya membuat lupa tentang keadaan rumah yang akan ditinggal... kadang berantakan terus pas pulang dari mudik niatnya istirahat jadi harus bersih2 rumah he he...

    BalasHapus
  2. bener tuh bro, rumah kosong emang jadi sasaran empuk penyamun selama libur lebaran, tampaknya kita kudu mesti waspada.

    BalasHapus
  3. Wuih...boleh juga ni mas tipsnya.
    Tapi saya gak mudik, lha emang gak lebaran sih, hihihi...
    Oh..ya, motornya sampai sekarang udah di servis belum? Hihihihi...

    BalasHapus
  4. dari tampangnya kayaknya si vixion yah Om, si ramping nan Lincah.

    sebagai tambahan Om, tidak Lupa menitipkan ke tetangga terdekat dan jangan Lupa Lapor sama Pak Retenya. kaLo Pak Retenya ikutan mudik juga, yah Lapor ke pihak kemanan setempat.

    seLamat mudik Om, hati2 di jaLan gak usah banter2. aLon2 asaL keLakon, gremet2 asaL seLamet. semoga perjaLananya mudiknya menyenangkan.

    BalasHapus

Sebelum membaca jurnal ini mohon untuk membaca Disclaimer dari Blog Rawins. Memberikan komentar dianggap telah menyetujui Disclaimer tersebut. Terima kasih

© 2011 Rawin, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena